fungsi kalsium dan daftar makanan dengan kalsium tinggi

Sebagian besar dari kita mengetahui bahwa sumber makanan yang berkalsium tinggi adalah susu dan produknya seperti Yogurt dan Keju,

Kalsium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh manusia, terutama dalam proses pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi manusia. Kalsium juga berfungsi sebagai penghubung antar kebutuhan, memelihara struktur sel normal, mengecilkan otot dan mendukung kinerja jantung serta membantu proses metabolisme tubuh. Menurut WHO, kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan adalah sekitar 1.000 mg / hari. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis (tulang keropos), nyeri otot tulang, kehilangan nafsu makan, kejang dan gangguan jantung.

Sebagian besar dari kita mengetahui bahwa sumber makanan yang berkalsium tinggi adalah susu dan produknya seperti Yogurt dan Keju, namun selain susu dan produknya, sumber makanan yang mengandung Kalsium juga dapat berasal dari tumbuhan seperti sayuran berdaun hijau dan juga Almond.

Daftar Makanan Yang Berkalsium Tinggi

Berikut ini adalah daftar 10 Makanan yang mengandung Kalsium tertinggi di setiap 100g kandungannya.

1, Keju Rendah Lemak

Kandungan kalsium dalam 100g: 961mg
Nilai Harian (DV): 95%

2. Sarden (kalengan)

Konten Kalsium dalam 100g: 383mg
Nilai Harian (DV): 38%

3. Tahu

Konten Kalsium dalam 100g: 350mg
Nilai Harian (DV): 35%

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Baik untuk Tulang dan Gigi

4. Almond

Konten Kalsium dalam 100g: 264mg
Nilai Harian (DV): 26%

5. Susu Rendah Lemak

Kandungan kalsium dalam 100g: 125mg
Nilai Harian (DV): 13%

6. Selada air

Konten Kalsium dalam 100g: 120mg
Nilai Harian (DV): 12%

7. Mustard Greens

Konten Kalsium dalam 100g: 105mg
Nilai Harian (DV): 11%

8. Bendi (Okra / Jari Wanita)

Konten Kalsium dalam 100g: 77mg
Nilai Harian (DV): 8%

9. Brokoli

Konten Kalsium dalam 100g: 47mg
Nilai Harian (DV): 5%

10. Kacang

Konten Kalsium dalam 100g: 37mg
Nilai Harian (DV): 4%

Fungsi Kalsium

Konsekuensi dari kekurangan kalsium mungkin tidak langsung terjadi. Itulah mengapa orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium karena pola makannya perlu mengonsumsi suplemen. Beberapa konsekuensi dari kekurangan kalsium termasuk perubahan moderat dan jangka panjang pada kadar kalsium pada tulang yang dapat membuat tulang rapuh. Tubuh yang tidak mendapatkan cukup kalsium dapat mengambil kalsium dari bagian tulang dan gigi tertentu untuk menggantikan bagian lain yang membutuhkannya. Ini dapat menyebabkan osteoporosis. Akibat lain dari kekurangan kalsium bisa berdampak pada otot yang menyebabkan kesemutan. Beberapa orang juga mengalami kram otot.
Siapa yang bisa mendapat manfaat dari suplemen kalsium?

makanan mengandung kalsium

• Wanita pascamenopause. Setelah menopause, wanita kehilangan massa tulang karena penurunan estrogen. Suplemen berbasis kalsium dapat mengurangi kehilangan kepadatan tulang.

• Vegan. Kalsium yang ditemukan dalam produk hewani lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga orang yang mengikuti pola makan vegan mungkin berisiko kekurangan asupan.

• Kegemukan dan obesitas. Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan kalsium yang rendah dengan indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.

• Orang dengan osteoporosis. Jika Anda memiliki kondisi yang melemahkan tulang, membuatnya rapuh, dan lebih cenderung patah, Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Anak-anak sering merasa kesal karena ibu yang memaksa mereka minum segelas susu setiap kali makan. Anak-anak mungkin tidak menyadari betapa pentingnya segelas susu untuk tumbuh kembang, untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Sebagai orang dewasa, Anda tidak boleh melupakan kebiasaan lama minum susu setiap hari agar tubuh Anda dapat memperoleh manfaat dari kalsium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *