Yuk Simak Pengaruh Rokok Terhadap Jantung

Yuk Simak Pengaruh Rokok Terhadap Jantung

Setiap orang pasti telah mengetahui jika rokok memiliki bahaya dan dampak negatif untuk tubuh. Tak hanya perokok aktif saja, bahaya tersebut juga dapat menyerang orang-orang yang berada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan kandungan rokok yang memiliki zat beracun bagi tubuh, termasuk jantung. Pengaruh rokok terhadap jantung ini memiliki dampak yang negatif yang tentunya harus anda hindari. Kali ini akan diulas beberapa dampak dari rokok, terutama untuk jantung.

Hal Berbahaya Yang Ditimbulkan Oleh Rokok Terhadap Jantung

Bagi anda yang telah terbiasa mengonsumsi rokok, maka tentunya anda akan memiliki pengaruh yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bahaya rokok yang pertama adalah dapat meningkatkan kolesterol jahat dan tekanan pada darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan rokok mampu meningkatkan resiko gangguan kesehatan, terutama jantung. Untuk itu, mulai sekarang anda harus bisa menghentikan kebiasaan anda untuk menggunakan rokok, baik rokok konvensional ataupun vape.

Yuk Simak Pengaruh Rokok Terhadap Jantung anda

Selain itu pengaruh rokok terhadap jantung juga dapat menimbulkan gangguan jantung koroner. Dimana seseorang yang menjadi perokok aktif menghisap rokok tersebut. Sehingga nantinya akan terjadi penebalan pada dinding arteri sehingga menjadi awalmula munculnya penyakit jantung koroner. Nantinya ukuran arteri akan menyempit dan berdampak pada kurangnya aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung. Sehingga anda akan merasakan nyeri dan sesak nafas.

Begaimana Rokok Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Jantung ?

Rokok memang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan lapisan arteri pada jantung menjadi rusak dan dinding arteri menebal sehiga terjadi penumpukan lemak dan plak yang akan menghambat aliran darah menuju arteri. Sehingga penumpukan lemak yang terjadi di dalam arteri yang disebut dengan atherosclerosis.
Jika arteri yang memasok darah ke jantung ini mengalami penyempitan maka pasokan darah yang membawa oksigen menuju jantung juga akan mengalami penurunan. Dimana kondisi ini dapat disebut dengan jantung koroner. Pengaruh rokok terhadap jantung tersebut sangat memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jantung anda. Penyempitan arteri sangat berbahaya bagi anda untuk menjalani aktivitas fisik.

Dapatkan Perokok Pasif Terkena Penyakit Jantung ?

Tidak hanya bagi perokok aktif, asap rokok pun dapat menimbulkan masalah jantung bagi perokok pasif. Hal ini tergantung pada seberapa anda banyak terpapar asap rokok. Hal ini dikarenakan adanya korelasi yang nyata antara asap rokok yakni asap yang anda hirup saat berdekatan dengan orang yang merokok dengan penyakit kardiovaskular. Bagi anda yang sering terpapar asapa rokok, maka tak menutup kemungkinan anda akan mengalami resiko terkena penyakit jantung.

Yuk Simak Pengaruh Rokok Terhadap Jantung

Hal ini dikarenakan sebanyak 30 persen perokok pasif akan meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh asap rokok yang dihirup. Oleh sebab itu, dengan merokok anda pun tidak hanya membahayakan kesehatan anda sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar anda. Untuk itu anda pun tentunya harus memikirkan orang yang tinggal bersama anda karena dapat mengakibatkan resiko terken penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Karena pengaruh rokok terhadap jantung memiliki dampak yang berbahaya, tentunya anda juga akan dapat mengambil langkah-langkah yang dapat mengendalikan atau mencegah penyakit jantung dengan berhenti merokok sejak dini. Untuk itu, anda bisa mengurangi jumlah rokok yang anda konsumsi setiap harinya. Anda tentunya lebih baik untuk berhenti lebih cepat agar membuat hidup anda lebih lama.

Jika nantinya anda terkena rokok secara rutin, maka bagi anda perokok pasif dapat mencegahnya dengan menghindari lingkungan yang terdapat banyak orang merokok. Dengan berhenti merokok maka nantinya akan mengurangi resiko anda hingga setengah kali lipat untuk terkena resiko serangan jantung dn kematian akibat penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *