Resep Praktis Ayam Ungkep Bumbu Kuning Untuk Digoreng

Resep Praktis Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Ayam goreng tentu merupakan salah satu masakan yang begitu disukai oleh keluarga Indonesia. Pasalnya baik anak-anak hingga dewasa, pria maupun wanita pastilah menyukai masakan ayam goreng. Menghidangkannya juga cukup praktis sehingga yang memasaknya tak perlu terlalu repot. Selain itu, variasi masakan ayam goreng juga cukup variatif sehingga tidak membosankan apabila sering disajikan.

Salah satu variasi masakan ayam goreng yang cukup populer misalnya dijadikan ayam ungkep bumbu kuning terlebih dahulu, karena dengan demikian maka bumbunya akan benar-benar meresap sehingga semakin nikmat ketika dijadikan ayam goreng nantinya. Khas dari ayam ungkep bumbu kuning tentu adalah bumbu ayam goreng kuning yang bagi sebagian orang ternyata merasa kesulitan membuatnya. Memang harus diakui bahwa pada awalnya orang-orang akan merasa sulit membuatnya, tetapi pada kesempatan berikutnya jelas akan jauh lebih mudah.

Untuk membantu siapa saja yang hendak memasak ayam ungkep bumbu kuning agar berhasil membuat bumbu kuningnya dengan lezat, berikut ini akan disampaikan resep praktisnya. Namun terlebih dahulu siapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu.

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning

1.1 ekor ayam yang sudah dipotong sesuai bagian-bagian yang biasa dimasak
2.3 atau 4 lembar daun salam
3.2 batang serai yang sudah dihancurkan
4.2 ruas kunyit yang sudah dihaluskan baik menggunakan ulekan maupun blender
5.1 sendok makan ketumbar
6.Garam sesuai selera
7.Kaldu ayam bubuk secukupnya
8.3 butir kemiri yang sudah dihaluskan
9.6 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
10.1 ruas jahe yang sudah dihaluskan
11.2 ruas laos yang sudah dihaluskan
12.Air secukupnya

Setelah bahan-bahan di atas siap, maka berikutnya tinggal masuk ke langkah-langkah pembuatan ayam ungkep bumbu kuning. Adapun langkah-langkah pembuatannya yaitu sebagai berikut.

1.Letakkan daun salam, serai, ketumbar, garam, kaldu ayam bubuk serta seluruh bumbu halus yang sudah disiapkan ke dalam wajan

2.Berikutnya tumislah bahan-bahan tadi hingga matang dan cukup harum

3.Setelah menumis bumbu-bumbu tadi maka bumbu-bumbu yang telah ditumis tadi letakkan ke dalam panci yang akan digunakan memasak

4.Lalu masukkan potongan-potongan ayam ke dalam panci tadi sambil sedikit demi sedikit menambahkan air ke dalam panci sampai air merendam ayam secara keseluruhan

5.Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu tunggu hingga apinya mendidih

6.Setelah air mendidih, maka tunggu air di dalam panci surut serta bumbu tampak cukup meresap, barulah kemudian angkat ayam yang ada di dalamnya.

Resep Praktis Ayam Ungkep Bumbu Kuning ini

7.Pada tahap ini, ayam bisa langsung digoreng seperti biasa memasak masakan ayam goreng
Dengan menjadikannya ayam ungkep bumbu kuning terlebih dahulu, banyak orang yakin bahwa ayam goreng yang dibuat akan lebih kuat rasanya. Hal tersebut utamanya berkat bumbu ayam goreng kuning itu sendiri yang begitu meresap ketika melalui proses ungkep tadi.

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan proses ungkep adalah memastikan kematangan dari ayam yang diungkep itu sendiri. Caranya cukup mudah dan sederhana, yaitu cukup dengan menusuk daging ayam yang diungkep. Alat yang digunakan untuk menusuk boleh garru, pisau maupun alat lain yang dapat digunakan untuk menusuk. Tanda bahwa ayam yang diungkep sudah benar-benar matang adalah daging ayamnya sudah tak lagi merah ketika ditusuk.

Warna dari air yang digunakan untuk mengungkep juga sudah tampak lebih bening dibandingkan ketika awal melakukan proses ungkep. Karena hal itu menunjukkan bumbu-bumbu yang ada telah benar-benar meresap ke dalam ayam, bukan masih tercecer di air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *