Yuk Simak 5 Tips Hemat Listrik agar Tagihan Tidak Membengkak

tips hemat listrik COVER ARTIKEL

Kebutuhan manusia terhadap listrik tidak akan pernah habis. Terkadang penggunaan listrik bisa membengkak sewaktu waktu tanpa disadari. Listrik selalu digunakan di siang maupun malam hari pada berbagai barang elektronik, hingga kemudian tiba tiba tagihan listrik membengkak setelah diakumulasi di akhir bulan. Untuk menekan pembengkakan tagihan listrik maka harus disiasati dengan pola hidup hemat. Berikut beberapa tips hemat listrik yang dapat diterapkan di kehidupan sehari hari.

Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

1. Menggunakan Listrik dengan Sistem Pulsa

Listrik dengan sistem pulsa akan membantu dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Pasalnya listrik pulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga dapat digunakan untuk mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan, dan membantu agar lebih bijak dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik habis, maka aliran listrik secara otomatis akan terputus dan mati. Untuk mengaktifkannya, maka harus membeli pulsa dulu.

tips hemat listrik TIPS UNTUK MENGHEMAT LISTRIK DI RUMAH ANDA

2. Cabut Kabel Elektronik yang Tidak Digunakan

Jangan biarkan peralatan elektronik yang tidak digunakan terpasang pada saklar, baik itu pengisi daya gadget, setrika, TV, ataupun barang elektronik lainnya. Meskipun saklar dalam keadaan mati atau off, namun listrik akan tetap mengalir pada kabel ke peralatan elektronik. Dengan begitu, listrik akan terbuang percuma. Oleh karena itu, sebisa mungkin hentikan kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel yang masih tertancap pada saklar.

3. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Untuk menekan pengeluaran pada tagihan listrik, sebaiknya hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik masih dalam keadaan menyala. Ada baiknya sebelum tidur matikan TV yang masih menyala, lampu, maupun gadget yang sedang dalam proses pengisian daya baterai. Peralatan elektronik yang masih menyala tersebut akan memberikan efek berupa tagihan listrik yang membengkak.

Lampu rumah yang tidak diperlukan saat ditinggal tidur ada baiknya dimatikan. Tips hemat listrik ini selain mengurangi tagihan, juga baik untuk merilekskan tubuh sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik. selain itu, jangan pernah meninggalkan gadget dalam keadaan masih mengisi daya baterai ketika ditinggal tidur. Mungkin Anda tidak akan keberatan dengan tagihan listrik, namun risiko baterai menggelembung hingga bocor yang harus dihadapi.

4. Hemat Pemakaian Lampu

Ada baiknya menyalakan lampu, hanya ketika penerangan benar benar dibutuhkan. Hindari penggunaan lampu di siang hari dan beralihlah dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama. Selain itu, jangan lupa menggunakan lampu hemat energi karena hanya menggunakan kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Ketika penggunaan lampu ini bisa disiasati dengan baik, maka Anda bisa mengurangi ketergantungan listrik dan menekan biaya listrik bulanan.

tips hemat listrik tips hemat listrik biar nggak beli token terus

5. Gunakan AC Seperlunya

Anda perlu tahu bahwa mesin pendingin bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak daripada peralatan lain. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan AC sebaiknya pilih yang hemat energi dengan kemampuan menaikkan suhu atau off secara otomatis. Sehingga ketika ruangan tidak ada orang, AC bisa menaikkan suhu dengan sendirinya. Selain itu, pastikan untuk menyesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada.

Ketika penggunaan listrik di rumah dapat disiati dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa tagihan listrik tidak akan melebihi dari apa yang sudah diperkirakan. Untuk bisa menyiasati hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara cara yang ada dalam ulasan ini. Dengan menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik, maka dana bisa dialokasikan untuk kepentingan lain. Selain itu, dengan menghemat pemakaian listrik Anda juga turut berpartisipasi dalam kampanye hemat penggunaan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *