Ini Dia Langkah-Langkah Mendaftarkan Merek Dagang?

Ini Dia Langkah-Langkah Mendaftarkan Merek Dagang ini

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membaangun sebuah bisnis? Atau Anda bahkan sudah memulai suatu bisnis pribadi Anda? Jika Anda sedang menjalankan bisnis tentu Anda berbagai hal yang harus Anda persiapkan. Salah satu hal yang harus Anda siapkan dari awal adalah soal merek.

Merek ini sangat penting agar banyak orang dapat mengenali bisnis yang Anda geluti. Jika Anda berbisnis franchise atau bahkan waralaba, Anda tidak perlu repot untuk memikirkan merek yang akan Anda gunakan. Lain halnya jika Anda berbisnis dengan menggunakan merek Anda sendiri. Anda harus membuat merek tersebut bahkan mendaftarkannya untuk dapat mulai berbisnis. Berikut Adalah Hal-Hal Yang Harus Anda Siapkan Jika Anda Ingin Mendaftarkan Merek Dagang

1. Penelusuran Merek

Langkah pertama jika Anda ingin mendaftarkan merek Anda adalah dengan menelusuri merek dagang terlebih dahulu. Penelusuran inu berguna untuk menghindari ditolaknya merek yang Anda sodorkan karena merek yang Anda buat telah terdaftar atau dimiliki pebisnis lain.

Di era digital ini, Anda bisa melakukan penelusuran merek dagang dengan sangat mudah. Anda bisa menelusurinya dengan bantuan mesin pencari. Untuk informasi yang lebih lengkap kini Anda dapat mengaksesnya dengan mengunjungi website www.dgip.go.id. Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan atau hal-hal yang belum Anda pahami terkait pendaftaran merek dagang. Biaya pendaftaran merek ini sebesar Rp. 2000.000

Ini Dia Langkah-Langkah Mendaftarkan Merek Dagang

2. Persyaratan Pengajuan Permohonan

Jika Anda telah memastikan merek Anda dapat digunakan atau tidak ada merek yang sama. Anda harus menyiapkan hal-hal berikut.

• Pertama soal Pemohon yang diajukan oleh perusahaan maupun perorangan. Anda akan diminta untuk mengisi biodata seperti Nama Anda, alamat serta status kewarganegaraan.

• Anda juga harus menyiapkan 30 Contoh merek berukuran maksimal 9 x 9 cm, sedangkan minimal 2 x 2 cm

• Anda juga harus Menyiapkan daftar barang atau jasa yang akan Anda beri merek

• Anda juga harus menyiapkan Surat Pernyataan kepemilikan dari pemohon

• Jangan lupa untuk menyertakan Surat Kuasa jika memang diperlukan

• Siapkan pula Fotokopi KTP pemohon

• Dan Fotokopi NPWP bagi pemohon perusahaan.

Dengan menyiapkamn segala-hal-hal di atas sedari awal, Anda jadi tidak perlu ribet bahkan harus menyiapkan ulang ketika Anda melakukan pendaftaran merek tersebut. jadi, pastikan Anda menyiapkan hal-hal diatas dengan l;engkap.

3. Prosedur Pendaftaran Merek

Untuk prosedur pendaftaran merek sendiri dibagi menjadi dua. Salah satu prosedurnya adalah melalui pengajuan merek oleh pemohon secara langsung, nantinya pendaftaran akan terlebih dahulu melalui proses verifikasi oleh Ditjen HKI.
Nantinya Pemohon akan melakukan pengisian formulir serta syarat lainnya. mengisi formulir pendaftaran merek dengan berbagai syarat lainnya yang harus dipenuhi seperti surat keterangan hingga akhirnya terbitlah surat keterangan dari merek Anda.

4. Pemeriksaan Formalitas dan Pemeriksaan Substantif

Nantinya Anda juga akan menerima pemeriksaan formalitas dan akan melalui pemeriksaan substantif. Saat menjalani pemeriksaan formalitas, Anda harus memastikan seluruh persyaratan telah Anda penuhi. Pemeriksaan lain yang harus Anda lalui adalah pemeriksaan Substantif. Pemeriksaan ini akan dilakukan dengan jangka waktu paling lama 9 bulan.

5. Pengajuan Keberatan

Jika ternyata hasil ditjen HKI membuat Anda merasa tidak puas, Anda bisa mengajukan keberatan. Anda bisa mengajukan keberatan dalam jangka waktu 2 bulan. Lewat dari 2 bulan Anda tidak bisa mengajukannya.

Itulah langkah-langkah mendaftarkan merek dagang yang harus Anda ketahui. Pastikan pula Anda telah menyiapkan biaya pendaftaran merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *