Ini Dia Ranking Provider Seluler Indonesia 2019

tau provider terbaik di Indonesia ini

Semua provider seluler yang berkembang di Indonesia terus bersaing untuk bisa menjadi penyedia jaringan terbaik dan paling unggul dibandingkan yang lainnya.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh OpenSignal pada tahun 2019 lalu, Telkomsel kembali didapuk sebagai provider terbaik di Indonesia. Analisis tersebut mencakup lima provider seluler yang digunakan oleh masyarakat Indonesia secara umum, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison Tri, dan Smartfren.

Analisis yang telah dilakukan oleh OpenSignal dibuat ke dalam lima kategori yang terdiri atas ketersediaan 4G, Pengalaman video, Kecepatan Download, Kecepatan upload, serta latensi yang dimiliki oleh setiap provider seluler. Hasil analisis yang telah dilakukan tersebut, Telkomsel sukses mempertahankan dominasi yang dimiliki olehnya sebagai provider terbaik di indonesia. Mereka sukses mendominasi di empat kategori dan menjadi provider yang lebih unggul dari provider lainnya.

Keunggulan yang diraih oleh Telkomsel sebagai provider seluler terbaik terdapat pada pengalaman video, kecepatan download, kecepatan upload, dan juga latensi. Satu kategori lainnya tentang ketersediaan 4G berhasil diraih oleh Smartfren.Tiga operator lainnya seperti Tri, Indosat, dan XL nampaknya belum bisa menunjukan aksinya terlalu banyak dalam analisis tersebut.Meski demikian, OpenSignal juga menemukan perkembangan yang lebih baik dari ketiga provider tersebut jika dibandingkan dengan analisis yang dilakukan pada tahun 2018.

Meskipun Tri, Indosat, dan XL tidak dapat menerima penghargaan apapun pada tahun 2019, namun performa yang mereka miliki sudah sangat baik ketika diamati pertumbuhannya. Pada kategoi kecepatan download dan upload, sebenarnya terjadi persaingan yang cukup ketat antara Telkomsel dan juga XL. Akan tetapi Telkomsel pada akhirnya memenangkan persaingan dua katergori tersebut secara langsung dengan rara-rata kecepatan download mencapai 9,8 Mbps dan kecepatan upload 3,7 Mbps.

mau tau provider terbaik di Indonesia Apa itu internet marketing

Hasil analisis ini cukup unik karena satu kategori tersisa terkait dengan Ketersediaan 4G berhasil diraih oleh Smartfren. Provider yang merupakan bagian dari Sinar Mas Group tersebut berhasil menjadi provider Indonesia pertama yang mampu melampaui nilai 95% dalam metric ketersediaan 4G menurut analisis yang dilakukan oleh OpenSignal. Sementara 4 provider yang lain hanya mampu mencapai nilai kisaran 80% saja.

Sementara itu, dari kategori Pengalaman Video tak ada satu provider pun yang bisa mencapai peringkat baik.Hal tersebut dikarenakan kelima provider seluler yang ada di Indonesia tersebut semuanya hanya bisa mencapai rentang 55-65 poin saja. Telkomsel berhasil mengungguli para kompetitornya yang lain dengan raihan 54,3 poin yang masih ke dalam peringkat cukup. Dari analisis ini juga dapat diketahui bahwa dalam hal pengalaman video sendiri Indonesia ini berada di posisi 10 negara terbawah.Sehingga para provider harus meningkatkan lagi kategori pengalaman video untuk lebih baik lagi.

Saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. Hal tersebut dikarenakan kini berbagai aktivitas mulai memanfaatkan apa yang namanya internet. Mulai dari bisnis hingga dalam kehidupan sehari-hari.Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap media sosial juga menjadi salah satu alasan mengapa internet di Indonesia sangatlah di butuhkan oleh sebagian besar masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan kini semua kegiatan mulai ketergantungan dengan yang namanya internet.Hal inilah yang membuat provider-provider yang ada di Indonesia terus meningkatkan kinerjanya untuk terus mengembangkan pelayanan kepada masyarakat luas agar bisa mendapatkan koneksi internet tercepat dan juga termurah.Oleh sebab itu mereka sering kali memperkenalkan berbagai penawaran menarik untuk memikat hati para pelanggannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *