Tagihan Listrik Bengkak Gara-Gara AC

Tagihan Listrik Bengkak Gara-Gara AC ini

Siapa yang tidak mengenal AC? AC merupakan salah satu jenis produk yang dapat kita manfaatkan untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan. Penggunaan AC di Indonesia sendiri bukanlah hal yang aneh mengingat suhu udara di Indonesia yang panas. Jika kita perhatikan dengan baik, hampir sebagian rumah di Indonesia dilengkapi dengan AC. Namun demikian, banyak pihak yang salah dalam mengoperasikan AC sehingga menimbulkan tagihan listrik yang membengkak.

Untuk menjaga agar tagihan listrik tidak membengkak selama menggunakan AC, ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan dengan seksama. Hal penting tersebut nantinya dapat menjaga pengeluaran listrik bulanan kita selama menggunakan AC. Salah satu cara menjaga agar tagihan AC tidak membengkak adalah dengan memilih AC low watt 1 pk. AC jenis ini memiliki besaran watt yang stabil sejak AC dinyalakan. Akibatnya, penggunaan daya listrik tidak besar dan mampu mendinginkan ruangan dengan cepat.

Tagihan Listrik Bengkak Gara-Gara AC

Tidak hanya memilih menggunakan AC Low Watt 1 PK , cara lainnya yang dapat kita lakukan agar tagihan listrik tidak membengkak adalah dengan menyalakan AC pada suhu yang terendah dan pada kecepatan fan yang maksimal. Menyetel AC degan suhu dibawah 16 derajat banyak dilakukan oleh mereka yang ingin suhu ruangan cepat terasa dingin. Mereka bahkan menyalakan AC dengan fan pada kondisi yang maksimal guna mempercepat proses pendinginan ruangan. Meskipun memiliki tujuan yang benar, proses penggunakan AC justru sangatlah salah. Mengapa demikian? Indonesia merupakan negara di mana suhu kamarnya sangat mustahil berada pada suhu 16 derajat. Akan menjadi hal yang sia-sia ketika kita menyalakan AC pada suhu 16 derajat. Tidak hanya dapat membuat tagihan listrik kita membengkak, mesin AC akan cepat rusak akibat menyalakan AC di bawah 16 derajat. Tagihan AC juga dapat membengkak jika kita melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

a. Salah menyalakan model AC merupakan perilaku yang membuat tagihan AC dapat membengkak. Pengaturan mode AC tepatnya dilakukan berdasarkan dengan kondisi cuaca. Pada hari ketika suhu panas, kita dapat menggunakan mode AC cool untuk mendinginkan ruangan dan mengubahnya menjadi mode dry jika ruangan yang dilengkapi AC telah berada pada suhu yang seharusnya. Ketika kita menggunakan mode dry, kipas AC akan berjalan dengan stabil. Jika kita terlalu malas untuk mengubah mode AC, kita dapat menggunakan mode auto sehingga AC dapat mengatur modenya sendiri berdasarkan dengan cuaca yang terjadi.

b. Tagihan listrik akan membengkak selama kita keliru memilih mode AC pada saat kita tidur. Seperti yang kita ketahui, suhu udara di malam hari terasa lebih dingin daripada suhu di siang hari. Guna menyesuaikan suhu pada malam hari, ada baiknya kita menggunakan mode sleep pada AC. Dengan mode sleep ketika kita tidur, penggunaan listrik dapat kita hemat dengan sendirinya.

Tagihan Listrik Bengkak Gara-Gara AC itu

Tagihan listrik akan membengkak jika kita sering membuka tutup pintu ruangan selama AC dinyalakan. Selama menggunakan AC, kita tidak boleh sering-sering membuka tutup pintu ruangan. Jika pintu terbuka, segera tutup pintu tersebut sehingga suhu di luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan. Jika ada suhu udara yang masuk ke dalam ruangan, kompresor yang berada di dalam AC akan bekerja kembali. Kompresor yang bekerja membutuhkan tenaga listrik dan membuat tagihan listrik dapat membengkak. Karena itulah, kita harus menjaga agar pintu selalu berada dalam keadaan tertutup ketika AC ruangan sedang berada dalam kondisi menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *