Kelebihan dan Kekurangan Asuransi, Simak Dulu!

Jenis asuransi ada banyak dan produknya pun sangat banyak. Asuransi pada hakikatnya hadir untuk mengemban misi sosial dan sekaligus misi ekonomi yang hadir untuk berjaga – jaga jika terjadi sesuatu di kemudian hari.
Asuransi memang memberikan banyak manfaat. Akan tetapi sama dengan produk lainnya, kelebihan dan kekurangan asuransi pasti saja ada. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan asuransi itu sendiri? Berikut kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda!
Kelebihan dan Kekurangan Asuransi
Mengenai kelebihannya, dengan memiliki asuransi tentu Anda akan dapatkan manfaat berikut ini :
Membantu dalam mengelola keuangan
Asuransi memiliki beban premi yang wajib untuk dibayarkan setiap bulan atau bahkan setiap tahunnya. Semua itu tergantung kesepakatan di awal antara pihak penanggung dengan tertanggung. Besaran dari premi sendiri disesuaikan dengan produk asuransi yang diambil, tergantung juga kebijakan perusahaan asuransinya seperti apa.
Secara tidak langsung, adanya tanggung jawab premi membantu Anda menyisihkan sekian persen pendapatan untuk membatasi Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang konsumtif yang tidak berguna. Dengan begitu Anda akan belajar tentang bagaimana cara yang tepat dalam mengelola keuangan secara bijak.
Membantu memindahkan resiko
Memiliki asuransi sama saja dengan Anda memindahkan resiko ke perusahaan asuransi. Dengan melakukan pembayaran premi yang relatif lebih kecil dibandingkan kerugian resiko sehingga menjadikan ketika terjadi resiko, Anda bisa melakukan klaim kepada perusahaan terkait.
Besaran klaim yang akan dibayarkan oleh sebuah perusahaan asuransi sendiri tentu akan disesuaikan dengan perjanjian yang sudah diinformasikan atau disepakati di awal. Sehingga ketika terjadi resiko, klaim akan dibayarkan sesuai perjanjian juga.
Asuransi sebagai tabungan di kemudian hari
Ketika Anda masih berada di usia produktif, itu artinya Anda harus mengoptimalkan diri untuk bekerja sekeras mungkin. Anda harus mulai memiliki pendapatan sendiri dan mengelola pendapatan dengan bijak.
Salah satu bentuk pengelolaan keuangan secara bijak yang bisa Anda lakukan adalah dengan ikut program asuransi sebagai bentuk recovery atas kehidupan Anda di usia setelah masa produktif usai. Dana asuransi ini juga akan menjadi dana persiapan untuk masa depan Anda dan keluarga nantinya sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan sebuah ketidakpastian di masa yang akan datang.
Akan tetapi selain memberikan banyak manfaat, asuransi juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan asuransi terdiri atas :
Dana akan hangus jika berhenti di tengah jalan
Dalam asuransi terdapat sistem dana hangus. Sistem ini akan berlaku jika nasabah tidak dapat membayar premi asuransi di tengah jalan. Inilah salah satu hal yang menjadi kekurangan dari asuransi. Jadi nasabah yang macet melakukan pembayaran tidak memiliki hak mengajukan refund karena hal ini sudah merupakan perjanjian di awal.
Dana premi akan masuk sebagai keuntungan perusahaan
Perlu Anda tahu juga bahwa dana premi yang dibayarkan oleh nasabah, secara langsung akan menjadi keuntungan perusahaan secara otomatis. Hal ini memang terkesan tidak adil karena timpang antara nasabah dan perusahaan walau memang nantinya nasabah dapat mengklaim dana yang sudah dibayarkan ketika terjadi resiko sesuai dengan apa yang telah disepakati.
Ruang lingkup pengajuan klaim sangat terbatas
Sesuai dengan perjanjian, harusnya perusahaan membayar klaim sejumlah kesepakatan di awal. Akan tetapi sayangnya tidak semua resiko akan ditanggung perusahaan asuransi. Misalkan jika Anda memiliki fire insurance akan tetapi kerusakan terjadi karena gempa, maka klaim tidak bisa diajukan secara otomatis karena penyebab kerusakan bukanlah yang diasuransikan.
Itulah beberapa aspek yang menjadi kelebihan dan kekurangan asuransi. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *