Cari Tahu Dampak Negatif Vape Disini !

Cari Tahu Dampak Negatif Vape

Sebagian orang mengatakan bahwa mengonsumsi rokok elektrik atau vape memiliki bahaya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan merokok tembakau. Akan tetapi hal tersebut tidak terlalu tepat, karena dampak negatif vape pun ternyata juga membahayakan bagi orang yang mengonsumsinya. Berbeda dengan rokok tembakau, vape tidak mengandung zat yang berbahaya seperti karbon monoksida dan tar. Akan tetapi vape justru berbahaya bagi tubuh. Simak bahayanya melalui ulasan berikut ini.

Bahaya Vape Yang Harus Anda Tahu

1. Dapat Meningkatkan Resiko Kanker

Vaping pun ternyata juga memiliki resiko untuk meningkatkan kanker seperti halnya rokok tembakau. Hal ini dikarenakan kandunagan formaldehida yang terdapat pada vape memiliki sifat karsinogenik sehingga jika dihirup dalam jangka waktu yang lama akan memicu timbulnya sel kanker. Selin itu cairan nikotin yang digunakan untuk mengisi vape, jika terkena kulit atau tidak sengaja tertelan akan berakibat pada kondisi yang serius dan bisa berujung dengan kematian.

Cari Tahu Dampak Negatif Vape Disini

2. Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Janin

Dampak negatif vape juga bisa sangat membahayakan bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan bagi pengguna aktif maupun pasif yakni yang terpapar asap vape dari orang lain juga dapat membahayakan janin di dalam kandungan. Melalui paparan nikotin dan zat berbahaya lain di dalam vape ini tentunya dapat mengganggu perkembangan janin. Sedangkan untuk anak-anak yang terpapar nikotin akan mengganggu perkembangan otak dan mempengaruhi daya ingat pada anak.

3. Dapat Membahayakan Jantung

Nikotin yang terkandung di dalam vape ini juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan jika nikotin diserap dan melalui aliran darah, maka kelenjar adrenal akan terangsang untuk melepaskan hormon yang disebut epinefrin. Hormon tersebut tentu saja dapat menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat begitu pula dengan denyut jantung. Sehingga hal ini tentuny akan memiliki dampak yang berbahaya bagi jantung anda.

4. Dapat Membahayakan Paru-Paru

Jika anda menggunakan rokok elektrik, maka dampak negatif vape adalah juga dapat membahayakan paru-paru anda. Hal ini dikarenakan rokok elektrik masih tetap memiliki kandungan nikotin yang dapat meningkatkan resiko terkena peradangan paru-paru. Tak hanya itu, rokok elektrik ini juga dapat mengurangi kemampuan jaringan pelindung di paru-paru yang berfungsi untuk melindungi organ paru itu sendiri.

Oleh karena itu, para pengguna vape tentu saja harus tetap berhati-hati. Meskipun tidak menggunakan tembakau, tetapi bukan berarti vaping memiliki bahaya yang lebih ringan daripada rokok tembakau. Selain itu, diasetil yang terkandung dalam vape dapat menyebabkan munculnya penyakit seperti bronkiolitis obliterans atu biasa dikenal dengan istilah paru-paru popcorn.

Tahu Dampak Negatif Vape Disini

5 Dapat Menyebabkan Ketagihan

Dampak negatif vape yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan ketagihan bagi penggunanya. Hal ini disebabkan dalam vape juga terdapat kandungan nikotin yang dapat menyebabkan ketergantungan. Nikotin tersebut dapat membuat otak terangsang untuk mengeluarkan homon dengan jenis dopamin dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan anda memiliki efek ketergantungan. Sehingga dengan mengonsumsi vape akan membuat anda semakin ketergantungan.

Dikarenakan vape mengandung nikotin, maka tentu saja terdapt gejala dan tanda-tanda yang ditimbulkan bila seseorang mengalami keracunan. Salah satunya adalah seperti pucat, muntah, berkeringat dan mengeluarkan air liur hingga pingsan. Untuk itu, anda sebaiknya menghindari untuk menggunakan vape ataupun rokok tembakau pada umumnya. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan masalah kesehatan di dalam tubuh anda. Untuk itu, anda bisa mulai untuk menghentikannya dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *