Formal dan Rapi, Yuk Intip Pakaian Wawancara Kerja yang Harus Tahu

pakaian wawancara kerja

Untuk dapat masuk ke sebuah pekerjaan, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh para calon karyawan. Mulai dari melamar pekerjaan, hingga sesi wawancara dan psikotes yang biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan. Tentu saja dengan wawancara yang dilakukan akan menentukan diterima tidaknya seseorang pada perusahaan tersebut. Salah satu faktor yang akan diperhatikan oleh pihak HRD adalah penampilan dari para calon karyawan yang ada.

Kriteria Pakaian untuk Melakukan Wawancara dalam Melamar Pekerjaan

1. Upayakan untuk Mengenakan Kemeja

Pakaian wawancara kerja tentu akan sedikit berbeda dengan jenis pakaian yang biasa dikenakan untuk aktivitas sehari hari. Salah satu jenis pakaian yang layak untuk Anda kenalkan saat melakukan sesi wawancara adalah dengan mengenakan kemeja. Karena dengan memakai pakaian kemeja akan memperlihatkan kesan formal atau resmi pada saat datang bertemu dan melakukan wawancara dengan HRD tersebut.

2. Hindari Celana dari Bahan Denim

Tak hanya pakaian bagian atas saja, pakaian bagian bawah juga harus Anda perhatikan. Misalnya adalah dengan menghindari jenis celana yang terbuat dari bahan denim. Karena dengan bahan denim akan membuat penampilan Anda terkesan terlalu santai dan tidak seperti sedang melamar sebuah pekerjaan. Upayakan untuk menggunakan celana dari bahan dasar kain saat bertemu HRD dalam melakukan proses wawancara ini.

3. Gunakan Kardigan atau Jas

Tak hanya kemeja saja, pakaian wawancara kerja yang berikutnya adalah kardigan atau jas. Namun jenis pakaian untuk bagian luar ini juga dapat Anda sesuaikan dengan perusahaan yang sedang dilamar. Dengan cara ini diharapkan mampu membantu Anda dari kejadian salah kostum pada saat melakukan sesi wawancara pada pekerjaan tertentu. Dengan jasa yang ada akan membantu Anda dalam berpenampilan formal.

4. Perhatikan Motif Pakaian

Selain jenis pakaian saja, motif pakaian yang dikenakan juga merupakan salah satu hal yang layak untuk Anda perhatikan. Karena dari motif yang ada akan banyak mempengaruhi penampilan yang Anda miliki. Upayakan untuk memilih motif pakaian yang sederhana dan tidak terlalu meriah atau mencolok. Hindari jenis motif pakaian yang ramai seperti belang belang, bunga bunga, dan juga motif polkadot.

5. Perhatikan Warna Pakaian

Tak hanya motif pakaian saja, hal lain yang dapat Anda perhatikan adalah dari segi warna pakaian yang dikenakan. Karena dari warna pakaian tersebut akan memberikan kesan tersendiri pada diri Anda. Misalnya adalah warna hitam yang menggambarkan kepemimpinan dan kekuatan. Sementara untuk warna biru pada pakaian akan menggambarkan kesetiaan, kredibilitas, dan juga kesan percaya diri.

6. Pilih Sepatu yang Paling Tepat

Selain pakaian, masih terdapat hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Hal yang dimaksud disini adalah sepatu atau alas kaki yang digunakan. Untuk wanita, upayakan untuk mengenakan sepatu dengan ujung yang tertutup. Dengan keadaan sepatu yang tertutup akan mengesankan tampilan yang sopan dan formal. Perhatikan pula kebersihan sepatu yang digunakan karena hal kecil seperti ini juga akan diperhatikan oleh sang pewawancara.

Banyak hal yang akan diperhatikan oleh pihak HRD dalam melakukan perekrutan pada perusahaan yang ada. Misalnya adalah dari segi pakaian yang dikenakan, serta motif dan juga warna dari pakaian yang ada. Tak hanya itu, pihak pewawancara juga akan memperhatikan alas kaki atau sepatu yang Anda gunakan pada saat sesi wawancara tersebut dilangsungkan. Hal inilah yang membuat tampilan dan pakaian harus diperhatikan dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *