Market Place Mulai Ambil Peluang di Jasa Kurir

Market Place Mulai Ambil Peluang di Jasa Kurir

Market place adalah suatu tempat yang berbasis online seperti website maupun aplikasi yang menyuplai atau memberikan fasilitas transaksi jual beli dari berbagai toko yang ada di suatu negara atau seluruh dunia. Market place online ini sama halnya dengan pasar tradisional, namun dilakukan secara online. Market place dikelola oleh satu pihak yang pada dasarnya tidak bertanggung jawab atas apapun barang yang dijual oleh sang penjual.

Tugas utama dari pengelola market place adalah menyediakan tempat bagi para pemilik usaha yang ingin berjualan, serta membantu para penjual agar mendapatkan lapak untuk melakukan transaksi dengan para konsumen atau pembeli. Dengan adanya market place, transaksi jual beli dapat dilakukan dengan mudah. Market place hanya menyediakan tempat dan juga aturan main yang harus diikuti oleh para penjual. Meski begitu, transaksi jual beli tidak melibatkan pihak market place secara langsung. Pihak penjual dan pembeli lah yang melakukan transaksi dari memilih hingga membayar serta melakukan pengiriman barang. Market place banyak digunakan oleh penjual untuk berjualan dan pembeli untuk mencari barang karena lebih mudah dan nyaman saat bertransaksi.

Market Place Mulai Ambil Peluang di Jasa Kurir

Setelah mengetahui terkait dengan market place, lantas adakah hubungan antara market place dengan jasa kurir? Jawabannya tentu saja ada. Hampir seluruh market place yang ada di belahan dunia bekerjasama dengan lebih dari satu jasa kurir. Artinya, saat ini bisnis market place sudah mulai mengambil peluang di sektor jasa kurir. Keberadaan jasa kurir ini sendiri sangat penting bagi penjual-penjual yang ada di sebuah market place. Pembeli yang khususnya berada di kota-kota besar biasanya ingin mendapatkan pelayanan pengiriman ekspres dari pihak took di sebuah market place. Biasanya, para konsumen di kota-kota besar menginginkan kirim paket satu hari sampai ke tempat mereka.

Sebenarnya, jika pembeli dan penjual dari sebuah market place berada dalam kota atau wilayah yang sama, keduanya dapat melakukan sistem COD atau cash on delivery. Sistem ini berarti penjual dan pembeli membuat sebuah janji untuk bertemu dan mengirimkan barang secara langsung tanpa perantara. Namun, cara ini membutuhkan waktu dan tenaga keluangan antara pihak penjual dan pembeli. Disinilah jasa kurir akan sangat membantu dalam mengirimkan barang belanjaan atau paket yang dibeli di market place.

Saat ini, dari pihak market place sendiri sudah melakukan hubungan kerja sama dengan berbagai pihak jasa kurir. Hal tersebut guna meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan aplikasi atau web market place. Setiap market place tentu memberikan pelayanan terbaik untuk para penjual yang menggunakan market place untuk berjualan maupun untuk pembeli. Jasa kurir juga sangat diuntungkan oleh hal tersebut.

Dengan adanya market place, jasa kurir juga dapat memiliki pilihan lain selain pengantar paket pribadi atau perusahaan. Pihak jasa kurir juga sudah mendapatkan pemasukan lain dari adanya transaksi jual beli di market place. Berbagai layanan pun dikembangkan seiiring dengan adanya layanan pengantaran barang belanjaan tersebut. Kirim paket satu hari sampai, hingga pengantaran hanya dalam beberapa jam saja menjadi suatu hal yang ditawarkan oleh jasa kurir.

Meskipun saat ini sudah ada jasa pengiriman barang, bukan tidak mungkin pihak market place juga akan merambah jasa kurir tersebut ke dalam sistem mereka sendiri. Pihak market place memiliki peluang besar mengembangkan bisnisnya ke ranah jasa kurir tersebut. Jika hal tersebut benar terjadi, maka persaingan di sektor jasa kurir akan semakin ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *