Makanan Untuk Penderita Diabetes, Berikut 5 Rekomendasi Yang Wajib Anda Konsumsi

makanan untuk penderita diabetes Cara Memasak yang Paling Baik untuk Penderita Diabetes

Memilih makanan untuk penderita diabetes, memang tak boleh sembarangan. Pasalnya, penderita akan memiliki banyak sekali pantangan di dalam mengonsumsi sesuatu, terutama jenis makanan yang manis. Untuk itu, bagi anda yang menderita penyakit satu ini sebaiknya lebih memperhatikan pola makan dan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Berbagai Pilihan Makanan Yang Tepat Untuk Pengidap Diabetes

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk pasien diabetes. Hal ini dikarenakan sayuran berwarna hijau ini merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, bayam juga mengandung lutein yang cukup baik untuk orang yang mengidap penyakit diabetes. Ada berbagai macam cara untuk mengolah sayur satu ini. Dengan membuatnya sebagai sayur bayam ataupun dalam bentuk kulupan dan dicocol dengan sambal.

makanan untuk penderita diabetes jenis jenis bayam

2. Brokoli

Tak hanya mengandung gizi yang baik bagi tubuh, brokoli sendiri merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sulforaphane yang berguna untuk melindungi dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh diabetes. Sehingga, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit satu ini, bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi brokoli.

3. Ikan Laut

Ikan laut memang dikenal memiliki berbagai macam kandungan yang dibutuhhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan adanya omega 3 yang berfungsi untuk membantu kecerdasan otak. Selain itu, ikan laut sendiri dipercaya mampu menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan bagi orang yang menderita penyakit satu ini.

Ada banyak sekali ikan laut yang bisa untuk anda konsumsi. Mulai dari ikan tuna, ikan salmon, hingga sarden yang bisa anda makan. Pasalnya, jenis ikan tersebut mengandung banyak sekali gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengolahnya sendiri, maka anda bisa dengan mengukus atau mencampurnya dengan sayur. Hindari untuk mengolahnya dengan cara digoreng.

4. Nasi Merah

Tak hanya lauk atau sayur saja, makanan untuk penderita diabetes yang sangat baik untuk anda konsumsi adalah nasi merah. Meskipun nasi merupakan makanan wajib bagi masyarakat di Indonesia akan tetapi mengonsumsi terlalu banyak nasi putih ternyata harus dihindari oleh orang yang mengidap penyakit diabetes. Sehingga, anda bisa menggantinya dengan nasi merah

makanan untuk penderita diabetes nasi merah

Hal tersebut tentu saja sangat disarankan oleh ahli gizi. Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Akan tetapi, nasi merah juga mengandungan banyak karbohidrat. Sehingga akan bisa untuk mencukupi kebutuhan energi yang anda butuhkan. Untuk itu, bagi anda yang menderita penyakit ini sebaiknya mulai mengganti konsumsi nasi putih anda dengan nasi merah mulai sekarang.

5. Oatmeal

Makanan terakhir yang bagus dan disarankan untuk orang yang mengidap diabetes adalah oatmeal. Makanan satu ini dapat menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, ketika anda mengonsumsi makanan ini akan membuat anda menjadi lebih kenyang. Anda pun bisa mencampurnya dengan berbagai buah buahan seperti pisang maupun berry agar menghasilkan rasa yang lebih lezat.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan orang yang mengidap penyakit gula ini akan memiliki banyak pantangan dalam hal makanan, maka mulai saat ini anda pun mulai memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih sehat dan mampu menjalani aktifitas sepert sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *