Rekomendasi Makanan Yang Berkalsium Tinggi Untuk Mendapat Manfaat Optimalnya

makanan yang berkalsium tinggi Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi

Para ahli gizi sepertinya sedang banyak menerima pertanyaan tentang apa saja makanan yang berkalsium tinggi. Pasalnya beberapa tahun belakangan ini, masyarakat kita memang sedang mulai menata gaya hidupnya mulai dari mengatur pola makan yang sehat. Salah satu pola makan sehat adalah banyak mengkonsumsi kalsium sehingga wajar rasanya jika banyak yang mencari tahu tentang hal tersebut. Apalagi para ibu rumah tangga yang merasa memiliki tanggung jawab menyediakan berbagai nutrisi, termasuk kalsium dalam menu makanan yang disajikan.

Agar menu makanan yang disajikan cukup variatif tentu tidak hanya mengandalkan satu atau dua bahan makanan tinggi kalsium saja. Karena jika demikian maka akan timbul kebosanan pada yang memakannya. Dengan begitu maka dikhawatirkan kebutuhan kalsium menjadi tidak terpenuhi akibat bosan dengan yang disajikan. Padahal, kalsium sangatlah penting karena berfungsi sebagai penguat tulang. Tentunya tulang yang kuat bukan hanya dibutuhkan anak-anak saja yang selain menguatkan tulang mereka juga membantu proses tumbuh kembangnya, tetapi juga para orang dewasa bahkan manula.

Dengan mengetahui manfaat besar dari kalsium itulah maka kiranya mengetahui makanan-makanan apa saja yang memiliki kandungan kalsium tinggi menjadi penting. Beberapa makanan yang dikenal memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga manfaat optimal dari aksium bisa didapatkan antara lain sebagai berikut.

1.Keju

Keju merupakan yang paling dikenal sebagai pemilik kandungan kalsium tinggi. Hal tersebut tentu sudah jelas karena keju merupakan olahan yang terbuat dari susu yang juga dikenal sebagai sumber kalsium. Untungnya keju yang memiliki kandungan kalsium melimpah adalah semua jenis keju, jadi tidak perlu bingung dalam memilih keju.

makanan yang berkalsium tinggi

2.Bayam

Selain zat besi, bayam juga dikenal memiliki kandungan kalsium tinggi. Tidak heran jika sayuran hijau yang satu ini hampir selalu diburu oleh para ibu rumah tangga, meskipun memang sangat disayangkan banyak sekali anak-anak yang sekolah membenci sayuran yang satu ini. Tetapi dengan kecerdasan dalam mengolah bayam tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri apabila dapat rutin dikonsumsi.

3.Kacang kedelai

Yang menarik dari makanan yang satu ini adalah kemampuannya untuk dijadikan makanan lezat ataupun minuman nikmat. Tentu sudah bukan rahasia lagi jika banyak makanan di dalam negeri yang terbuat dari kacang kedelai sehingga kiranya akan mudah mendapatkan kalsium jika sering konsumsi kedelai maupun olahannya. Jika tidak mau memakannya maka menjadikannya minuman sari kedelai merupakan ide yang tidak buruk untuk dicoba.

Jenis Makanan Alami makanan yang berkalsium tinggi

4.Ikan salmon

Banyak ibu hamil dan busui yang menjadikan ikan samson sebagai menu makanan baginya maupun bagi buah hatinya. Hal tersebut jelas memang karena manfaat luar biasa yang ikan itu miliki. Pasalnya selain bagi otak ternyata kandungan yang ada di dalam ikan salmon juga bagus untuk tulang berkat tingginya kandungan kalsium yang dimiliki. Wajar jika harga satu kilogram ikan ini bisa lebih tinggi dari daging yang biasa dimakan sehari-hari.

5.Oatmeal

Seperti halnya dengan ikan salmon, oatmeal juga menjadi salah satu makanan sehat favorit pecinta gaya hidup sehat. Karena selain bagus bagi jantung, oatmeal juga bagus bagi tulang karena termasuk makanan yang berkalsium tinggi.
Itu dia beberapa contoh konkret makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga ketika mengkonsumsi makanan tersebut akan dapat manfaat optimal dari kalsium itu sendiri. Jika diperhatikan dengan seksama, tidak ada bahan-bahan yang sulit didapatkan di sekitar masyarakat kita, sehingga kebutuhan kalsium akan dengan sangat mudah dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *