Hampir Sama, Simak Keuntungan Switch Network Dibandingkan dengan HUB

Keuntungan Network Switch port

Switch merupakan suatu perangkat keras yang bekerja pada sebuah jaringan komputer dengan menjalankan penghubung yang tidak terlihat banyak jaringan dengan penggantiannya yang sesuai dengan alamat MAC. Switch sendiri memiliki fungsi sebagai pengelolaan jalur yang di peroleh pasa suatu jaringan di komputer. Switch memiliki tugas untuk mengirimkan suatu kiriman data agar sampai ke tujuan melalui media yang tepat. Switch ini tadi juga bertugas untuk mencari lalu lintas paling baik serta optimum dan juga menentukan transmisi kiriman data yang tujuannya efektif.

Switch sendiri sebenarnya merupakan perkembangan dari HUB. Maka sudah tidak mengherankan lagi bahwa fitur yang di persembahkan oleh dua benda ini hampir mirip. Walaupun Switch lebih mahal jika dibandingkan dengan HUB, Switch memiliki beberapa kelebihan yang tidak terdapat pada HUB. Simak beberapa Keuntungan Network Switch dibandingkan dengan HUB dibwah ini :

1.Kecepatan transfer data

Dibandingkan dengan HUB, Switch memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik. Maka sudah tidak mengherankan lagi jika sekarang terdapat banyak orang yang menggunakan Switch sebagai jaringannya. Kecepatan transfer data yang dimiliki Switch ini bisa terjadi karena Switch terdeteksi mampu melakukan prioritas transmisi data dari mac address yang akan dituju, dimana hal ini bisa menjadikannya mampu mentransmisikan paket data lebih cepat daripada HUB yang di ketahui hanya bisa meyebarkan paket data ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya saja.

Keuntungan Network Switch nilai

2.Sistem transmisi

Pada sistem transmisi nya, para pengguna bisa merasakan keuntungan Network Switch, karena Switch lebih spesifik. Switch sendiri mentransmisikan paket data sesuai dengan request dari komputer yang membutuhkan paket data inin tadi, sedangkan HUB sendiri mentrasmisikan seluruh paket data yang masuk ke komputernya dan selagi terhubung dengan jaringannya.

3.Keamanan

Keuntungan Network Switch lainnya dalam pengguanaannya dibandingkan dengan HUB adalah tingkat keamanan nya yang tinggi. Switch memiliki sistem seleksi berupa MAC address terhadap komputer yang terhubung dengannya. Hal ini memungkinkan di blok nya MAC Address jika menimbulkan masalah pada jaringan.

4.Manageable atau Setting Jaringan

Ketika HUB tidak bisa melakukakn setting terhadap perangkat yang terhubung ke jaringan, Switch bisa melakukannya. Switch bisa di setting untuk melakukan pem blokiran terhadap komputer/ mac address yang sekiranya di rasa dapat menganggu tranmisi data. Switch ketika dipakai dirumah yang mana termasuk jaringan kecil, maka penggunaannya tidak memerlukan setting yang ribet. Pengguna hanya cukup untuk mencolok kabel LAN langsung ke switch. Sedangkan untuk jaringan yang lebih besar, seperti contoh di kantor atau warnet, maka membutuhkan managed switch yang pada umumnya di setting dengan membuat Virtual LAN atau VLAN untuk men-setting kecepatan host, port, filter mac adress dan lain- lain.

5.Letak pada Lapisan OSI Layer

Dalam hal ini, HUB bekerja pada Physical Layer yang merupakan lapisan OSI Layer pertama. Sedangkan Switch sendiri melakukan kerjaannya pada Data Link, yang mena merupakan lapisan OSI layer kedua.

6.Beban kinerja terhadap jaringan

Apabila kita lihat dari sistem kerjanya, HUB memiliki beban kerja yang tidak terlalu dan rumit, di lain hal, Switch mempunyai beban kerja yang lebih kompleks di bandingkan dengan HUB.

Demikianlah beberapa keuntungan Network Switch dalam penggunaannya jika dibandingkan dengan HUB. Salah satu hal yang terkadang menjadi pertimbangan oleh beberapa orang adalah perbedaan harganya, Switch memiliki harga yang agak lebih mahal ketimbang HUB. Hal ini sebenarnya wajar- wajar saja, karena Switch memang menawarkan kelebihan fungsi dan keamanannya tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *