Serupa, Berikut Perbedaan Sales dan Marketing Yang Wajib Diketahui

perbedaan sales dan marketing Asuransi Jiwasarya

Anda tentunya tidak asing dengan pekerjaan Marketing dan Sales. Bisa dikatakan kedua pekerjaan ini selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Jika bertanya ke apakah keduanya berbeda? Banyak masyarakat yang akan menilainya jika dua hal ini sama. Memang terlihat serupa, padahal keduanya memiliki perbedaan. Untuk lebih mengetahui keduanya, anda bisa menyimak perbedaan sales dan marketing dalam ulasan berikut.

Perbedaan Antara Sales Dan Marketing Yang Harus Anda Tahu

1. Dari Pengertian

Marketing merupakan keseluruhan sistem dari sebuah kegiatan bisnis. Tujuannya untuk merencanakan sebuah produk, menetapkan harga, mendistribusikan hingga mempromosikan produk yang bersangkutan. Tujuannya tentunya untuk memenuhi kebutuhan pasar serta memuaskan konsumen. Secara sederhana bisa disebutkan jika marketing merupakan implementasi strategi yang dijalankan menggunakan sistem perusahaan.

perbedaan sales dan marketing yang anda tau

Sementara untuk sales adalah kegiatan yang akan berfokus pada penjualan produk. Sales akan memastikan produk baik yang tidak terlihat bahkan aset sekalipun. Harga dari produk sudah ditentukan oleh perusahaan. Sales diadakan untuk meningkatkan perjualan suatu produk saja dan memang hal tersebut menjadi tujuan dari sales. Untuk prosesnya, marketing tentunya lebih kompleks apabila dibandingkan dengan proses dalam sales.

2. Ruang Lingkup Pekerjaan

Dari ruang kerja perbedaan keduanya juga terlihat jelas. Pekerjaan seorang marketing bersifat long term, karena harus terus menjaga relasi dengan partner bisnis. Sementara untuk sales short term. Sales juga akan langsung berhadapan dengan calon konsumen untuk meyakinkan customer. Sedangkan untuk marketing masuk dalam hubungan masyarakat. Dengan melihat ruang lingkupnya, perbedaan sales dan marketing lebih mudah dipahami.

3. Prioritas Dan fungsi

Untuk prioritas pekerjaan antara keduanya terletak dalam target kegiatannya. Marketing akan menjangkau konsumen sehingga tetap bisa memiliki hubungan yang baik hingga konsumen tersebut menjadi pelanggan setia. Sementara untuk Sales memiliki fungsi untuk mengakomodasi konsumen serta membantu agar konsumen bisa memenuhi kebutuhannya. Keduanya biasanya memang akan saling bersinergi agar suatu perusahaan semakin maju.

4. Action VS Riset

Seorang sales tidak bisa berdiam diri karena memang menjadi tonggak sebuah perusahaan. Apabila tidak ada aksi maka produk tidak akan bisa terjual, yang mana akan berdampak pada pemasukan perusahaan. Berbeda dengan sales, seorang marketing akan melakukan riset serta perencanaan. Marketing bisa dikatakan bekerja di belakang layar, untuk menganalisa laporan, membuat marketing plan yang ditujukan untuk target penjualan selanjutnya.

perbedaan sales dan marketing yang wajib anda tau

5. Brand Image

Sales berkewajiban untuk menjemput calon konsumen yang sedang tergiur iklan yang dibuat divisi marketing. Keberadaan brand image sendiri bagi seorang sales tidak begitu penting sebab calon konsumen sudah mengetahui produk tersebut. Sales akan bertugas untuk meyakinkan pelanggan agar mau untuk membeli produk tersebut. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

Bagi seorang marketing brand image sangat penting. Brand Image sendiri bisa terbangun lantaran kerja dari bagian marketing. Inilah mengapa divisi marketing akan lebih mengunggulkan kualitas produk serta iklan untuk menarik perhatian. Bisa dikatakan jika sales yang akan mengeksekusi apa yang telah dilakukan oleh marketing. Calon pelanggan yang sudah mengetahui produk dari marketing akan memutuskan membeli karena sales.

Meskipun berbeda, keduanya memberikan andil yang cukup besar bagi perusahaan. Ketika keduanya terjalin kerjasama yang baik, maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Produk yang ada tidak akan terjual tanpa seorang sales, sementara sales tidak akan bisa bergerak tepat jika tidak ada perencanaan dari divisi marketing. Inilah mengapa kedua divisi ini sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *