Pentingnya Sistem Imun Tubuh Bagi Manusia, Cek 5 Fungsinya Berikut Ini!

Sistem Imun

Manusia memiliki beberapa macam sistem di tubuhnya, seperti sistem pernapasan, pencernaan, reproduksi, muskuloskeletal, termasuk juga sistem yang satu ini, yakni sistem imun. Bagi tubuh, sistem ini sangat penting karena mampu melawan organisme penyebab penyakit. Tak hanya itu, sistem kekebalan ini juga memiliki fungsi yang bisa anda simak dalam ulasan berikut.

5 Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

1. Sebagai Proteksi Tubuh dari Serangan Penyakit

Sistem kekebalan tubuh memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai proteksi tubuh. Fungsi ini merupakan yang utama diantara yang lainnya. Mengapa begitu? Karena dilihat dari namanya “kekebalan”, yang berasal dari kata dasar kebal, memiliki makna bahwa sistem ini tahan terhadap serangan patogen penyebab penyakit.

sistem imun pada infeksi virus

Patogen yang dimaksud adalah bakteri dan virus yang mampu masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel-sel normal. Dengan adanya sistem ini yang terdiri dari sel-sel imun seperti leukosit, sel T, sel B, dan makrofag, maka tubuh dapat terhindar dari penyakit. Itulah mengapa sistem ini sangat penting bagi tubuh.

2. Mengeliminasi Sel dan Jaringan Tubuh yang Rusak

Salah satu sel imun yang berperan dalam mengeliminasi sel dan jaringan yang rusak adalah leukosit atau sel darah putih. Sel tersebut terdiri dari beberapa jenis salah satunya monosit. Monosit akan berkembang menjadi makrofag yang mampu memakan dan mencerna partikel asing atau jaringan yang sudah rusak melalui proses fagositosis.

Selain mengeliminasi, makrofag juga akan menstimulasi sel-sel imun yang lain untuk merespon jika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh. Jika terdapat sel atau jaringan yang rusak di dalam tubuh, maka akan sangat berbahaya. Karena bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi organ tubuh.

3. Menghancurkan Sel Kanker

Seperti yang kita ketahui, kanker menjadi penyakit yang mematikan. Sel kanker merupakan sel abnormal yang berkembang di dalam tubuh. Umumnya, sistem kekebalan tubuh yang kuat akan menghancurkan sel abnormal ini sebelum terjadi perkembangan yang lebih besar dan tidak terkendali. Sehingga, risiko terkena serangan sel kanker lebih rendah.

Sel ini berbahaya karena ia juga mampu menyerang sel-sel normal di sekitarnya. Jika daya tahan tubuh lemah, maka mekanisme pertahanan diri bisa gagal dan sel kanker akan semakin tumbuh banyak hingga merusak organ-organ yang lain, atau yang biasa disebut metastasis. Hal ini bisa menyebabkan kematian jika berlanjut ke stadium akhir.

4. Mengenali Benda Asing Berbahaya di Dalam Tubuh

Apakah anda tahu apa itu antibodi? Antibodi adalah suatu zat yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengenali suatu antigen (bagian dari bakteri atau virus penyebab penyakit) tertentu. Zat tersebut diproduksi sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu antigen yang sama menyerang tubuh kembali.

sistem imun Mengenali Benda Asing Berbahaya

Setelah berhasil mengenali organisme pemicu penyakit, sel-sel imun akan bersatu membentuk barikade atau semacam pertahanan untuk melawan dan membunuh mikroorganisme tersebut. Akan ada ribuan antibodi yang dibuat oleh imunitas, sehingga anda perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar sel-sel imun tetap bisa melaksanakan fungsinya dengan baik.

5. Menjaga Homeostatis Tubuh Manusia

Homeostatis merupakan proses atau mekanisme otomatis makhluk hidup dalam mempertahankan kondisi konstannya (keseimbangan) terhadap perubahan internal maupun eksternal tubuh agar tetap berfungsi normal. Seluruh sistem yang terdapat dalam tubuh, termasuk sistem imun, akan berinteraksi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Itulah ulasan mengenai fungsi-fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat anda ketahui, agar anda selalu ingat pentingnya sistem ini. Jika salah satu fungsi tidak berjalan dengan baik, maka hal tersebut akan mengganggu kondisi tubuh anda. Terutama yang berkaitan dengan proteksi diri. Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan imunitas anda segera agar terhindar dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *