Inovasi Terbaru BRI di Era Digital 4.0

API pembayaran online Cek Mutasi BRI

BRI atau Bank Rakyat Indonesia adalah bank nomor satu di negara maritim ini. Pengguna BRI sangat bervariasi mulai dari anak muda sampai orang tua. Mengapa memilih BRI dari pada bank lain? Kantor cabang BRI mudah ditemukan dimana-mana. Selain itu, pelayanannya juga cepat dan ramah. ATM BRI juga mudah ditemukan.

Mulai dari di pom bensin, supermarket, hingga ATM center. BRI selalu memikirkan kemudahan pelanggannya untuk bertransaksi dengan resiko seminimal mungkin. Era digital mengalami perkembangan yang signifikan. Hal tersebut bisa dilihat dari kemudahan manusia melakukan transaksi yang hanya menggunakan smartphone saja. BRI sebagai bank yang memikirkan keefisienan transkasi pelanggannya juga tidak henti-hentinya membuat inovasi. Salah satu inovasi BRI yang diluncurkan di era digital 4.0 adalah BRIAPI.

BRI Teknologi Logo BRI API pembayaran online

BRIAPI adalah sebuah pemrograman aplikasi antarmuka atau dalam bahasa inggris disebut dengan Application Programming Interface (API). Layanan ini menyambungkan pihak ketiga dengan BRI. Tujuan diciptakannya BRIAPI adalah supaya mempermudah transkasi perbankan yang dibutuhkan oleh perusahaan ataupun institusi. Dengan terciptanya layanan ini, diharapkan antara pihak ketiga dan nasabah BRI mampu melakukan transaksi lebih cepat, efisien, dan aman. API pembayaran online ini memiliki tujuan untuk menghubungkan antara pihak ketiga dan bank sehingga tercipta transaksi yang lebih mudah. Sejak munculnya gagasan ide BRIAPI telah melewati banyak tahap revisi. Hal tersebut dilakukan guna meluncurkan layanan yang tepat sasaran. Dasar utama revisi-revisi tersebut didapat dari beragam permasalahan pebisnis yang terjadi. BRI tidak hanya mengembangkan bisnis API saja, namun juga mempunyai mindset dan mottor untuk selalu memberikan solusi atas tantangan atau masalah yang dihadapi pebisnis. Oleh karena itu, BRIAPI terbuka atas kritik dan saran serta selalu siaga mendengarkan kebutuhan pelanggannya.

API pembayaran online

Siapa sajakah yang bisa mengakses BRIAPI? Seperti yang sudah dijelaskan, BRIAPI menghubungkan antara pihak ketiga dan BRI. Sehingga, siapapun yang memiliki kedudukan sebagai pihak ketiga bisa mengakses BRIAPI. Contoh pihak ketiga yang dimaksud di sini bisa berupa sekolah, PDAM, pemerintah, universitas, rumah sakit, perusahaan, startup, dan lainnya. Apakah anda tertarik mendaftar sebagai pengguna? Jika jawabannya adalah iya, cara pendaftarannya juga sangat mudah. Pertama-tama buka situs developers.bri.co.id pada browser anda. Selanjutnya, di sisi kanan atas terdapat tulisan register, klik tulisan tersebut. Kemudian anda akan diarahkan untuk mengisi informasi yang dibutuhkan seperti nama lengkap, e-mail, dan password. Setelah mengisi semuanya, anda perlu mengaktifkan user ID. Caranya buka e-mail yang anda daftarkan, buka e-mail masuk dari briapi@work.bri.co.id dan klik link dalam email tersebut. Langkah yang terakhir adalah sign in di aplikasi BRIAPI. Anda sudah terdaftar dalam layanan tersebut.

Dengan bergabung pada layanan BRIAPI anda akan mendapat banyak keuntungan secara cuma-cuma. Beberapa diantaranya adalah anda tidak perlu repot beranjak antau mengantri untuk menyelesaikan transaksi. Cukup dengan smartphone dan koneksi internet saja. API pembayaran online adalah solusi untuk mempermudah transaksi anda. Karena menghubungkan antara pihak ketiga dengan BRI, nasabah BRI bisa menyelesaikan transaksi dengan mudah. Misalnya, ketika anda harus membayar tagihan PDAM, anda tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengambil nomor antrian. Cukup dengan membuka aplikasi BRIAPI anda bisa langsung membayar tagihan PDAM. Sangat praktis bukan? Tidak hanya itu, BRIAPI juga bisa digunakan untuk membayar tagihan lainnya seperti SPP sekolah dan universitas hingga tagihan rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *