Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Modifikasi Motor Custom

Modifikasi Motor Custom

Modifikasi motor kiranya sudah menjadi hobi yang banyak ditekuni oleh banyak sekali orang sekarang ini. Terbukti dengan banyaknya muncul bengkel-bengkel modifikasi motor, terutama di kota-kota besar. Dengan banyaknya style atau gaya modifikasi motor yang ada sekarang ini, tidak mengherankan kiranya jika di jalan raya banyak sekali ditemukan hasil modifikasi motor yang begitu beragam.

Tetapi ada juga yang lebih memilih gaya modifikasi motor custom alias modifikasi motor yang tidak merujuk pada suatu style tertentu yang sudah ada. Kalaupun merujuk pada suatu style modifikasi motor tertentu, sifatnya hanya mencari inspirasi saja untuk kemudian diadaptasi ke dalam style modifikasi customnya sendiri.

Dalam melakukan suatu proses modifikasi motor yang sifatnya custom, tentu ada sedikit perbedaan. Perbedaan yang dimaksud utamanya pada tahap perencanaannya yang tentu saja tidak sepraktis jika menggunakan style yang sudah umum dikenal. Itulah sebabnya perlu diketahui hal-hal tertentu yang harus diperhatikan sebelum melakukan modifikasi motor yang sifatnya custom sesuai keinginan pribadi. Lebih jelasnya, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut.

Modifikasi Motor Custom ini

1.Ketahui jenis motor yang hendak dimodifikasi

Mengetahui jenis motor yang hendak dimodifikasi adalah poin utama karena dengan mengetahui jenis motornya maka akan diketahui bisa dibuat seperti apa modifikasi nantinya sesuai dengan jenis motornya. Misalnya modifikasi motor dengan jenis matic tentu tidak bisa serta-merta mengadaptasi style yang khusus untuk motor non-matic. Sehingga ujungnya adalah kesesuaian style yang akan diterapkan pada modifikasi motor nantinya meskipun ide dasarnya adalah modifikasi custom.

2.Merancang model modifikasinya

Karena modifikasinya merupakan modifikasi yang custom alias sesuai dengan kehendak pribadi, maka perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu. Berbeda dengan style yang sudah ada, sehingga modifikator tinggal menggunakan pakem-pakem style yang sudah ada itu saja. Rancangan modifikasi custom dapat sepenuhnya berasal dari ide sendiri, tetapi bisa pula dengan menggabungkan style-style modifikasi motor yang sudah berkembang selama ini. Siapa tahu dengan melakukan perancangan tersebut akan dilahirkan suatu style baru yang sangat mungkin disukai juga oleh sesama penghobi modifikasi motor.

3.Perhitungkan anggaran

Poin ketiga ini masih erat kaitanya dengan poin kedua, karena dengan melakukan perancangan model maka akan dapat diketahui pula perkiraan anggaran yang diperlukan. Dengan adanya perkiraan anggaran yang diperlukan maka proses modifikasi nantinya tidak akan terhambat akibat kekurangan komponen yang perlu diaplikasikan.

Modifikasi Motor Custom

4.Sampaikan detail dengan jelas

Salah satu sebab yang seringkali menjadi faktor utama suatu modifikasi motor custom dianggap gagal adalah karena detail-detail tidak disampaikan kepada modifikator secara jelas. Bagi yang melakukan modifikasi secara mandiri tentu tidak akan mengalami masalah ini, tetapi bagi mereka yang mempercayakan kepada suatu bengkel modifikasi tentu harus memperhatikan betul betul hal ini. Karena dengan kurang jelasnya detail modifikasi yang diinginkan, maka modifikator tidak akan melakukan modifikasi persis seperti yang diinginkan. Itulah sebabnya banyak bengkel modifikasi custom yang yang mengingatkan berkali-kali tentang detail Apa yang diharapkan terhadap hasil modifikasi nantinya.

Itulah tadi beberapa hal yang kiranya amat sangat perlu diperhatikan ketika hendak melakukan modifikasi motor secara custom. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil modifikasi yang sesuai dengan harapan akan lebih tinggi. Apalagi jika modifikator yang melakukan modifikasi adalah orang lain, seperti misalnya bengkel modifikasi. Bahkan sebetulnya, apabila modifikasi dilakukan sendiri juga sebaiknya tetap memperhatikan hal-hal di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *