Tertarik Dengan Investasi Bitcoin? Berikut Hal Penting Yang Harus Diperhatikan

BTC IDR hari ini

Dewasa ini, kegiatan investasi adalah hal yang sering dilirik banyak orang. Pasalnya, kegiatan ini dapat memberi keuntungan yang berlipat secara instan. Beberapa orang bahkan juga tertarik untuk berinvestasi bitcoin atau btc karena memiliki nilai yang terus naik. Bahkan, BTC IDR hari ini ini telah mencapai 337.636.198,90 rupiah. Sayangnya, investasi ini juga memiliki risiko yang harus anda perhatikan.

Fakta dan Risiko Penggunaan Bitcoin Yang Harus Dipertimbangkan

1. Pernah Digunakan Untuk Transaksi Ilegal

Sebagai mata uang virtual, bitcoin atau btc seringkali digunakan untuk melakukan berbagai transaksi yang dilakukan secara online. Mata uang ini bahkan pernah digunakan sebagai alat pembayaran pada situs SilkRoad. Sayangnya, situs tersebut adalah portal digital yang sering digunakan untuk menjual maupun membeli berbagai barang dan jasa ilegal.

BTC IDR hari ini

Penggunaan situs tersebut bahkan tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Tentunya, anda bisa menggunakan TOR browser yang digunakan secara khusus untuk mengakses situs tersebut. Sayangnya, SilkRoad ternyata juga menjual berbagai barang berbahaya seperti obat-obat terlarang, senjata api, video porno dan jasa pembunuhan.

2. Berpotensi Menyebabkan Economic Bubble

Bitcoin atau btc yang terus mengalami kenaikan tentu sangat menarik perhatian bagi para pelaku ekonomi. Dalam hal ini, pakar ekonom bahkan melakukan berbagai analisa dari pergerakan btc. Jika dilihat pada awal munculnya mata uang virtual ini, btc ke rupiah atau idr memiliki nilai 451 rupiah. Namun, mata uang ini naik menjadi 800.000 dalam kurun waktu 3 tahun.

Nilai tersebut bahkan terus mengalami kenaikan yang sangat tinggi hingga tahun 2017. Sayangnya, nilai ini juga bisa mengalami penurunan drastis jika suatu daerah ada yang melarang penggunaannya. Bahkan, kondisi ini dapat menciptakan economic bubble yang sangat merugikan negara, yaitu nilai harga yang tinggi dan seketika menjadi hancur seperti gelembung.

3. Bukan Termasuk Komoditi Atau Saham

Tentunya, status btc yang bukan termasuk komoditi atau saham tidak memiliki pasar yang sah dalam penjualannya. Nilai BTC IDR hari ini yang telah melambung tinggi pun pada dasarnya tidak ada harganya jika tidak ada suatu permintaan atau penawaran. Hal ini bahkan dapat memiliki nilai yang semakin turun apabila tidak ada yang tertarik menggunakan mata uang ini.

BTC IDR hari ini bitcoin

Penggunaan mata uang bitcoin yang tidak memiliki status yang jelas ini pun pada dasarnya tidak ada harganya. Oleh karena itu, anda sebaiknya berinvestasi menggunakan saham maupun jenis investasi yang lain dengan status pasar yang jelas dan sudah dilindungi oleh negara. Hal ini tentu menjadi pertimbangan yang penting untuk mencegah risiko yang bisa terjadi.

4. Transaksi Bitcoin Dilarang Di Indonesia

Selain itu, mata uang virtual jenis ini bahkan tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Kondisi tersebut tentu sudah ditegaskan oleh pemerintah, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tak hanya itu, pelarangan penggunaan mata uang virtual ini juga telah ditegaskan dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2011.

Pemilikan mata uang virtual memang lebih praktis, aman dan menyenangkan. Namun, penggunaan mata uang virtual yang tidak memiliki status yang jelas dan dilarang oleh negara tentu akan sangat berisiko karena tidak ada otoritas yang bertanggung jawab. Tentunya, berbagai risiko yang bisa anda hadapi seperti harga bitcoin yang anjlok harus ditanggung sendiri.

Memiliki mata uang virtual yang bisa mendatangkan keuntungan dengan cepat memang sangat didambakan oleh banyak orang. Namun, kondisi mata uang virtual yang mempunyai status kurang jelas dan tidak ada otoritas yang bertanggung jawab, dapat membuat anda berhadapan dengan risiko besar atas kepemilikan uang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *