Macam-Macam Obat Sinusitis

Memiliki penyakit sinusitis memang sangat mengganggu aktifitas terutama yang berhubungan dengan indera penciuman. Terlebih jika sudah kronis dan berlangsung selama bertahun-tahun tahun tanpa ada kontrol dokter sekalipun. Sinusitis sendiri merupakan penyakit radang hidung yang membuat penderitanya mengalami pilek atau hidung mampet dalam jangka panjang. Jika sudah kronis maka sinusitis akan menyerang bagian mata dan pelipis yang membuat kepala pusing tak tertahankan. Dalam kasus tertentu, sinusitis bahkan memberikan efek nyeri di bagian sekitar mata yang dirasakan oleh penderitnya. Nah untuk mencegah dan mengobatinya, pada kesempatan ini kita akan membahas macam-macam obat sinusitis dan cara mencegahnya.
Percaya atau tidak, Anda yang terkena sinusitis berarti Anda berada dalam lingkungan dengan udara tidak bagus. Pada umumnya penderita sinusitis adalah para karyawan yang pekerjaannya menuntut indera penciuman maksimal seperti penjual parfum, koki, atau pegawai laundry yang setiap harinya dipaksa untuk mencium bau-bau zat adiktif seperti cimikal dan racikan bumbu. Mereka tidak bisa menolak karena sudah jadi tuntutan pekerjaan sampai akhirnya mereka menderita sinusitis. Sebagian dari mereka ada yang menyadarinya dari awal dan langsung melakukan pengecekan pada dokter dan sebagian lain tidak menghiraukannya. Beruntunglah mereka yang melakukan kontrol hidung ke dokter spesialis THT karena bisa langsung terobati secara cepat. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak menghiraukan sinusitis yang sudah menggerogoti hidung mereka? Tentu saja solusinya segera melakukan pengobatan dengan berbagai macam cara.
Jika Anda juga salah satu dari sekian banyaknya orang-orang yang mengidap sinusitis, alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan kontrol pada dokter spesialis THT. Dokter spesialis THT tahu betul apakah Anda masih dalam tahap ringan atau tahap kronis. Jika masih dalam tahap ringan dengan gejala pilek atau hidung mampet tak kunjung sembuh, Anda mungkin hanya diberi obat saja. Namun jika sudah kronis seperti pilek dan mampet berkelanjutan lengkap dengan sakit kepala serta nyeri di bagian pelipis, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi kecil.
Jangan takut apabila Anda diminta untuk melakukan operasi karena ini tidak seperti yang Anda pikirkan. Operasi kecil untuk sinusitis terbilang singkat karena prosesnya tidak seperti operasi sesar atau operasi plastik. Namun jika Anda masih merasa takut dengan gunting dan berbagai macam peralatan operasi yang biasa dipakai dokter, masih ada cara lain untuk mengobatnya yakni dengan cara gurah. Gurah sendiri adalah salah satu metode untuk menyembuhkan sinusitis dengan mengeluarkan semua dahak yang ada di dalam paru-paru dan tenggorokan. Ada dua metode gurah yang biasa dilakukan oleh terapisnya yakni dengan meminum pil gurah atau menyuntikan cairan gurah.
Obat sinusitis dengan cara gurah pil adalah cara yang paling ringan karena Anda hanya perlu menelan pil gurah dan beberapa menit kemudian akan keluar dahak melalui mulut dan hidung. Metode gurah yang kedua adalah dengan cara menyuntikan cairan gurah melalui hidung yang bisa dikatakan cukup ekstrim. Banyk pasien gurah yang mengatakan bahwa cara ini lumayan menyakitkan karena hidung Anda akan dialiri carian pedas dan beberapa menit kemudian, semua dahak yang ada di tubuh Anda akan keluar. Dari dua metode gurah ini, yang paling ampuh menyembuhkan sinusitis adalah metode yang kedua yakni dengan cara menyuntikan cairan gurah lewat hidung. Jika Anda berminat untuk melakukan gurah demi menyembuhkan sinusitis, Anda bisa melakukan searching di internet mengenai tempat praktek gurah terdekat di wilayah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *