Yuk Simak Panduan Mudah Cara Menutup Polis Asuransi Yang Tepat

cara menutup polis asuransi

Polis merupakan salah satu dokumen yang tentunya akan dimiliki oleh setiap nasabah asuransi. Dokumen ini menjadi sangat penting untuk bukti keikutsertaan seseorang atas asuransi pada suatu perusahaan. Bisa dikatakan polis adalah kontrak perusahaan asuransi dengan pemilik polis. Seorang nasabah pada umumnya berhak untuk menutup polis sewaktu waktu. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan cara menutup polis asuransi berikut.

Langkah Mudah Menutup Polis Asuransi

1 Menutup Polis Melalui Agen Asuransi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menutup polis asuransi adalah melalui agen. Biasanya para agen tersebut memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih terhadap perusahaan asuransi yang anda pilih. Anda bisa melakukan konsultasi pada agen tersebut dan ikuti arahan menutup polis asuransi yang benar. Dengan begitu anda tidak akan mendapatkan masalah di kemudian hari jika menggunakan prosedur menutup polis yang benar.

cara menutup polis asuransi

2. Menutup Polis Asuransi Melalui Costumer Service

Cara mudah lainnya untuk menutup polis asuransi adalah melalui customer service. Anda bisa menghubungi langsung customer service perusahaan asuransi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jika sudah menghubungi customer service maka langkah selanjutnya adalah memverifikasi data. Customer service akan memastikan keanggotaan asuransi anda. Untuk itu, anda perlu menyiapkan beberapa data data yang nantinya akan verifikasi melalui telepon.

Data data yang mungkin anda butuhkan seperti nomor polis, nama lengkap, tanggal lahir, alamat terdaftar dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar. Proses verifikasi ini dilakukan hanya sekali saja. Setelah data data dari nasabah diverifikasi maka akan mendapat nomor TIN dari pihak customer service. Jika sudah mendapatkan nomor TIN maka langkah selanjutnya adalah memilih metode pengiriman.

3. Melalui Kantor Cabang

Biasanya perusahaan asuransi akan memiliki banyak kantor cabang di berbagai daerah. Anda bisa memanfaatkan ini untuk berkonsultasi lebih banyak lagi jika ingin menutup polis asuransi. Di kantor cabang sendiri, nasabah bisa melakukan cek saldo asuransinya selama ini. Cara menutup polis asuransi dengan cara ini cukup banyak dilakukan oleh nasabah asuransi yang ingin menutup polisnya.

4. Menutup Asuransi Melalui Kantor Pusat

Sama halnya dengan menutup lewat kantor cabang, anda juga cukup datang ke kantor pusat untuk menutup polis asuransi anda. Utarakan maksud dan tujuan anda saat datang ke kantor tersebut. Biasanya pihak asuransi akan menanyakan alasan anda menutup polis asuransi yang anda miliki. Mereka juga akan meminta anda untuk mempertimbangkan hal hal lainnya sebelum menutup polis asuransi.

cara menutup polis asuransi anda

Namun jika memang anda sudah yakin, maka utarakan alasan anda sebaik baiknya. Kemudian serahkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan dan tunggu semua proses dijalankan. Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menunggu proses penutupan polis. Jika masih terdapat saldo, maka uang akan dikembalikan dengan cara ditransfer ke nomor rekening yang anda miliki.

5. Menutup Polis dengan Tidak Membayar

Langkah terakhir untuk menutup polis adalah dengan tidak membayar asuransi yang sudah anda batalkan. Melalui cara ini, anda bisa menutup polis sementara dan tidak perlu membayar tagihan. Jika kondisi finansial anda cukup stabil, maka anda bisa melanjutkan untuk membayarnya lagi. Apabila anda menggunakan cara ini maka anda tidak perlu datang ke kantor pusat atau cabang.

Ada banyak sekali alasan mengapa seorang nasabah menutup polsi asuransi. Anda bisa menutup polis asuransi dengan berbagai cara mudah. Jika anda ingin mengambil sisa saldo asuransi anda, maka anda bisa datang ke kantor cabang atau pusat. Namun jika anda tidak berniat menutup polis namun tidak membayar tagihan asuransi, maka secara otomatis polis asuransi anda akan diputuskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *