Jangan Panik, 7 Bahan Rumahan ini Bisa Digunakan Untuk Obat Disengat Tawon

obat disengat tawon Efek Disengat Lebah pada Tubuh

Bagi anda yang pernah mengalami disengat lebh tentu akan merasakan sakit yang menusuk dan menimbulkan rasa gatal. Parahnya sengata lebah ini bisa mengancam jiwa manusia karena bisa menimbulkan pembengkakan lidah dan tenggorokan sulit bernafas, mual dan muntah hingga hilang kesadaran. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan bahan rumahan sebagai obat disengat tawon. Mari simak ulasan selengkapnya.

Bahan Untuk Mengobati Sengatan Tawon

1 Pasta Gigi

Beberapa orang mengatakan jika pasta gigi bisa dijadikan salah satu obat alternatif untuk mengatasi racun pada lebah. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, yaitu cukup dengan mengoleskannya pada bagian yang tersengat dan mendiamkannya selama beberapa menit. Meskipun akan terasa panas, anda harus menahan untuk menggaruknya.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang dipercaya untuk dapat menenangkan kulit yang tersengat lebah. Tanaman ini juga tergolong mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus sehingga bisa ditanaman di halaman rumah. Apabila anda memiliki tanaman lidah buaya, gunakanlah sebagai obat untuk sengatan lebah. Caranya dengan meremas atau mengeluarkan gel dan mengoleskannya secara langsung ke bagian yang sakit.

3. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu untuk proses percepatan luka, rasa sakit dan gatal gatal. Bahan yang terkenal dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya juga bisa digunakan untuk obat disengat lebah. Penggunaan madu sebagai obat sengatan lebah ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit madu pada bagian yang luka dan biarkan hingga satu jam.

Obat Disengat Tawon yang Ampuh dan Wajib Dicoba itu

4. Soda Kue

Siapa yang menyangka jika soda kue memiliki manfaat yang bagus untuk mengobati luka akibat sengatan tawon. Cara penggunaanya pun mudah cukup dengan mencampurkan soda kue dan air dan oleskan pada area sengatan lebah. Setelah itu tutup olesan tersebut dengan perban dan biarkan selama 15 menit dan tunggu hingga mengering. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan sehingga keadaan benar benar membaik.

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah salah satu minyak yang memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk menyembuhkan luka. Antiseptik dalam pohon teh juga bisa digunakan sebagai obat disengat tawon yang efektif. Caranya cukup dengan mencampurkannya dengan minyak lain yang terkandung di dalamnya seperti zaitun atau minyak kelapa. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena sengatan.

6. Cuka Apel

Bahan rumah yang mudah ditemukan dan bisa digunakan untuk mengobati luka akibat sengatan adalah cuka apel. Bahan alami ini bisa membantu untuk menetralkan racun bagi orang yang terkena sengatan lebah. Cara penggunannya adalah rendam atau kompres bagian yang tersengat lebah dengan cuka sari apel dam diamkan selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk menetralkan rasa sakit dan mengeluarkan racun lebah.

7. Minyak Lavender

Sudah banyak yang tahu jika minyak lavender memiliki kemampaun sebagai anti inflamasi yang dapat membantu untuk meringankan pembengkakan akibat gigitan serangga. Cara penggunaanya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan minyak lavender dengan baik lain kemudian dioleskan pada bagian yang terkena sengatan tawon.

Saat terkena sengatan lebah, usahakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Cobalah ambil beberapa bahan bahan alami yang kiranya bisa menyembuhkan luka sengatan. Anda bisa mengambil pasta gigi, garam, cuka apel atau madu yang mudah dan tersedia di rumah. Dengan memberikan pengobatan secara berkala luka bekas sengatan akan segera sembuh dan tidak merasakan gatal seperti pertama kali terkena sengatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *