Mengenal Apa Itu Blockchain Dan Pemanfaatannya Dalam Bitcoin

tempat mining bitcoin gratis bitcoin

Akhir-akhir ini kiranya banyak sekali orang yang ingin belajar blockchain, terutama mereka di kalangan millennial. Hal tersebut kemudian menimbulkan tanya dalam benak mereka yang belum tahu menahu soal apa itu blockchain. Blockchain sendiri merupakan mekanisme penyimpanan data digital yang berisi catatan-catatan yang saling terhubung melalui kriptografi. Teknologi dari blockchain sekarang ini sudah digunakan dalam berbagai sektor, misalnya sektor keuangan untuk melakukan transaksi mata uang kripto layaknya Bitcoin.

Mekanisme blockchain bisa dikatakan serupa dengan catatan transaksi elektronik yang terdiri dari banyak sekali server. Dengan teknologi tersebut, maka transaksi menjadi cenderung lebih mudah karena tidak perlu lagi adanya perantara dalam transaksi.

Secara teknis, blockchain merupakan rangkaian blok yang berisi informasi elektronik. Pada tiap blok itu mempunyai suatu komponen yang disebut dengan hash. Hash sendiri merupakan satu set karakter yang menyusun banyak sekali informasi di dalam blok.

tempat mining bitcoin gratis block chain

Contohnya, blok negara ‘Indonesia’ mempunyai informasi seperti ‘Jakarta’, ‘Indramayu’, dan ‘Bandung’. Komponen dalam hash-nya merupakan karakter yang ada pada tiga informasi tadi, contohnya JAIMBD. Sedikit intermezo, kunjungi deh tempat mining bitcoin gratis
Lanjut ya , tiap blok secara berturut-turut bakal berisi hash dari blok sebelumnya. Apabila blok yang berikutnya berisi informasi baru, contohnya ‘Cirebon’, maka hash-nya akan berubah jadi JAIMBDC. Tetapi, blok-blok yang sebelumnya akan tetap mempunyai hash yang lama yaitu JAIMBD.

Dalam jaringan blockchain, seluruh data ataupun program akan ter-aplikasi ke semua jaringan. Komputer yang tersambung ke dalam jaringan tersebut selanjutnya akan mengeksekusi program secara bersama-sama.
Apabila salah satu komputer di dalam blockchain nonaktif, maka seluruh pengguna yang tersambung juga akan terkena efeknya. Dalam artian lainnya, blockchain merupakan komputer dengan skala besar yang dibangun dari komunikasi diantara banyak komputer.

Blockchain juga pada dasarnya adalah suatu database dengan mekanisme desentralisasi. Dalam sektor keuangan, mekanisme tersebut layaknya buku kas elektronik yang bisa diakses dengan begitu mudah tanpa perlu persetujuan dari pihak ketiga yang biasanya adalah bank.

Daripada menggunakan jasa pihak ketiga sebagai sentral, blockchain lebih memilih digerakkan oleh banyak pihak yang tersambung di dalam jaringan itu. Sehingga transaksi Bitcoin dicatat di dalam suatu ‘buku kas’ di dalam sistem blockchain, tetapi ada banyak sekali pihak yang bisa mengelolanya.

Teknologi tersebut membuat semua transaksi menjadi lebih transparan dan tentu saja lebih aman dari korupsi. Di samping itu, transaksi dengan mekanisme blockchain juga cenderung lebih aman akibat potensi gangguan yang diterimanya sangat kecil sekali karena mekanisme ini tidak mudah untuk dibobol.

tempat mining bitcoin gratis

Sederhananya cara kerja dari blockchain yaitu mulai dari saat suatu blok menyimpan data yang baru. Karena seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa blockchain terdiri dari beberapa rangkaian blok. Supaya blok itu ditambahkan ke dalam blockchain, maka ada hal-hal yang mesti terjadi.

Pertama, tentu saja harus ada transaksi yang dilakukan. Kemudian transaksi tersebut harus diverifikasi dan juga disimpan di dalam blok. Barulah selanjutnya blok itu diberi hash yang akhirnya bisa ditambahkan ke dalam blokchain.
Itulah sedikit pembahasan singkat mengenai mekanisme dari blockchain dan bagaimana mekanisme tersebut diterapkan pada transaksi Bitcoin. Penjelasan di atas tentu masih jauh dari sempurna, apalagi perihal blockchain memang hal yang perlu pemahaman lebih lanjut. Itulah mengapa kiranya sekarang banyak sekali komunitas yang terbentuk guna sama-sama belajar blockchain di kalangan sesama anggota komunitas. Tidak ada salahnya bagi siapa saja yang ingin tahu lebih banyak mengenai blockchain untuk bergabung bersama komunitas-komunitas yang dimaksud itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *