Mengulik 6 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Manfaat Talas untuk tubuh

Anda mungkin sudah familiar mendengar nama talas, jenis umbi-umbian yang dikonsumsi masyarakat. Tanaman ini dapat tumbuh beberapa negara tropis, khususnya kawasan Asia Tenggara. Masyarakat biasanya mengolah talas menjadi olahan makanan, dan menjadi oleh-oleh wisata. Selain rasa umbi yang lezat ternyata manfaat talas bagus untuk kesehatan, karena mengandung serat dan vitamin. Penasaran apa saja kandungannya? Simak disini.

Keunggulan Mengonsumsi Talas untuk Tubuh

1. Berperan Penting untuk Pencernaan

Talas memiliki peran untuk menstimulus kesehatan, khususnya bagian lambung dan usus. Mengonsumsi jenis umbi ini membuat makanan yang masuk, dapat dicerna dan diserap oleh lambung. Membantu proses pencernaan berjalan lancar, sehingga tidak menimbulkan resiko penyakit. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi masalah pencernaan seperti produksi gas berlebihan, kembung, diare dan kram perut.

Manfaat Talas Untuk Obat Luka

2. Meminimal Darah Tinggi

Kandungan potassium dalam talas mampu mengurangi tekanan darah. Zat tersebut akan memperlancar aliran darah, dan mengikat oksigen dalam tubuh. Oleh karena itu talas baik untuk dikonsumsi, khususnya penderita darah tinggi. Para ahli kesehatan menjelaskan umbi ini dapat mengurangi stres, memperbaiki sistem kardiovaskular, dan meningkatkan fungsi kognitif. Singkatnya tanaman tropis ini dapat mencegah penyakit serius, yang masuk ke tubuh.

3. Mengatasi Masalah Penglihatan

Vitamin A memiliki kemampuan untuk membantu penglihatan, agar lebih jelas saat melihat objek. Disamping itu dapat mengurangi resiko terjadinya rabun dan katarak, yang menyerang usia dini. Antioksidan dalam talas terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin, berfungsi untuk stimulasi mata untuk menjaga jarak pandang. Selain itu membuat bola mata anda berwarna lebih jernih sempurna.

4. Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit

Memiliki kandungan vitamin A, E, dan B6 membuat talas mampu memperbaiki sel kulit. Antioksidan yang terkandung dalam talas, dapat mencegah penuaan dini. Kumpulan vitamin tersebut dapat merawat kesehatan kulit dan rambut. Apabila dikonsumsi secara rutin kulit jadi terlihat lebih bersinar, serta menghilangkan noda hitam. Khusus kulit kepala kandungan vitamin E, dapat memberikan kelembapan di suhu tertentu.

5. Meredakan Kadar Glukosa

Untuk penderita diabetes mengonsumsi talas diperlukan, untuk mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Secara tidak langsung akan mencegah perkembangan penyakit diabetes. Diimbangi dengan diet yang sehat, talas akan meredakan kadar glukosa dalam tubuh. Mengandung sumber serat yang cukup, sehingga kandungan nutrisi untuk tubuh tercukupi.

anda Jangan Sepelekan Manfaat Talas Ini

6. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Talas mempunyai kandungan vitamin B6 dan C, yang membantu produksi sel darah merah dan putih. Kedua vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga menurunkan resiko kesehatan. Ahli kesehatan menjabarkan manfaat talas, yang bisa menjadi pertahanan dari serangan berbagai penyakit. Kandungan zat besi akan melancarkan sirkulasi darah, dan memperlancar metabolisme tubuh.

Kandungan serat tidak hanya untuk menjaga kadar gula, tetapi juga memelihara kesehatan jantung. Bahkan kadar antioksidan yang dimiliki talas, sangat baik untuk mencegah risiko penyakit kanker. Antiosidan bekerjasama dengan tubuh, untuk menangkal radikal bebas. Tubuh yang terus-menerus terpapar radikal bebas, akan mengganggu berbagai fungsi organ tubuh. Sehingga dapat memicu datangnya beragam penyakit, termasuk pertumbuhan sel kanker.

Talas merupakan jenis umbi-umbian yang kurang populer, jika dibandingkan dengan kentang atau umbi lainnya. Meskipun begitu ternyata talas memiliki kandungan nutrisi dan serat, yang baik untuk kesehatan tubuh. Zat tersebut turut menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit, dan mencegah kerusakan fungsi organ. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi secara rutin, agar tubuh terlihat lebih bugar dan bebas penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *