Ini Dia Provider Yang tetap OK di Daerah Pedalaman

cara pilih paket internet berlangganan paket internet telkomsel

Internet merupakan salah satu teknologi komunikasi yang sangat penting dalam komunikasi dan bidang lain. Internet dapat menghubungkan orang-orang yang berada pada tempat yang berjauhan dengan sangat cepat. Selain itu, internet juga menjadi salah satu sumber informasi yang paling cepat dan lengkap.

Internet juga diaplikasikan untuk menungjang beberapa aspek kehidupan seperti kesehatan, pemerintahan (mengumpulkan data masyarakat), serta pendidikan. Sekarang, kehidupan masyarakat tidak bisa dilepaskan dari adanya internet. Akan tetapi, bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman, layanan internet menjadi sangat terbatas atau sama sekali tidak ada. Minimnya atau tidak adanya ketersediaan jaringan dan tower komunikasi membuat sinyal internet yang ada di pedalaman menjadi sangat lemah atau bahkan menipis. Oleh karena itu, banyak masyarakat pedalaman yang belum bisa menikmati layanan internet secara utuh. Selain itu, bagi masyarakat kota yang sedang bertugas di pedalaman, mereka juga membutuhkan layana internet untuk membantu kinerja mereka. Sehingga, dibutuhkan suatu layanan internet yang tetap stabil dan bisa digunakan di daerah pedalaman.

Cermat Pilah Pilih Paket Internet untuk Kepuasan Berselancar di Dunia Maya

Untuk mengatasi masalah ketersediaan layanan internet di daerah pedalaman, diperlukan suatu teknologi yang bisa mengembangkan sinyal internet di daerah pedalaman. Salah satunya adalah internet satelit. Sama seperti namanya, teknologi ini berbasis jaringan internet yang menggunakan fasiltas satelit sebagai media yang mampu mentransmisikan sinyal. Internet satelit dikembangkan sebagai teknologi tanpa kabel atau lebih dikenal sebagai tenologi wireless. Jaringan internet ini mendayagunakan satelit yang ada di luar angkasa. Alhasil, satelit ini mempunyai jangkauan area yang sangat luas. Sehingga, dapat digunakan untuk menjangkau daerah pedalaman yang kesulitas dijangkau dengan teknologi non satelit. Terminal yang dapat menerima dan mengirimkan data dari dan ke satelit disebut dengan Very Small Aperture Terminal (VSAT). Desain dari VSAT adalah sebuah alat yang dilengkapi dengan antena. Hal ini memungkinkan VSAT untuk dapat menerima dan mengirimkan data dengan VSAT yang lain.

Provider yang menggunakan internet satelit juga menyediakan beberapa paket internet. Masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman dapat pilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Paket internet yang ditawarkan bervariasi bergantung pada jenis paket. Misalnya, paket internet yang terdiri dari hanya kuota reguler. Kuota tipe ini bisa digunakan selama 24 jam penuh. Selain itu, tersedia juga paket internet yang terdiri dari kuota reguler dan kuota midnight yang hanya bisa digunakan dalam waktu tertentu, misalnya pukul 00.00 – 05.00. Selain itu, harga paket internet juga bergantung pada daerah yang dituju. Semakin jauh daerah dari kota, harga paket internet juga semakin mahal. Sebagai contoh, harga paket internet kuota reguler 7GB di Manado dengan kuota reguler 7GB di Jayapura berbeda. Karena letak Jayapura yang lebih jauh, harga paket internet di Jayapura menjadi lebih mahal. Untuk itu, perlu dipertimbangkan kebutuhan masyarakat saat pilih paket internet yang sesuai.

pilih paket internet Kuota Keluarga Telkomsel

Secara keseluruhan, internet satelit menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi masalah ketersediaan internet di masyarakat pedalaman. Selain itu, internet satelit juga memiliki beberapa manfaat. Biaya pemasangan internet satelit relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat. Selain itu, pemasangannya juga cepat sehingga masyarakat dapat menikmati internet secara nyaman. Kecepatan bit akses dan bandwith dari internet satelit juga relatif tinggi. Sehingga, walaupun internet satelit digunakan di daerah pedalaman, tidak akan menganggu kenyamanan pengguna dalam mengakses internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *