Meski Tergolong Sebagai Bencana Besar, Namun Pandemi Covid-19 Tetap Beri Dampak Baik

Bencana Besar Virus Covid

Kepanikan masyarakat mengenai wabah virus Corona terjadi hampir di setiap negara. Virus yang telah menjalar di 118 negara itu menjadi perbincangan sejak akhir Desember 2019 hingga saat ini. Namun dibalik wabah dan perasaan panik ada beberapa dampak positif yang sebenarnya bisa kita petik. Berikut beberapa dampak positif yang diakibatkan oleh bencana non fisik Covid-19.

Dampak Positif Dari Pandemi Covid-19

1. Lebih Peduli Dengan Kesehatan

Pemberitaan mengenai wabah virus Covid-19 memang membuat panik di sejumlah negara yang terdampak. Namun dibalik semua itu, dengan adanya wabah tersebut membuat semua orang lebih memperhatikan kesehatan dan menjaga kebersihan. Tak hanya itu, kita juga jadi mengingat untuk peduli dengan sesama dan memaksa agar bisa bekerja sama secara global dengan kompak melakukan social distancing serta isolasi mandiri.

Bencana Besar Virus

Dengan mengingat bahwa hidup manusia secara tidak langsung saling terhubung, secara tidak langsung dengan adanya pandemi ini kita diingatkan betapa berharganya setiap manusia antara satu dan yang lainnya. Sudah dapat dilihat, semenjak diterapkannya new normal hampir semua orang rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang ketika berada di keramaian.

2. Seluruh Dunia Bekerjasama

Dunia seakan sedang berbondong-bondong untuk mengalahkan musuh bersama yakni virus Corona. Kerjasama dalam skala global belum pernah terjadi selama ini dan kali ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Sebelum kepanikan mengenai Covid-19 menyita perhatian, setiap orang menghadapi masalahnya masing-masing. Mulai dari kecemasan, penyakit mental, kesepian dan meningkatnya ketidakpastian tentang masa depan.

Dari isu politik hingga perubahan iklim, perang budaya hingga resesi seks, kasus bunuh diri karena keputusasaan, dan bullying di media sosial yang rentan merusak mental. Segala masalah yang terjadi menjadi gejala individualisme yang merajalela. Namun kasus pandemi Covid-19 telah membuat semua orang fokus pada hal yang sama dan pentingnya koordinasi serta kerjasama yang baik.

3. Manusia Saling Membantu

Mewabahnya virus Covid-19 ini menjadi bencana besar bagi sejumlah negara terdampak, namun disisi lain pandemi ini juga memberikan dampak positif salah satunya adalah meningkatnya rasa kepedulian terhadap sesama. Ancaman pandemi, bagaimanapun telah menyatukan seluruh umat manusia untuk melawan virus satu ini. Manusia saling membantu tanpa perlu melihat suku, ras, atau kepercayaan yang dianut.

4. Kualitas Udara Membaik

Kesehatan mental yang buruk hingga polusi dan polarisasi yang meningkat seakan menjadi bukti bahwa masyarakat terlalu sibuk bekerja, tidak memperhatikan lingkungan, dan terlalu individualisme. Ketika social distancing sedang dilaksanakan di seluruh dunia, kualitas udara menjadi membaik. Didokumentasikan dari China ke Italia, dengan emisi karbon mencapai titik terendah baru setiap hari karena berkurangnya perjalanan udara.

Bencana Besar Virus Corona

5. Hobi Yang Tertunda Bisa Terlaksana Saat Isolasi

Awalnya mungkin sulit untuk melakukan segala aktivitas hanya dirumah, namun hal itu perlu dilakukan untuk menyelamatkan kesehatan pribadi dan saling menjaga satu sama lain agar tidak terinfeksi virus Corona. Kebijakan isolasi mandiri juga memberi kesempatan untuk bekerja lebih sedikit menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Selain itu kita juga bisa menemukan waktu untuk mengobrol, membaca, dan kegiatan lainnya.

Jika dikaji lebih dalam, adanya pandemi Covid-19 ini banyak memberikan dampak baik bagi seluruh umat manusia di dunia. Dampak positif dan negatif dari pandemi telah banyak menyadarkan masyarakat dan banyak memberi pelajaran berharga salah satunya adalah tentang pentingnya kesehatan. Berbagai langkah pencegahan sudah diterapkan saat ini, dan dapat dijadikan bekal untuk menghadapi berbagai penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *