Yuk Simak Pertanyaan tentang Marketing Sebelum Memulai Usaha Di Sini

Pertanyaan tentang Marketing

Saat ini banyak sekali orang yang melirik dunia bisnis, mulai dari kulier, fashion, kecantikan, atau produk lainnya. Rentang usia pebisnis pun beragam, mulai dari yang tua hingga muda dan berbagai gender tentunya. Untuk mencapai bisnis yang besar dimulai dari nol dan diperlukan strategi pemasaran atau marketing untuk melebarkan sayapnya. Sebelum memulai bisnis diperlukan daftar strategi marketing, berikut pertanyaan tentang marketing yang perlu diketahui.

Apa Saja Strategi Pemasaran Yang Wajib Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis?

1. Menentukan Target Pelanggan

Sebelum memulai bisnis, diperlukan fokus produk yang akan dipasarkan. Produk yang ingin dipasarkan tentunya harus menjawab keinginan atau kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, pentingnya bagi pebisnis untuk menetukan target pelanggan. Target pelanggan yang diinginkan dapat terdiri dari berbagai jenis atau golongan dengan berbagai kriteria seperti usia, pekerjaan, daya beli, gaya hidup, atau hobi. Setelah itu, calon pebisnsi dapat menentukan pelanggan ideal yang diinginkan.

Pertanyaan tentang Marketing ini

2. Cara untuk Mencapai Pelanggan

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran adalah cara untuk mencapai pelanggan dan memberikan informasi kepada sasaran yang tepat. Untuk menentukan cara yang tepat untuk mencapai pelanggan, dapat menggunakan pertanyaan seperti platform media sosial yang sering digunakan oleh pelanggan, konten yang sering dibagikaan saat ini, dan tempat yang sering digunakan untuk hangout. Melalui pertanyaan ini, calon pebisnis dapat menentukan langkah marketing yang akan dilakukan.

3. Menjawab Kenginan atau Aspirasi Pelanggan

Barang, jasa, atau produk yang akan terjual dengan mudah adalah suatu yang menjadi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Oleh karena itu, pentingnya bagi pebisnis menampung dan mengetahui aspirasi dari pelanggan idealnya. Dua cara berikut dapat digunakan untuk menampung aspirasi pelanggan ideal, seperti membuat kelompok fokus yang membahas tentang produk dan layanan yang akan diterapkan. Selain itu, dapat membuat pertanyaan melalui platform media sosial.

4. Mengetahui Kompetitor Utama

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perlu mengetahui siapa yang menjadi kompetitor utama dengan pangsa pasar yang serupa. Setelah mengetahui kompetitor utama, dapat digunakan sebagai evaluasi strategi marketing. Cara yang digunakan antara lain mencatat beberapa kompetitor dengan pangsa pasar yang sama, catat produk dan layanan yang diterapkan, cari tahu strategi pemasaran yang digunakan, dan terakhir lakukan analisis SWOT tentang bisnis terkait.

5. Tentukan Titik Diferensiasi dari Bisnis yang Dimiliki

Untuk bersaing di dunia bisnis, calon pebisnis perlu menentukan letak perbedaan bisnis yang dimiliki dengan bisnis yang dimiliki kompetitor lain. Jika hal ini tidak dilakukan atau bisnis yang dimiliki tidak memiliki titik diferensiasi, maka produk yang ditawarkan akan tenggelam dibandingkan dengan kompetitor lain yang menyediakan produk dengan layanan yang serupa. Labeli produk yang dipasarkan dengan tagline yang unik dan melekat dengan bisnis yang dimiliki.

Pertanyaan tentang Marketing

6. Labeli Bisnis dengan Satu Kalimat

Banyak bisnis yang beredar di masyarakat dengan produk dan layanan yang beragam tentunya dengan persaingan yang ketat. Bagi calon pebisnis, perlu memikirkan agar bisnis yang akan dijalankan mudah diingat oleh pelanggan dengan cara antara lain membuat logo yang unik, tagline untuk brand secara keseluruhan agar menempel diingatan semua orang, brand voice untuk menjadi suara brand, dan brand colour yang paling mudah untuk membuat pelanggan mengidentifikasi sebuah brand.

Saat ini banyak seseorang yang ingin menjalankan sebuah bisnis, baik yang telah memiliki pekerjaan tetap maupun yang masih menganggur. Bisnis memang menjanjikan untuk menunjang hidup seseorang jika disertai dengan strategi pemasaran yang tepat. Bisnis tidak lepas dari jatuh bangun, tetapi memahami pangsa pasar dan keinginan pelanggan ideal tentu akan membuat bisnis yang dijalankan kembali stabil. Sudah siapkah untuk memulai bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *