Yuk Kenali Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering

Yuk Kenali Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering

Bagi anda yang memiliki aktifitas di luar ruangan hingga malam hari, maka anda pastinya akan sering untuk mandi di malam hari. Kebiasaan tersebut tentunya banyak dilakukan oleh anda yang berkegiatan dari pagi hingga malam hari tentunya membuat anda ingin membersihkan tubuh agar dapat tidur dengan nyenyak. Akan tetapi ada beberapa efek mandi malam yang bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda. Simak ulasannya berikut ini.

Dampak Terlalu Sering Mandi Malam Bagi Kesehatan

1. Dapat Menyebabkan Pilek

Terkadang terlalu sering mandi malam dapat menyebabkan tubuh anda menjadi masuk angin dan terasa panas. Hal ini dikarenakan jika malam hari merupakan waktu yang paling tepat untuk beristirahat. Apalagi jika suhu anda masih tinggi dan masih terasa panas, maka hal itu akan membuat anda lebih cepat untuk masuk angin dan nantinya akan lebih mudah untuk terkena flu.

Yuk Kenali Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering asam urat

2. Dapat Menyebabkan Rematik

Efek mandi malam dapat juga menyebabkan penyakit autoimun, yakni rematik. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan peradangan pada sendi. Hal ini tentunya akan membuat orang yang terkena penyakit ini akan menderita sakit-sakit pada persendian. Untuk itu, penyebab rematik itu sendiri tidak terlalu jelas akan tetapi menurut ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang produktif.

3. Dapat Menyebabkan Nyeri Otot

Bagi anda yang memiliki kebiasaan sering melakukan kegiatan mandi malam, maka nantinya anda akan lebih mudah untuk terserang nyeri otot. Hal tersebut disebabkan karena pori—pori kulit yang terbuka di malam hari akan menyebabkan suhu tubuh yang tinggi bercampur dengan air dingin yang anda gunakan untuk mandi. Itulah salah satu hal yang menyebabkan nyeri-nyeri pada otot.

4. Dapat Memicu Paru-Paru Basah

Terlalu sering mandi pada malam hari tentunya akan mempengaruhi kesehatan anda. Hal ini tentunya dapat memicu timbulnya paru-paru basah. Efek mandi malam dengan menggunakan air dingin nantinya akan membuat anda lebih mudah untuk terkena penyakit satu ini. Karena anda nantinya akan merasakan masalah pernafasan, seperti batuk-batuk dan masalah pernafasan lainnya.

Yuk Kenali Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering penuaan

5. Dapat Menyebabkan Penuaan Dini

Jika anda terlalu sering mandi malam maka tentunya juga bisa mempercepat terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa orang yang tubuhnya tidak mampu untuk menerima rangsangan air dingin ketika mandi di malam hari. Untuk itu, antinya akan menghasilkan peningkatan metabolisme pada tubuh. Karenanya, tubuh juga membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

6. Dapat Menyebabkan Asam Urat

Mandi di malam hari ternyata juga bisa menyebabkan anda terkena asam urat. Meskipun terbilang menyegarkan tubuh anda, akan tetapi air dingin yang mengguyur tubuh anda teryata justru dapat memicu dan membuat sendi-sendi terasa nyeri. Dengan seiringnya bertambah usia, maka cairan sendi akan mengalami perubahan komposisinya. Hal itulah yang membuat tubuh dapat terkena asam urat saat mandi di malam hari.

Yuk Kenali Efek Mandi Malam Jika Terlalu Sering demam

7. Dapat Memicu Terjadinya Demam

Efek mandi malam ternyata juga dapat memicu terjadinya demam. Hal itu dikarenakan suhu tubuh akan mengalami peningkatan di malam hari sehingga menyebabkan pori-pori terbuka. Sehingga nantinya air yang dingin akan meresap dan masuk ke dalam tubuh dan bercampur dengan suhu tubuh yang panas. Sehingga akan membuat kekebalan tubuh menjadi turun dn membuat tubuh lebih rentan untuk terkena demam.

Itulah beberapa dmapak buruk bagi tubuh jika anda terlalu sering mandi malam. Untuk itu, jika anda ingin membersihkan tubuh anda dari segudang aktifitas di siang hari, maka anda bisa mengakalinya dengan menggunakan air hangat. Hal ini tentunya akan membuat tubuh anda lebih rileks dan anda pun bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *