Memiliki Banyak Manfaat, Yuk Intip Buah Berserat Tinggi Yang Wajib Tahu

Tubuh manusia membutuhkan serat untuk membantu sistem pencernaan serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Serat sendiri dibedakan menjadi dua yakni serat larut dan tidak larut, yang membedakan adalah mudah tidaknya dicerna. Kendati demikian, kedua serat ini tetap bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan serat dari makanan alami seperti buah buahan. Dan berikut buah berserat tinggi yang harus ada dalam konsumsi harian anda. simak ulasannya.

Mengintip Buah Yang Mengandung Serat Tinggi Paling Banyak

1. Pisang

Buah satu ini sangat mudah untuk ditemui di Indonesia dan terbilang memiliki harga yang terjangkau. Pisang merupakan penghasil serat tinggi yang sangat baik untuk tubuh. Khususnya dalam membantu masalah pencernaan dan menjaga agar tetap sehat. Tak hanya itu, kandungan vitamin dalam pisang juga melimpah. Bahkan pisang mampu untuk meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh kita dan juga baik dikonsumsi untuk anda yang sedang diet.

buah berserat tinggi Pisang

2. Apel

Kandungan serat di dalam buah apel terbilang tinggi, yakni bisa mencapai 4,4 gram untuk 100 gramnya. Tak heran jika buah satu ini sangat kondang di kalangan pelaku diet. Karena selain enak, buah satu ini juga membuat kita kenyang lebih lama. Bahkan, ada yang mengatakan jika mengkonsumsi apel satu hari setiap hari, akan menghindarkan anda dari berbagai masalah kesehatan. Sumber seratnya tak hanya bisa ditemukan di dagingnya, namun juga kulitnya.

3. Pepaya

Siapa yang tidak tahu buah pepaya? Di Indonesia buah ini mudah untuk ditemui di pasar. Tak jarang buah ini juga akan tumbuh di sekitaran rumah kita. Buah dengan rasa yang manis ini ternyata merupakan buah berserat tinggi. Dalam 100 gram pepaya, bisa mengandung serat sampai 1,3 gram. Dengan kandungan seratnya yang tinggi menjadikan buah satu ini baik untuk melancarkan pencernaan. Untuk anda yang sedang diet juga baik untuk mengkonsumsi pepaya.

4. Alpukat

Buah satu ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin dan juga asam lemak yang baik. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Setiap buahnya bisa mengandung hingga 10 gram serat. Anda juga bisa merasakan berbagai manfaat jika mengkonsumsi buah satu ini. Gangguan pencernaan, mengatasi sembelit hingga mengontrol kolesterol bisa diatasi dengan buah satu ini. Meskipun terkadang harganya melambung tinggi, namun Alpukat sangat baik untuk tubuh.

buah berserat tinggi Alpukat

5. Buah Berry

Berry yang dimaksudkan ini tidak hanya strawberry, namun juga kerabatnya seperti raspberry hingga blackberry. Buah ini termasuk dalam jajaran buah dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan vitamin C hingga antioksidan serta antikankernya sangat baik untuk tubuh. Buah berry ini bisa mengatasi diare, melancarkan aliran darah hingga menurunkan kolestrol.

6. Buah Pir

Buah dengan serat tinggi selanjutnya adalah buah pir. Buah yang memiliki bentuk unik dengan warna kekuningan ini tak hanya manis, namun kandungannya juga melimpah. Buah Pir seringkali dijadikan alternatif makanan untuk diet, hal ini karena kandungan seratnya juga membuat anda cepat kenyang. Vitamin dan mineralnya memiliki khasiat untuk mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula darah.

Semua buah buahan tentunya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Begitu juga dengan deretan buah yang memiliki serat tinggi tersebut. Sehingga tidak ada salahnya memasukkan mereka dalam menu harian untuk menunjang badan tetap sehat dan fit. Selain mengkonsumsinya secara langsung, anda juga bisa menjadikan buah buahan tersebut sebagai jus hingga campuran membuat kue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *