Sambal Khas Buatan Indonesia

Buatan Indonesia sambal asli Resep Sambal Ayam Kalasan Asli Enak dan Bikin Nagih

Makanan asal Indonesia sebagian besar disajikan dengan menggunakan sambal. Bagi masyarakat Indonesia, kurang lengkap rasanya jika makan tanpa adanya sambal. Kesukaan masyarakat akan sambal membuat beberapa daerah di tanah air memiliki sambal khasnya sendiri. Sambal terasi misalnya, sambal asli Jawa Barat ini menjadi jenis sambal yang sering kita jumpai di restoran dan warung makan. Karena menggunakan terasi, kita dapat mencium aroma terasi pada saat mengkonsumsi sambal ini. Rasa gurih yang berasal dari terasi dan pedas dari cabai membuat kita tersulut untuk makan dalam jumlah banyak. Sambal terasi dibuat dari bahan bawang putih, terasi, garam, gula pasir, tomat, cabai rawit, bawang merah dan cabai merah besar. Cabai, tomat dan bawang digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan bersamaan dengan gula, garam dan terasi.

Manado memiliki sambal khas yang disebut dengan dabu-dabu. Untuk membuat sambal ini sangat mudah dan cepat. Kita hanya perlu memotong kesemua bahan menjadi bentuk yang lebih kecil. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sambal dabu-dabu terdiri dari cabai merah, garam, air jeruk nipis, bawang merah, tomat, kemangi, cabai hijau dan jeruk nipis. Karena terdapat cabai dan jeruk nipis, sambal dabu-dabu memiliki cita rasa yang pedas dan segar. Di bawah ini merupakan jenis sambal lainnya yang berasal dari wilayah di Indonesia:

a.Sambal matah

Sambal matah merupakan jenis sambal yang berasal dari Bali. Dalam bahasa Bali, matah berarti mentah. Sambal asli Bali ini disajikan dalam keadaan mentah tanpa proses penggorengan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu untuk kita siapkan dalam membuat sambal matah adalah serai, minyak goreng, bawang merah, garam, daun jeruk purut, terasi bakar dan air jeruk nipis. Kesemua bahan dipotong kecil-kecil dan masukkan ke dalam sebuah wadah. Setelah dicampur, masukkan minyak sayur yang telah dipanaskan sebelumnya.

Buatan Indonesia sambal asli Resep Sambal Mercon

b.Sambal ijo

Sambal ijo merupakan sambal yang berasal dari Padang. Umumnya, sambal ini disajikan guna melengkapi menu nasi padang. Karena rasanya yang asin, gurih dan tidak terlalu pedas, sambal ijo sangat tepat disajikan dengan lauk masakan Minang. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ijo adalah cabai hijau, bawang putih, bawang merah, tomat dan garam. Kesemua bahan tersebut dihaluskan dengan cara diulek dan masak hingga matang.

Buatan Indonesia sambal asli sambal ijo padang

c.Sambal bajak

Serupa dengan sambal ijo, sambal bajak memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Sambal bajak .memiliki penampilan yang serupa dengan sambal terasi. Yang membedakannya adalah rasa yang lebih manis pada sambal bajak. Sambal bajak dibuat dari bahan bawang merah, tomat merah, bawang putih, cabai merah keriting, terasi dan cabai rawit. Bahan yang telah dihaluskan kemudian ditumis dan beri tambahan air asam jawa dan gula merah.

Jenis sambal khas lainnya yang berasal dari Indonesia adalah sambal andaliman. Sambal yang berasal dari Sumatera Utara ini memiliki rasa yang unik. Ketika dikonsumsi, kita dapat merasakan rasa yang getir. Untuk membuat sambal unik ini, bahan yang dibutuhkan adalah cabai rawit, bawang merah, andaliman, jeruk nipis, serai, bawang putih dan garam. Sambal tempoyak menjadi sambal asal Sumatera Selatan yang pembuatannya menggunakan bahan buah durian yang telah difermentasi. Bagi masyarakat yang belum terbiasa dengan rasa sambal ini, mereka akan menganggapnya memiliki rasa yang aneh. Kunyit, cabai merah, ikan teri, gula, garam, tempoyak dan cabai rawit merupakan bahan pembuat sambal tempoyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *