Yuk Kenalan Sama Kuliner Bengkulu

resep pendap khas bengkulu

Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di barat daya Pulau Sumatera. Dengan lokasi yang berdekatan dengan laut, membuat hasil olahan masakan menggunakan ikan sangat beragam. Salah satu makanan khas bahari yang populer adalah olahan ikan Pendap. Dengan dibungkus daun teratai membuat cita rasa khas yang dapat menggugah selera makan. Jika Anda penasaran bagaimana membuatnya yuk simak resep pendap berikut.

Cara Membuat Pendap Yang Mudah dan Simpel

1. Menyiapkan Bahan Untuk Membuat Masakan

Pendap merupakan salah satu hidangan khas Nusantara yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Namun, untuk mengolah ikan ini, ada berapa bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat cita rasa yang menonjol. Bahan seperti kelapa dan santan menjadi penambah rasa bagi olahan ikan khas Bengkulu. Tidak usah khawatir karena bahan yang butuhkah mudah ditemui di pasaran.

bahan resep pendap khas bengkulu

Bahan utama dari olahan Pendap adalah ikan kembung yang harus dibersihkan kerat sisinya dan kotoran dari perutnya. Selain itu, bahan seperti lengkuas dan daun serai harus dimemarkan supaya pada saat proses memasak ada aroma khas dari bumbu ini. Tidak lupa siapkan merica bubuk, gula pasir dan garam sebagai penambah rasa di masakan. Untuk hiasannya siapkan seledri, daun bawang dan daun pisang untuk membungkus.

2. Menyiapkan Bumbu Halus

Selain bahan utama ikan, Anda juga harus memasak dengan bumbu yang dihaluskan. Bahan yang harus dipersiapkan yakni kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan jahe. Ada trik khusus sebelum menghaluskan semua bahan. Dimulai dari kemiri, Anda harus menyangrainya untuk mengeluarkan minyak yang beraroma sedap. Selain itu, Anda juga harus membakar kunyit agar tidak terasa getir.

resep pendap khas bengkulu bumbu

3. Proses Pengolahan Pendap

Setelah Anda menyiapkan bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah proses memasaknya. Untuk mengolah hidangan Pendap, Anda harus menghaluskan semua bahan seperti kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan jahe menggunakan blender. Lalu lumuri ikan kembung dengan setengah bagian bumbu yang telah dihaluskan dan tambahkan garam pada ikannya.

resep pendap khas bengkulu bngkus

Langkah selanjutnya, Anda harus membungkus ikan berbumbu dengan daun pisang seperti layaknya membalut pepes. Teknik memasak yang digunakan untuk mengolah hidangan ini adalah mengukus. Sebelum mengukus ada hal yang harus Anda perhatikan, yakni dengan melapisi kain pada tutup kukusan agar tidak ada air yang masuk ke dalam bungkusan ikan. Lalu Kukus selama tiga puluh menit sampai matang.

4. Cara Menghidangkan Hasil Masakan

Tidak berhenti disitu saja, mengolah Pendap harus melewati beberapa proses. Setelah matang Anda tidak bisa langsung menyajikannya di piring. Ada beberapa hal yang harus lakukan. Yang pertama, untuk memastikan masakan matang, Anda harus menusuk ikan menggunakan tusuk sate ke permukaan ikan apakah sudah matang. Setelah mengetahui tingkat kematangannya, angkat Pendap dan sisihkan sebentar.

hidangkan resep pendap khas bengkulu

Setelah itu, buka daun pisang pembungkus Pendap dan letakkan di wadah sementara. Jika sudah, Anda harus memanaskan sisa bumbu halus ke wajan, lalu tambahkan daun bawang, daun seledri lengkuas, serai, asam kandis dan daun mangkokan menjadi satu. Aduk hingga layu dan tambahkan kelapa parut. Untuk menambahkan rasa masukkan santan, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Langkah akhir dari resep Pendap, siramkan bumbu ini di atas ikan kembung.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin membuat hidangan dari ikan kembung khas Bengkulu. Untuk membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, menghaluskan bumbu, mengukus ikan dan menumis bahan lainnya. Hidangan ini cocok disajikan selagi hangat sebagai menu utama makan siang atau makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *