Kelebihan Zoom Dari Google Meet

tidak bisa konek internet perbandingan zoom dengan google meet

Di masa new normal seperti sekarang, aplikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Meet menjadi alat yang sangat penting bagi banyak perusahaan untuk melakukan meeting atau rapat kerja jarak jauh. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, namun Zoom jauh lebih baik meskipun kadang aplikasi Zoom tidak bisa konek internet. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Zoom.

Kelebihan Zoom Dibandingkan Google Meet

1. Mencakup Hingga 500 Orang Per Panggilan

Salah satu alasan mengapa Zoom lebih layak digunakan dibanding Google Meet adalah fakta bahwa layanan konferensi video satu ini mampu mencakup hingga 500 partisipan per panggilannya. Sementara untuk aplikasi Google Meet membatasi hanya bisa 250 orang per panggilan. Paket Zoom business memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan dengan 300 partisipan.

tidak bisa konek internet google meet vs zoom

2. Bisa Merubah Gambar Latar Belakang Sesuka Hati

Kemampuan untuk mengubah background juga menjadi salah satu alasan mengapa Zoom lebih menarik untuk digunakan. Zoom memungkinkan penggunanya untuk mengubah gambar latar belakang mereka saat melakukan panggilan. Terdapat banyak pilihan gambar latar belakang mulai dari foto kustom apapun, pegunungan hingga pantai dan pengguna bisa merubahnya sesuai dengan selera yang diinginkan.

Fitur ini mungkin tidak akan mengubah fungsi apapun dalam panggulan, akan tetapi setidaknya fitur ini sangat membantu terutama bagi mereka yang memiliki kamar atau ruangan yang berantakan namun tetap ingin terlihat bersih dan rapi pada saat meeting atau rapat. Fitur ini menjadi salah satu alasan mengapa Zoom sangat layak digunakan dibandingkan Google Meet.

3. Laman URL Yang Dapat Dikustomisasi

Pada aplikasi Zoom terutama di paket Business, pengguna akan mendapatkan akses untuk mengkustomisasi URL panggilan video mereka. Sedangkan untuk aplikasi Google Meet, pengguna akan mendapatkan URL acak yang dapat di klik pengguna lain jika ingin bergabung. Hal tersebut memang bekerja dengan cukup baik, akan tetapi kurang terlihat profesional jika dibandingkan dengan layanan yang ada di Zoom.

4. Branding Perusahaan

Terdapat aspek lain yang membuat Zoom menjadi menarik yaitu kesempatan bagi pengguna untuk melakukan branding perusahaan mereka. Pada halaman utama dimana pengguna lain akan bergabung ke dalam panggilan, maka pengguna dapat menambahkan branding untuk perusahaan atau bisnis mereka. Hal itu dapat membantu pengguna untuk mendapatkan pengalaman keseluruhan yang lebih baik.

tidak bisa konek internet Zoom vs Google Hangouts

5. Integrasi Email Yang Lebih Baik

Ketika pengguna tidak berada dalam panggilan video untuk rapat atau semacamnya, maka besar kemungkinan bahwa pengguna sedang mengerjakan pekerjaan lain via email. Dalam hal ini, Zoom bisa membantu pengguna melalui fitur integrasi email. Apapun level keanggotaan Zoom yang dimiliki oleh pengguna, maka hal itu tidak akan berpengaruh karena semua level memiliki integrasi penuh untuk Outlook, Gmail dan yang lainnya.

Baru-baru ini, Google Meet memang menyematkan dukungan integrasi serupa dengan Zoom yaitu untuk Gmail, namun ini adalah sesuatu yang telah lama ditawarkan oleh Zoom sehingga pengguna lebih banyak menggunakan Zoom karena tersedia lebih banyak platform email. Selain itu, fitur ini juga sudah ada di aplikasi Zoom sejak lama sebelum Google Meet juga menyematkannya.

Itulah beberapa ulasan mengenai kelebihan Zoom jika dibandingkan dengan Google Meet. Meskipun permasalah yang sering terjadi pada Zoom yaitu tidak bisa konek internet namun kekurangan tersebut sudah bisa tertutupi oleh beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, Zoom juga memiliki paket gratis yang mampu mencakup hingga 100 partisipan sehingga tak heran jika Zoom lebih banyak digunakan dibandingkan Google Meet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *