Yuk Cari Tahu Fungsi Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak

Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak

Ketika anda masih kecil, mungkin ibu anda sering untuk meracik ramuan berupa jeruk nipis dengan kecap manis untuk mengobati batuk berdahak anda. Larutan tersebut telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengatasi batuk yang menbandel di tenggorokan anda. Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan membahas mengenai bagaimana khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk batuk berdahak agar bisa berfungsi untuk menyembuhkan dan mengobati. Berikut simak ulasannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Batuk Berdahak?

Batuk merupakan gejala atau refleks yang natural yang terjadi dari sistem perlindungan tubuh yang timbul apabila saluran udara di belakang kerongkongan mengalami iritasi. Adanya iritasi tersebut, tentunya dapat memicu paru-paru anda untuk mengeluarkan tekanan udara yang tinggi. Batuk tersebut membantu untuk membersihkan paru-paru dan saluran udara dari masuknya zat asing seperti asap ataupun lendir di dalam kerongkongan.

Tahu Fungsi Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak

Kaitannya jeruk nipis untuk batuk berdahak adalah salah satu bentuk usaha untuk mengatasi gejala tersebut. Batuk berdahak disini terjadi karena paru-paru anda mengalami infeksi sehingga akan menghasilkan dahak yang melebihi kadar normal. Sehingga nantinya akan berkibat pada tenggorokan terdapat dahak pada saat anda batuk. Dengan batuk, merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak agar anda dapat bernafas lebih lega.

Apakah Larutan Jeruk Nipis Ampuh Mengobati Batuk ?

Selain mengobati batuk, jeruk nipis juga memiliki khasiat sebagai obat untuk menurunkan panas. Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga mampu untuk mengatasi suara yang serak akibat tenggorokan yang gatal ataupun gejala lain yang dapat merupakan gejala yang ditimbulkan oleh batuk. Jeruk nipis sendiri memang terkenal sebagai salah satu bahan obat herbal. Hal ini disebabkan, jeruk nipis banyak mengandung minyak atsiri dan berbagai zat lain yang melemaskan otot pada saluran pernapasan.

Seorang apoteker menybutkan bahwa fungsi jeruk nipis untuk batuk berdahak apabila ditambahkan dengan larutan kecap tidak dapat menyembuhkan batuk secaratotal. Melainkan hanya meredakan gejala-gejala yang telah disebutkan tersebut, yakni seperti mengatasi suara serak ataupun meredakan tenggorokan yang gatal. Sedangkan penambahan kecap pada larutan jeruk nipis ini tentu saja berguna untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis.

Fungsi Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak

Hal ini dikarenakan kecap tak mampu untuk meringankan gejala-gejala yang menyebabkan gangguan pernapasan lainnya. Tak hanya dengan kecap, ramuan jeruk nipis ini dapat dicampurkan dengan madu dan berfungsi untuk meredakan gejala-gejala batuk berdahak, hal ini disebutkan dalam penelitian jika rasa manis yang terkandung di dalam madu akan dapat membuat produksi air liur dan lendir di tenggorokan semakin meningkat. Sehingga nantinya bisa melembabkan tenggorokan.

Untuk membuat ramuan jeruk nipis untuk batuk berdahak initentunya sangat mudah. Anda bisa mencampurkan kecap manis dan perasan jeruk nipis ke dalam sendok. Setelah itu anda bisa meminumnya. Tak hanya itu saja, anda juga bisa memeras setengan potong jeruk nipis dan campurkan ke dalam 100 ml air hangat. Setelah perasan jeruk nipis tercampur, maka anda bisa menuangkan 2 sendok madu ke dalamnya dan minumlah selagi hangat agar tenggorokan anda menjadi hangat.

Dengan mengonsumsi larutan jeruk nipis, hal ini tentu saja dapat membuat batuk berdahak anda menjadi lebih reda. Meskipun tidak menyembuhkan secara keseluruhan, namun jika anda rajin untuk mengonsumsinya, maka batuk anda pun lama-lama akan berangsur menghilang. Hal ini dikarenakan gejala-gejala yang menyababkan batuk, telah perlahan-lahan diredakan dengan konsumsi jeruk nipis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *