Cegah Corona, Berikut Langkah Cuci Tangan Yang Baik Menurut WHO

Cuci Tangan dengan Sabun Hand Sanitizer

Sepanjang 2020 dunia serasa dilumpuhkan dengan adanya pandemi corona. Virus ini dapat menjangkit siapapun dengan gejala ringan yang bahkan sering dianggap sebagai flu biasa. Untuk mencegah penularannya, organisasi kesehatan dunia atau WHO mengeluarkan protokol kesehatan pencegahan virus corona yang harus dilakukan semua orang. Salah satunya untuk selalu menjaga kebersihan tangan, dengan melakukan langkah cuci tangan yang benar.

Langkah-Langkah Menjaga Kebersihan Tangan Dengan Air Dan Sabun

Virus corona dapat tertular secara tidak sengaja, melalui permukaan tangan yang seringkali kita gunakan untuk menyentuh wajah, makan dan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dengan kuman atau virus corona. Menjadi media yang rentan untuk menularkan virus, maka anjuran untuk selalu membersihkan tangan menggunakan sabun ataupun cairan berbasis alkohol dipercaya dapat mengurangi resiko penularan kuman dan virus corona.

Cuci Tangan degan sabun

World Health Organization atau WHO sebagai lembaga khusus terkait dengan kesehatan mengeluarkan informasi penting mengenai langkah-langkah untuk membersihkan tangan yang baik. Langkah pertama untuk membersihkan tangan dengan baik sesuai dengan anjuran WHO adalah dengan membasahi kedua tangan, lalu oleskan produk sabun secukupnya di kedua telapak tangan. Kemudian, tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan sabun dengan lembut.

Kemudian letakkan telapak tangan kanan anda diatas telapak tangan kiri dengan jari-jari yang saling bertautan, begitupun sebaliknya. Selanjutnya, posisikan kedua tangan yang saling menggenggam dengan jari yang bertautan. Langkah ini bertujuan untuk meratakan sabun hingga mengenai kuku dan pangkal jari. Setelah itu, gosokkan ibu jari kiri menggunakan ibu jari tangan kanan selama beberapa saat, begitupula ibu jari tangan sebaliknya.

Langkah terakhir, kepalkan kedua tangan bersama-sama sambil menggosok lembut jari-jari tangan hingga tidak ada yang terlewat. Lakukan proses cuci tangan ini dibawah air mengalir selama kurang lebih 20 sampai 30 detik. Selanjutnya letakkan kedua tangan diatas handuk atau tisu kering, ambil sisi handuk menggunakan tangan terjauh dan tepuk-tepuk telapak dan punggung tangan. Dan juga, lap sela-sela jari kedua tangan hingga kering.

Membersihkan Tangan Menggunakan Cairan Berbasis Alkohol

Selain membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun, WHO juga menganjurkan membersihkan tangan dengan menggunakan cairan berbasis alkohol, dalam kondisi tidak ada air dan sabun yang tersedia. Cairan ini dapat berbentuk hand sanitizer maupun hand spray dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Saat ini, kedua cairan ini sudah banyak dijual di apotek maupun minimarket dengan kemasan praktis yang mudah dibawa kemanapun anda pergi.

Basmi Kuman Lebih Efektif Hand Sanitizer atau Cuci Tangan

Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan hand spray dapat dilakukan lebih mudah dibanding menggunakan air dan sabun. Untuk menggunakan hand sanitizer, anda bisa mengoleskan gel secukupnya pada telapak tangan. Kemudian, gosok telapak tangan, punggung tangan, jari, dan sela-sela jari hingga gel meresap dan mengering. Jika anda menggunakan hand spray, semprotkan cairan pada telapak tangan, lalu gosokkan tangan hingga mengering.

Penggunaan hand sanitizer dan juga hand spray memang dapat membantu membersihkan kuman di kedua tangan dengan mudah dan cepat. Namun, membilas kedua tangan menggunakan air dan produk sabun jauh lebih efektif dalam membunuh kuman dibanding kedua cairan beralkohol seperti ini. Hand sanitizer maupun hand spray tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman, berbagai kotoran, dan juga minyak yang menempel di tangan.

Corona menjadi salah satu virus yang mematikan dan mencekam bagi seluruh dunia. Meski begitu, anda bisa menghindari penularan virus ini dengan tetap menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan tubuh. Salah satunya dengan rajin membersihkan tangan yang menjadi salah satu media penyebaran virus corona. Biasakan untuk rajin membersihkan tangan setiap dari luar rumah, dan juga setiap selesai menyentuh barang-barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *