Makanan Yang Berjodoh Dengan Saus Sambal

saus sambal

Sepertinya ada yang kurang apabila sedang makan sesuatu tetapi tanpa ditemani dengan saus sambal. Pasalnya kehadiran sambal dalam bentuk saus memang sudah amat sangat dekat dengan lidah orang Indonesia, karena kebanyakan suka dengan rasa pedas. Bagi yang tidak suka pedas pun ada alternatif lain yaitu menggunakan saus tomat. Jadi memang benar kiranya kalau ada orang yang mengatakan sambal saus merupakan hal yang cocok disajikan dengan segala jenis makanan.

Meski dikatakan cocok dengan segala jenis makanan dari bahan dasar apapun dan juga makanan yang berasal dari mana pun, tetapi ternyata ada beberapa makanan yang seolah benar-benar berjodoh dengan saus sambal. Maksudnya berjodoh dalam hal ini yaitu penurunan kenikmatannya akan benar-benar jauh terasa jika tanpa adanya sambal dalam bentuk saus. Berbeda misalnya dengan makanan lain yang memang agak kurang pas tanpa adanya saus sambal tetapi masih fine-fine saja jika memang tidak ada.

Bagi pembaca sekalian yang penasaran dengan makanan apa saja yang dikatakan begitu berjodoh dengan saus sambal, dalam artikel kali ini telah dirangkum informasinya. Adapun makanan-makanan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1.Kentang Goreng

Pada dasarnya semua jenis makanan yang digoreng baik itu untuk lauk maupun untuk camilan akan sangat pas disandingkan dengan saus sambal. Tetapi tampaknya kentang goreng merupakan yang paling berjodoh dibandingkan dengan gorengan lainnya. Pasalnya sajian kentang goreng, terutama yang disajikan oleh restoran cepat saji hanya akan terasa asin saja jika tidak dicocol ke dalam saus sambal. Kalaupun garam tidak digunakan seperti pada pembuatan kentang goreng rumahan, maka rasa hambar yang akan mendominasi.

saus sambal kentang

2.Steik

Makanan yang kedua ini memang agak aneh dimasukkan ke dalam daftar ini. Tetapi sadar atau tidak, meskipun steik sudah disediakan saus khusus untuknya, banyak orang yang tetap mencolek potongan daging steik mereka ke dalam saus sambal. Seolah-olah saus yang sudah disediakan khusus steik itu tetap tidak bisa melengkapi dan menambah kelezatan dari steik secara keseluruhan.

saus sambal grilled steak today tease

3.Pasta

Serupa dengan steik yang diberi saus padanya, pasta yang diberi saus juga pada dasarnya kurang sesuai penempatannya, hal ini umumnya dalam pandangan orang-orang Eropa. Tetapi karena lidah orang Indonesia yang unik maka pasta yang sebetulnya sudah memiliki rasa yang kuat seperti Bolognese, Alfredo, Aglio Olio dan Carbonara tak luput dari kehadiran sambal. Memang bagi kebanyakan lidah masyarakat kita adanya saus seolah menambah cita rasa dari pasta itu sendiri karena kesukaan terhadap rasa pedas.

saus sambal berbagai bentuk pasta

4.Burger

Kalau untuk makanan yang ini tentu tidak akan ada perdebatan tentang penggunaan saus di dalamnya. Pasalnya makanan yang satu ini memang dikenal kaya akan isian, termasuk berisi saus. Apalagi ketika dipadukan dengan mayonnaise yang creamy tentu pasti akan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

saus sambal classic american cheeseburger

Itulah kira-kira beberapa makanan yang menjadi lebih lezat dan nikmat ketika disertai dengan saus sambal. Dengan banyaknya saus sambal yang ada di pasaran sekarang ini tentu semakin memudahkan para pecinta saus. Apalagi varian yang disediakan juga mulai beragam seperti misalnya varian sambal bawang, varian sambal terasi dan ada lagi beberapa varian lainnya.

Varian apapun itu tentu tidak jadi masalah karena sama-sama dapat membuat makanan yang dilumurinnya menjadi semakin menggugah selera. Tetapi harap pastikan bahwa saus sambal yang dibeli tidak melewati tanggal kedaluwarsanya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *