Jangan Asal, Simak 5 Tips Memilih Kelapa Santan Untuk Mempertahankan Nilai Gizi

kelapa santan Kelapa Indonesia Diminati Dalam dan Luar Negeri

Santan adalah bahan masakan yang diolah dari kelapa tua. Santan sendiri identik dengan fungsinya untuk memberi rasa gurih pada setiap makanan. Sayangnya, tak banyak yang tahu cara memilih santan kelapa yang benar agar nilai gizinya tidak berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, mari simak cara memilih kelapa untuk santan dalam ulasan berikut ini.

Tips Memilih Kelapa Terbaik Untuk Membuat Santan Agar Tetap Sehat

1. Pilih Jenis Kelapa Yang benar

Pada umumnya, santan terbuat kelapa jenis tua karena memiliki daging yang lebih tebal dan keras. Pembuatan santan dengan kelapa muda tidak akan berhasil, sebab dagingnya yang terlalu lunak tidak mampu mengeluarkan cairan putih kental bernama santan. Sebaliknya, kelapa muda lebih sering dikonsumsi langsung bersama dengan campuran jeruk atau gula cair.

kelapa santan Misteri Air Kelapa Muda

2. Pilih Santan Dengan Aroma Yang lebih Khas

Guna mengetahui tingkat kesegaran santan, maka bisa diketahui dari aromanya. Santan yang dibuat dari kelapa segar memiliki aroma lebih khas dan sangat berbeda dengan santan yang sudah tidak segar. Biasanya, santan segar memiliki aroma yang gurih. Apabila santan tersebut beraroma aneh misalnya apek, maka anda harus berhati hati.

Jangan sampai anda salah membeli santan beraroma apek yang rasanya sudah masam. Bisa jadi, santan tersebut sudah kadaluwarsa. Penggunaan santan yang sudah basi tentu akan berpengaruh pada cita rasa masakan. Tak hanya itu, menggunakan santan basi juga akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, hindari pemilihan santan yang berbau aneh.

3. Ketahui Bagaimana Cara Pengolahannya

Sebelum memilih buah kelapa santan, anda perlu mengetahui bagaimana proses pengolahannya. Santan yang baik haruslah diolah di rumah agar kesegaran dan kebersihannya tetap terjaga. Sebagai langkah awal, bersihkan buah kelapa dengan menggunakan sikat khusus. Pastikan kotoran yang menempel benar benar hilang.

Setelah mencuci anda harus langsung mengolah kelapa tersebut. Sebab, kelapa yang sudah dibersihkan tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Kemudian, parutlah buah kelapa dengan parutan khusus untuk mendapatkan santan. Anda bisa memeras parutan santan atau di blender untuk menghasilkan cairan santan alami.

4. Perhatikan Tempurung Kelapa

Perlu anda tahu, bagian cangkang atau tempurung kelapa cenderung memiliki sifat lebih mudah busuk. Kelapa yang sudah busuk ditandai dengan kemunculan jamur hijau di sekitar tempurungnya. Ketika dibuka, air dalam kelapa akan berwarna keruh dan rasanya asam. Baunya pun sangat aneh.

kelapa santan Tempurung

5. Pilih Santan Instan

Berkat kemajuan teknologi, kini hadir santan instan yang dapat memudahkan anda untuk memasak. Santan instan sudah terjamin mutu dan kualitasnya, karena dalam pengolahannya tidak terkontaminasi oleh tangan manusia. Hal demikian membuktikan bahwa santan kelapa instan lebih terjaga kebersihannya dan tingkat gizinya masih utuh terjaga.

Tak hanya kebersihan yang terjamin, nilai gizi yang terkandung dalam sari kelapa juga tetap terjaga. Meski praktis dan instan, rasa masakan yang menggunakan santan instan kemasan juga masih sangat lezat. Bahkan, anda bisa membuat aneka jenis masakan kuah santan dalam satu waktu. Hal ini dapat terjadi karena sifat santan instan yang sangat praktis.

Hampir semua masakan Indonesia didominasi oleh santan. Sayangnya, untuk mendapatkan santan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Diperlukan proses rumit yang mengharuskan seseorang untuk memarut dan memeras santan secara manual. Namun, berkat adanya santan instan kini semua orang dapat membuat aneka menu makanan kuah santan secara mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *