Yuk Intip Produk Olahan Susu yang Lezat dan Menyehatkan

Yuk Intip Produk Olahan Susu yang Lezat dan Menyehatkan itu

Susu merupakan salah satu minuman yang masuk dalam daftar empat sehat lima sempurna. Memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dengan rasanya yang lezat, minuman ini sangat disukai oleh anak-anak. Bahkan banyak orang dewasa yang juga menyukai minuman susu. Selain diminum langsung, susu juga diolah menjadi berbagai macam produk makanan. Berikut ini produk olahan susu yang saat ini mudah ditemukan dan biasa dikonsumsi masyarakat.

Olahan Makanan yang Berbahan Dasar Susu

1. Keju

Saat ini siapa yang tidak mengenal makanan ini. Bahkan semua orang mungkin sudah pernah merasakan lezatnya keju. Makanan ini terbuat dari susu yang difermentasikan. Meskipun memiliki rasa yang asin, nyatanya rasa gurihnya sangat cocok dijadikan pendamping berbagai macam makanan. Mulai dari toping kue hingga salad buah. Bentuk olahan keju juga sangat beragam, mulai dari keju cheddar, mozzarella hingga keju emmental.

2. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu jenis olahan yang berbahan dasar susu. Minuman yang satu ini dipercaya dapat menjaga kesehatan percenaan. Hal ini karena yogurt dibuat melalui fermentasi bakteri yaitu Lactobachillus bulgaricus. Kandungan nutrisi yang terdapat pada yogurt hampir sama dengan susu, yaitu terdapat kalsium, protein, serta vitamin B6 dan B12. Yogurt seringkali digunakan sebagai makanan diet karena memiliki kandungan lemak yang rendah.

Yuk Intip Produk Olahan Susu yang Lezat dan Menyehatkan

3. Dodol Susu

Produk olahan susu ini terbuat dari campuran susu, gula, tepung ketan dan terigu. Memiliki rasa yang legit, dodol susu menjadi salah satu makanan khas kota Boyolali. Namun, makanan ini membutuhkan proses yang cukup lama yaitu sekitar 4 jam. Jika tanpa menggunaka bahan pengawet, dodol susu bisa bertahan sekitar satu minggu. Tidak hanya rasanya yang legit dan gurih, dodol susu juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

4. Es Krim

Es krim merupakan makanan yang terbuat dari produk susu seperti krim yang dikombinasikan dengan gula dan perasa, kemudian dibekukan. Namun, ketika proses pendinginan, es krim harus diaduk dan diturunkan suhu pendingin untuk mencegah terbentuknya kristal. Makanan ini sangat cocok digunakan sebagai hidangan makanan penutup atau disantap di siang hari saat cuaca terik. Es krim juga banyak dijual di supermarket.

5. Custard

Custard merupakan makanan yang terbuat dari krim susu yang dicampur dengan telur kemudian dicampurkan sehingga membentuk campuran yang lembut dan kental. Setelah didinginkan, custard akan membeku dan memiliki tekstur seperti puding. Makanan ini sering dihidangkan sebagai makanan penutup. Custard memiliki rasa yang lezat dan manis. Makanan ini biasanya disajikan dengan menambahkan toping seperti buah leci di atasnya.

6. Mentega

Mentega dibuat dari krim susu yang didinginkan selama beberapa hari. Krim susu merupakan bagian atas pada susu yang didiamkan selama beberapa hari. Krim susu tersebut kemudian dilakukan proses pengadukan agar lemak padat dan cair terpisah. Lemak cair ini yang selanjuutnya disebut sebagai mentega.Produk ini biasanya banyak digunakan untuk olesan kue atau cake sebelum diberi toping, kadang juga digunakan sebagai minyak untuk menumis.

Susu maupun olahan yang terbuat dari susu memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu nutrisi terbesar yang terkandung pada susu adalah kalsium. Zat ini berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang sehingga sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang sedang pada masa pertumbuhan. Tidak hanya itu, susu juga memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *