Yuk Kenali 3 Jenis Pemilahan Sampah

Pemilahan Sampah

Negara Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah plastik kedua terbesar di dunia. Untuk itu pengelolaan sampah tentunya semakin hari semakin penting. Untuk ibukota Jakarta sendiri, rata-rata setiap hari bisa menghasilkan sekitar 7 ton sampah. Sehingga, untuk mengatasinya dapat dilakukan pemilahan sampah dan dapat dibuang berdasarkan jenisnya. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang apa itu penyortiran sampah.

Kenali Fungsi Warna Yang Berbeda Dari Penyortiran Sampah

1. Tempat Sampah Berwarna Merah

Tempat sampah yang memiliki warna merah ini biasanya digunakan untuk menampung khusus sampah dengan jenis bahan berbahaya dan beracun atau B3. Untuk jenis sampah yang termasuk dalam kategori ini adalah pecahan kaca, bahan-bahan kimia serta benda berbahaya lainnya. Dengan memilah sampah ini tentunya dapat mengurangi risiko bahaya bagi petugas kebersihan yang biasa membersihkan sampah dan juga masyarakat itu sendiri.

Yuk Kenali 3 Jenis Pemilahan Sampah

2. Tempat Sampah Berwarna Kuning

Tempat sampah yang berwarna kuning ini biasanya digunakan sebagai pemilahan sampah dengan jenis anorganik. Contoh dari penggunaan tempat sampah berwarna kuning ini adalah seperti plastik, stereofoam dan juga sampah dari bahan plastik lainnya. Benda yang merupakan bahan anorganik adalah benda yang tercipta oleh mesin sehingga sulit untuk terurai. Untuk itu, dengan pemilahan yang sedemikian rupa tentunya akan lebih memudahkan untuk mengkategorikan sampah.

Selain itu, bahan seperti plastik yang baru pun akan sulit terurai ditanah, bahkan baru dapat terurai selama ratusan tahun. Sebelum plastik menjadi terurai dalam tanah, plastik sendiri dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk itu, sampah anorganik haruslah dipisahkan dari sampah lain karena nantinya akan di daur ulang.

3. Tempat Sampah Berwarna Hijau

Jika anda menemukan tempat sampah yang berwrna hijau, maka bisa dipastikan hanya jenis sampah organik saja yang bisa dibuang di tempat sampahtersebut. Sampah organik merupakan sampah –sampah yang alami dan mudah atu cepat sekali terurai. Sampah tersebut diantaranya adalah daun, ranting pohong dan juga sisa makanan. Pemilahan sampah organik ini dilakukan agar sampah jenis ini nantinya akan dimanfaatkan kembali untuk membuat pupuk kompos.

4. Pilah Sampah Untuk Bank Sampah

Tak hanya itu saja, pemilahan pada sampah yang telah anda lakukan nantinya akan dapat bermanfaat jika anda menukarnya ke bank sampah. Bank sampah ini berfungsi untuk mengurangi jumlah sampah yng dibuang. Serta, anda juga dapat mendapatkan uang sesuai dengan banyaknya sampah yang anda tukar. Sampah-sampah yang telah anda tukar pada bank sampah tersebut nantinya akan didaur ulang oleh bank sampah dan dapat menjadi produk-produk kerajinan yang kreatif.

Kenali 3 Jenis Pemilahan Sampah

Jenis sampah yang dapat ditukar pada bank sampah diantaranya adalah seperti kertas, plastik, kaleng dan lainnya yang nantinya dapat digunakan lagi menjadi sesuatu yang berarti. Pemilahan sampah tersebut tentunya menjadi salah satu bentuk mengatasi dan mengelola sampah. Hal ini bertujuan agar sampah yang terlalu banyak tersebut dapat dikurangi dampaknya. Selain itu, anda juga bisa mengurangi pemakaian sampah dengan mulai membawa tas sendiri ketika berbelanja.

Dengan begitu tentunya akan bisa mengurangi adanya sampah di Indonesia. Selain itu, anda juga bisa membawa kotak makan atau tumblr sendiri ketika sedang di luar. Hal ini tentu saja bertujuan agar sampah tidak menumpuk karena anda telah membawa peralatan makan sendiri. Untuk menjalankan hal ini, pemerintah pun haruslah turut andil adalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan kegiatan ini agar masyarakat menjadi paham tentang daur ulang sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *