Peningkatan Mata Uang Digital di Tanah Air

Peningkatan Mata Uang Digital Crypto Indonesia

Di Indonesia, alat transaksi pembayaran mengalami perkembangan tanpa kita sadari. Ketika membeli produk secara online, kita dapat membelinya tanpa harus melakukan pembayaran dengan uang tunai. Crypto Indonesia menjadi jenis mata uang digital yang dapat kita gunakan ketika melakukan pembayaran secara online.

Crypto sendiri merupakan jenis mata uang digital yang dimanfaatkan untuk pembayaran produk secara virtual. Crypto bersifat desentralisasi yang bermakna bahwa suatu transaksi tidak ada pihak yang berperan sebagai perantara. Pembayaran terjadi secara peer to peer. Transaksi dengan menggunakan mata uang ini tercatat pada sistem sehingga kita akan mendapatkan layanan keamanan secara optimal. Crypto memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

a.Melakukan transaksi

Prinsip mata uang ini serupa dengan prinsip ekonomi. Harga barang akan naik pada saat permintaan barang mengalami peningkatan. Banyaknya pihak-pihak yang melakukan investasi, harga crypto juga semakin mahal.

Peningkatan Mata Uang Digital Crypto Indonesia

b.Pembelian barang dan jasa

Sekarang ini, banyak perusahaan, restoran, aplikasi dan penerbangan menerapkan pembayaran secara online. Crypto menjadi salah satu alat pembayaran yang digunakan dalam pembayaran barang dan jasa.

c.Mining

Pertambangan atau mining merupakan hal umum yang berkaitan dengan crypto. Untuk mengkonfirmasi transaksi kita harus memecahkan teka teki terlebih dahulu melalui kriptografi.

Di Indonesia, crypto terbagi menjadi beberapa jenis. Bitcoin menjadi bagian dari crypto yang sangat populer di gunakan oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang ini. Mata uang yang cukup populer ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2009. Tahun 2019, tercatat penjualan 18 juta bitcoin lebih. Jika dibandingkan dengan jenis crypto lainnya, bitcoin merajai pasar hingga 68%. Tidak hanya bitcoin, berikut jenis crypto lainnya yang ada di tanah air:

1.BitcoinCash

Agustus tahun 2017 menjadi waktu pertama dmana BitcoinCash diluncurkan. Peluncuran mata uang ini terjadi akibat banyaknya protes keras akan peraturan yang diberlakukan pada penggunaan bitcoin. Karena kurangnya rasa puas mereka akan bitcoin, masyarakat menilai bahwa BitcoinCash merupakan mata uang digital yang jauh lebih baik ketimbang bitcoin.

Peningkatan Mata Uang Digital Crypto Indonesia

2.Feathercoin

Mata uang digital yang memiliki sifat open source adalah feathercoin. Peter Bushnell merupakan sosok yang menciptakan mata uang ini. Mata uang ini serupa dengan mata uang litecoin.

3.Dogecoin

Turunan litecoin yang diluncurkan pada tahun 2013 adalah dogecoin. Mata uang ini memiliki maskot berupa seekor anjing. Dogecoin dinilai merupakan mata yang yang bersahabat. Pasalnya, mata uang ini kerap digunakan untuk kegiatan amal, donasi dan beberapa kegiatan sosial lainnya. Dibandingkan dengan bitcoin, dogecoin memiliki nilai yang jauh lebih rendah.

4.Litecoin

Jenis mata uang crypto Indonesia ini tentunya memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah bersifat universal. Tanpa adanya persyaratan yang mengikat, mata uang ini dapat kita gunakan pada kesempatan yang kita inginkan. Crypto dinilai sangat transparan dalam melakukan tugasnya. Melalui mata uang digital, kita dapat melihat aktiftas transaksi apa saja yang sebelumnya pernah kita lakukan. Meskipun transparan, kita tidak memiliki hak untuk melihat jenis transaksi yang dilakukan oleh orang lain. Selama menggunakan mata uang virtual, kegiatan pembayaran dapat dilakukan dengan lebih cepat. Tidak hanya memiliki kelebihan, crypto juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan yang dimiliki oleh mata uang virtual crypto:

-Celah keamanan yang terbuka
Banyak pihak yang menggunakan mata uang ini untuk keperluan yang tidak baik dengan memanfaatkan celah kode cryptography.
-Belum adanya izin secara penuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *