Tips Mengajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Anak

ini Handwashing 6 langkah cuci tangan

Mencuci tangan merupakan cara menjaga kesehatan yang sangat mudah dilakukan. Namun yang sulit adalah menerapkan dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Kini ketika virus Corona sudah masuk Indonesia, mencuci tangan menjadi cara untuk menghindari virus ini. Bukan hanya bagi orang dewasa, anak anak juga harus melakukan cara ini. Dengan membiasakan 6 langkah cuci tangan kepada anak melalui tips berikut, maka cuci tangan bisa menjadi kebiasaan.

Langkah Mudah Untuk Membiasakan Si Kecil Rajin Cuci Tangan

1. Mengingatkan Kepada Anak Untuk Cuci Tangan

Ini adalah langkah awal untuk menjadikan anak anak terbiasa mencuci tangan. Kebiasaan ini memang harus ditumbuhkan tidak hanya ketika terjadi pandemi seperti ini. Anda sebagai orang tua tidak boleh lelah untuk mengingatkan anak anak untuk mencuci tangan. Terutama ketika setelah dan sesudah menggunakan toilet, bermain di luar, batik atau bersih hingga setelah kontak dengan hewan peliharaan. Dengan begitu mereka akan megerti dan menerapkannya.

2. Membantu Untuk Mencuci Tangan

Mencuci tangan yang disarankan untuk bisa membunuh kuman maupun virus memiliki langkah langkah. Anda bisa membantunya ketika melihat si kecil kesulitan dalam mencuci tangan. Biasanya anak anak mungkin akan bisa ketika melihat di awal. Tapi kemudian ia akan lupa step stepnya. Sehingga anda bisa membantu dan meningkatkan ketrampilan mereka dalam mencuci tangan sesuai dengan 6 langkah cuci tangan yang sudah disarankan.

sudah tau 6 langkah cuci tangan ini

Dimana gerakan mencuci tangan yang tepat ini dimulai denagn membasahi tangan. Menuangkan sabun dan menggosok hingga busa merata ke seluruh bagian tangan. Menggosok bagian yang dijelaskan mulai sela jari, punggung tangan hingga ujung jari. Membilsanya kemudian mengeringkannya hingga keringkan. Anda bisa mencari metode yang tepat untuk membuat anak tertarik melakukan gerakan gerakan mencuci ini.

3. Memberikan Contoh Kepada Anak

Agar kegiatan mencuci tangan menjadi kebiasaan, anda bisa memberikan contoh kepada anak. Jika orang tua rutin mencuci tangan, kemudian si kecil melihatnya mereka akan paham jika hal ini penting dilakukan. Anak anak sangat mudah meniru, sehingga kebiasaan baik seperti ini juga akan ditirukannya. Apalagi anak anak sangat sering melakukan kegiatan yang bisa menyebarkan kuman sehingga cuci tangan cegah Corona harus dibiasakan.

Ketika sedang berada di luar atau tidak memungkinkan mencuci tangan dengan air dan sabun, anda bisa memakaikannya hand sanitizer. Dengan begitu mereka juga akan menyadari jika menjaga kebersihan tangan sangat penting. Menambah edukasi tambahan seperti tidak menyentuh wajah ketika belum cuci tangan juga bisa anda ajarkan. Penggunaan hand sanitizer ini juga harus dibatasi untuk lebih utama mencuci dengan air dan juga sabun.

4. Memberikan Reward

Mengajari anak anak memang harus memikirkan seribu cara agar kesannya menjadi menyenangkan. Anda bisa memberikan anak reward ketika sudah menerapkan aturan cuci tangan cegah virus Corona atau sesuai anjuran. Reward ini tidak harus dalam bentuk barang yang besar atau imbalan tertentu. Anda bisa memberikan reward berupa permen, tambahan waktu bermain dan lain sebagainya sehingga anak anak tidak keberatan untuk rajin cuci tangan.

ini 6 langkah cuci tangan menurut WHO

Dengan membiasakan anak anak mencuci tangan dengan menggunakan sabun akan membantu untuk memutus penyebaran berbagai virus maupun bakteri. Melakukannya dengan sering akan membuatnya menjadi terbiasa hingga ia beranjak dewasa nantinya. Memang tidak mudah, karena membutuhkan kesabaran untuk membiasakan anak anak. Namun setiap usaha tidak akan menghianati hasil jika kita mau untuk berusaha dalam mengajari hal baik pada si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *