Penasaran Dengan Biaya Plat Nomor Cantik? Yuk Cari Tahu Disini

mau biaya plat nomor cantik ini

Saat membeli kendaraan bermotor, maka kendaraan tersebut harus memiliki plat motor yang ditentukan oleh pihak berwajib. Akan tetapi, tidak sedikit pula masyarakat yang ingin memiliki plat motor yang cantik. Namun tentu saja, untuk mendapatkan plat motor tersebut, tidaklah gratis. Lalu, berapakah biaya plat nomor cantik tersebut? Yuk simak ulasan ini untuk tahu berapa saja biayanya.

Ketentuan Membuat Plat Motor Pilihan

Sebelum dapat mengganti plat kendaraan bawaan dengan yang pilihan atau cantik, pemilik kendaraan haru memenuhi ketentuan terlebih dahulu. Dimana ketentuan tersebut harus diurus terlebih dahulu di kantor samsat masing masing daerah. Dimana ketentuan tersebut diantaranya NRKB pilihan tersebut hanya berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang lima tahun lagi. Akan tetapi tetap harus menggunakan kode wilayah yang sama.

Selain itu NTKB pilihan tidak akan berlaku jika pemilik kendaraan bermotor tersebut, dipindahtangankan kepada orang lain. Atau kendaraan bermotor tersebut dimutasi ke wilayah lain. NRKB yang telah dipilih tetap berlaku, jika pemilik kendaraan tersebut melakukan perubahan pada alamat, mesin, warna, dan juga kode wilayah yang masih sama seperti sebelumnya.

Kemudian masa berlaku untuk KRKB yang dipilih akan tercantum dalam surat keterangan NRKB pilihan yang telah dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres, Polresta, dan Polrestabes. Untuk perpanjangan KRKB pilihan dilakukan bersamaan dengan perpanjangan STNK. Dan untuk jatuh tempo masa berlaku plat nomor tersebut juga sama dengan masa berlaku STNK.

mau tau biaya plat nomor cantik itu

Ketentuan selanjutnya, apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlakunya NRKB yang dipilih habis maka sisa masa berlakunya akan habis. Sedangkan untuk penerbitan STNk yang baru akan berbarengan dengan penerbitan NRKB pilihan yang baru, yang memiliki masa berlaku lima tahun. Jadi, jika Anda ingin mengubah plat kendaraan, mungkin perlu mengetahui beberapa ketentuan tersebut.

Tarif Resmi Pembuatan Plat Nomor Cantik

Seperti yang pernah dikatakan sebelumnya, jika membuat plat kendaraan pilihan tidaklah gratis. Pihak Ditlantas telah menentukan tarif resmi yang harus dibayarkan oleh pemilik motor yang ingin menggunakan plat kendaraan pilihan. Dimana tarif tersebut, digolongkan pada beberapa bagian. Seperti jika Anda ingin membuat plat kendaraan pilihan dengan hanya ada satu angka dan tidak ada huruf di belakangnya, maka harus bayar sebesar 20 juta rupiah.

Namun untuk satu angka dengan huruf dibelakangnya, maka harus bayar 15 juta rupiah. Jika Anda ingin membuat NRKB dengan dua angka namun tidak ada huruf dibelakangnya, maka harus bayar 15 juta. Sedangkan yang ada huruf belakangnya, dikenai tarif sebesar 10 juta rupiah. Jika Anda ingin membuat NRKB dengan tiga angka dan tidak memiliki huruf di belakangnya, maka biayanya sebesar 10 juta rupiah. Sedangkan, yang tidak ada huruf belakang senilai 7,5 juta rupiah.

Dan untuk biaya plat nomor cantik dengan empat angka tanpa huruf dibelakangnya, akan dikenai tarif sebesar 7,5 juta rupiah. Sedangkan yang memiliki huruf belakang, tarifnya sebesar 5 juta rupiah. Tarif resmi tersebut berdasarkan keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XXI/2016 tanggal 30 Desember 2016, tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

Dan itulah beberapa ketentuan dan juga biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin memiliki plat kendaraan bermotor yang cantik. Tentu saja biaya tersebut merupakan tarif resmi yang telah ditentukan oleh Ditlantas. Dan nomor kendaraan bermotor tersebut telah terdaftar dalam database Polisi Lalu Lintas. Apakah Anda tertarik untuk mengganti nomor kendaraan Anda menjadi nomor cantik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *