Yuk Simak 6 Gerakan Donasi Untuk Melawan Wabah Covid 19

Donasi Melawan Wabah

Wabah covid 19 yang sangat meresahkan masyarakat Indonesia ini memiliki dampak yang cukup tinggi di berbagai lini kehidupan. Oleh sebab itu, banyak lini yang masih kekurangan dan diharapkan mendapat bantuan dari pihak eksternal. Dampak yang ditimbulkan adalah banyak pihak yang menggalang dana untuk membantu daerah terdampak. Donasi tersebut bisa diikuti oleh setiap orang dan tidak ada batas minimum dana yang diberikan. Yuk cek di sini!

Penggalangan Dana yang Diselenggarakan oleh Beberapa Pihak

1. RSPI Sulianti Saroso

Rumah sakit yang dijadikan sebagai rujukan perawatan pasien terdampak virus covid 19 cukup banyak dan tersebar cukup rata. RSPI jadi salah satunya, sehingga berinisiatif untuk menggalang dana secara terbuka. Dana yang telah terkumpul akan dipakai untuk memenuhi ketersediaan alat pelindung diri yang dipakai oleh tenaga kesehatan. Anda bisa ikut serta untuk menyalurkan dana yang dimiliki guna mendukung garda terdepan untuk melawan virus.

Donasi Untuk Melawan Wabah

2. Konsultan CSR Filantra

Penggalangan dana lainnya diadakan secara pribadi oleh Konsultan CSR Filantra karena fenomena miris yang terjadi di Cirebon. Hal ini disinyalir karena kurangnya alat pelindung diri di salah satu rumah sakit rujukan covid. Donasi ini ditujukan untuk beberapa rumah sakit yang masih kekurangan APD, yaitu sekitar 20 rumah sakit yang ada di Cirebon. Target dana yang ingin dikumpulkan, sekitar 2 miliar rupiah agar tidak ada lagi nakes yang memakai jas hujan plastik.

3. Gerakan #IndonesiaJayaLagi

Gerakan satu ini dilakukan secara pribadi oleh musisi sekaligus aktivitas, Melanie Soebono. Penggalangan dana dilakukan melalui akun media sosialnya, Instagram untuk mengajak masyarakat Indonesia menyisihkan rezekinya. Penggalangan ini menerima bantuan berupa masker, hand sanitizer, madu, vitamin, dan sabun yang akan didistribusikan pada pedagang kaki lima. Masyarakat yang masih harus bekerja di luar rumah ini harus dapat perlindungan ekstra.

4. Gerakan #SalingJaga

Salah satu cara untuk menggalang dana ini dilakukan oleh komunitas lokal, yaitu Gusdurian dan Gerakan Islam Cinta. Keduanya memulai Gerakan ini sebagai salah satu langkah dari donasi untuk mengumpulkan biaya atau bantuan. Target yang ingin dituju, yaitu para pekerja harian yang terdampak secara langsung, buruk dan pekerja informal. Penggalangan dana ini menghasilkan kebutuhan pokok, masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan APD.

5. Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Indonesia memiliki beberapa komunitas yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, salah satunya ACT. Komunitas ini telah berdiri selama beberapa tahun dan memiliki program untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Wabah covid 19 ini jadi salah satu alasan fenomena yang menyebabkan rakyat kurang sejahtera. Oleh sebab itu, mereka menggalang dana secara online untuk diberikan kepada masyarakat prasejahtera yang kekurangan dari beberapa aspek.

Donasi Melawan Wabah gelora cerdas

6. Rumah Zakat

Tidak hanya memberikan bantuan berupa alat perlindungan diri, penggalangan dana juga bisa dilakukan dengan membersihkan sarana publik. Beberapa tempat yang sering didatangi oleh banyak orang, yaitu tempat ibadah, halte, terminal, dan lain lain. Donasi satu ini diprakarsai oleh Rumah Zakat yang ingin mensterilisasi Masjid dan Gereja di 10 kota besar. Hal ini sangat diperlukan agar ruang public tetap aman dipakai tanpa ada resiko penularan virus.

Sekitar hampir enam bulan, masyarakat dunia diserang oleh wabah yang cukup meresahkan yaitu covid 19. Virus ini menular dengan sangat cepat dan belum ada vaksin yang ditemukan untuk menanggulanginya. Dampak yang dirasakan cukup signifikan di berbagai lini kehidupan, yaitu kurangnya bahan pokok dan APD. Oleh sebab itu, beberapa pihak eksternal melakukan penggalangan dana untuk membantu ketersedian bahan bahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *