Mengintip 6 Cara Memilih Burung Dara yang Bagus

Cara Memilih Burung Dara yang Bagus ini

Bagi pecinta burung tentunya bermimpi memiliki hewan peliharaan yang berkualitas tinggi, entah itu untuk mengikuti kontes di gantangan ataupun sekedar sebagai peliharaan yang menghiasi hunian semata. Dari sekian banyak jenis burung peliharaan, burung dara atau merpati cukup diminati oleh masyarakat. Biasanya merpati yang bagus berasal dari induk yang sudah berprestasi sebelumnya. Berikut akan diulas cara memilih burung dara yang bagus.

Cara Memilih Burung Dara Berkualitas Tinggi

1. Mata

Pertama-tama anda harus mengecek kondisi mata terlebih dahulu. Perhatikan bagian pupil yaitu bagian bulat hitam di tengah mata. Pupil mata yang sehat akan mengecil ketika merespon adanya sinar mentari berlebih yang menerpanya, serta bentuk pupilnya akan kembali seperti semula ketika tidak diarahkan ke sinar matahari. Jika ada burung yang tidak merespon sinar matahari secara cepat maka segera tinggalkan dan pilih yang lain.

Cara Memilih Burung Dara yang Bagus mata

Selain itu, anda juga harus mencari burung dara yang mempunyai cincin lingkar yang menempel pada biji matanya baik itu berwarna hijau atau yang lainnya. Carilah burung yang memiliki dua warna mata, seperti kuning tua dengan kuning muda, merah muda dengan putih atau merah dengan hijau. Satu hal lagi, cara memilih burung dara yang bagus yaitu dengan mencari mata merpati yang memiliki warna tengahnya lebih tenggelam dari warna luar.

2. Bentuk Kepala

Kemudian carilah burung dara yang memiliki kepala ukuran besar dengan bagian depannya lebih tinggi daripada bagian belakangnya. Karena banyak yang beranggapan bahwa merpati yang memiliki ciri tersebut menandakan bahwa burung tersebut lebih pintar. Selain itu, pilih juga tingkat kemiringan pangkal hidung antara 45 derajat sampai 60 derajat. Anda juga bisa memilih burung dengan tatapan tajam bak burung rajawali sebagai andalan.

3. Bulu

Bulu merpati yang sehat akan terlihat lebih berkilauan pada saat terkena sinar matahari secara langsung. Sedangkan burung yang memiliki bulu basah atau kering tidak akan menjadi masalah. Dari pengalaman pecinta burung, mengatakan bahwa merpati yang memiliki empat bulu terluar dengan selisih panjang mencolok akan stabil untuk terbang tinggi. Pada ujung bulu merpati umumnya harus tidak runcing sebagai cara memilih burung dara yang bagus selanjutnya.

4. Postur Tubuh

Seekor burung dara yang sehat akan memiliki postur tubuh bak jantung pisang yang berisi. Begitu pun sebaliknya, apabila merpati mempunyai tubuh yang kurus maka burung tersebut belum tentu sehat. Dengan tubuh bak jantung pisang tersebut, burung bisa melakukan manuver saat berada di ketinggian. Pada umumnya merpati yang berani terjun dari ketinggian ketika dipegang akan terasa berat di depannya.

Cara Memilih Burung Dara yang Bagus

5. Bentuk Paruh

Selanjutnya anda bisa memilih burung merpati yang mempunyai paruh panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh. Kemudian sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan yang paling atas. Dengan begitu, carilah burung yang mempunyai paruh runcing pada ujungnya serta tidak terlalu besar dan panjang. Karena dengan bentuk seperti itu merupakan cara memilih burung dara yang bagus serta akan membuat penampilan burung lebih cantik.

Dengan cara memilih burung dara atau merpati yang bagus di atas, tentunya bisa anda terapkan untuk mendapatkan merpati yang memiliki

kualitas terbaik

. Selain kelima itu, ada banyak hal lagi yang harus anda perhatikan sebelum membelinya. Tentunya dengan memperhatikan bagian tubuh lainnya pada burung dara tersebut. Karena hal tersebut akan mempengaruhi ketika diajak ke dalam ajang perlombaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *