Yuk Intip Apa Saja Olah Raga Untuk Penderita Wasir

Apa Saja Olah Raga Untuk Penderita Wasir

Wasir merupakan jenis penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Penyakit ini kerap kali terjadi dikarenakan pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di bagian usus besar bagian akhir atau rektum serta dubur. Penyakit satu ini dapat saja menyerang segala jenis usia, namun seringnya diderita pada usia 50 tahun ke atas. Penderita wasir memang diperbolehkan untuk berolah raga, akan tetapi ada beberapa jenis olah raga untuk penderita wasir yang bisa anda coba.

Olah RagaYang Baik Untuk Penderita Wasir

1. Berenang

Olah raga satu ini sngat direkomendasikan bagi anda yang menderita wasir. Hal ini dikarenakan dengan berenang akan mampu untuk mengatasi wasir. Anda hanya perlu berenang selama 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Dengan melakukan olahraga ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih aktif dan kebutuhan air pun dpat menjadi meningkat. Selain itu, dengan berenang dapat memiliki manfaat lain yakni bisa memperbaiki pola makan anda serta mengurangi stres.

Olah Raga Untuk Penderita Wasir

2. Jalan Kaki

Olah raga untuk penderita wasir yang dinilai ampuh untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan berjalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu olah raga yang sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mulai mencoba untuk berjalan kaki selama 30 menit pada pagi hari untuk memperoleh manfaat yakni mengatasi wasir. Setelah itu, anda pun bisa mengusir wasir dengan cara mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi seperti brokoli, jus lobak, pepaya dan jahe.

3. Senam Aerobik

Aerobik menjadi salah satu olahraga yang baik untuk wasir dikarenakan dapat mendukung tubuh agar lebih aktif bergerak. Selan itu, melakukan aerobik tergolong merupakan salah satu jenis olah raga yang mudah dilakukan. Akan tetapi, anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian barulah anda bisa melakukan senam aerobik ini selama 30 menit dan mengakhirinya dengan pendinginan dengan durasi selam 5 menit.

4. Yoga

Salah satu olah raga untuk penderita wasir adalah yoga. Jenis olah raga ini merupakan olahraga yang terbaik yang bisa dilakukan oleh orang yang menderita wasir. Pasalnya, jika anda rutin melakukan olah raga ini maka anda akan mendapatkan manfaat yakni tubuh menjadi fleksibel dan lebih sehat. Selain itu peredaran darah anda menuju saluran pencernaan pun dapat menjadi lancar. Sehingga nantinya pergerakan usus pun dapat terstimulasi dengan baik.

OlahRaga Untuk Penderita Wasir

5. Zumba

Zumba memang dikenal dengan jenis olah raga yang tepat yang berguna untuk menghindari diri dari gangguan pencernaan seperti gangguan konstipasi dan sebagainya. Olah raga ini juga merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok untuk mengatasi wasir. Hal ini tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan juga meningkatkan kualitas hidup jika anda melakukan secararutin dan teratur.

6. Senam Kegel

Jenis olah raga untuk penderita wasir yang terakhir adalah senam kegel. Senam ini merupakan jenis senam yang ringan dan baik untuk mengurangi rasa sakit yang diderita karena penyakit wasir. Bagi anda yang ingin melakukan senam kegel, maka anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu prosedur medis. Selain itu, manfaat lain dari senam ini adalah bisa membuat otot pangul dan pelvis menjadi lebih kuat.

Itulah beberapa jenis olah raga yang bagus bagi anda penderita wasir. Untuk itu, anda bisa mencoba berbagai olahraga tersebut meskipun anda sedang menderita wasir. Tujuan dari olah raga ini adalah untuk memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah timbulnya konstipasi yang bisa menyebabkan wasir semakin parah. Olah raga yang cocok untuk penderita ini adalah jenis olah raga yang tidak membutuhkan beban terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *