Cara Mudah Merawat Knalpot Pada Motor Agar Berfungsi Maksimal

Cara Mudah Merawat Knalpot Motor

Bagian pembuangan motor terletak pada knalpot. Tugas knalpot adalah mengeluarkan sisa gas emisi. Dulu, masih banyak motor bermesin dua tak di jalanan. Motor bermesin dua tak biasanya memiliki sisa gas emisi yang lebih banyak, dilihat dari gas emisi yang berwarna pekat dan berbau.

Zaman sekarang, motor bermesin dua tak sudah susah ditemui di jalanan. Motor yang beredar di jalanan kini bermesin empat tak dimana sisa gas emisi tidak bewarna pekat dan berkurang pula baunya. Hal itu menandakan knalpot motor berfungsi dengan baik. Knalpot yang tidan maksimal berfungsi juga bisa berimbas pada mesin motor. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara merawat knalpot motor dengan benar. Dengan merawat knalpot, bagian pembuangan ini tentu akan lebih awet. Selain itu, anda secara tidak langsung juga turut merawat mesin motor. Knalpot yang tidak dirawat dengan baik umumnya berkarat. Akibatnya, sering ditemukan kebocoran knalpot karena berkarat. Jika sudah begini, maka anda harus mengganti knalpot. Biaya mengganti knalpot tentu lebih mahal dari pada biaya merawatnya. Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat knalpot pada motor.

Cara Mudah Merawat Knalpot Pada Motor Tipe Racing Terlaris Di Indonesia

Merawat knalpot motor tidaklah susah dan ribet. Tapi ketika musim hujan tiba anda mungkin harus sedikit lebih ekstra. Terutama seusai anda berkendara dalam keadaan hujan. Di dalam air hujan terdapat senyawa asam berkadar tinggi, karena bersifat asam senyawa ini kurang baik untuk besi seperti besi bahan knalpot. Seusai berkendara melewati hujan, anda dianjurkan untuk membilas motor dengan air dan mengeringkannya dengan cara dilap. Hal ini bisa menghilangkan air hujan yang menempel pada body motor. Knalpot yang sering terkena air hujan akan lebih mudah berkarat. Jika anda menemukan karat pada leher motor, tidak perlu panik karena anda bisa menghilangkannya dengan cara digosok menggunakan sikat kawat. Jangan menunda-nunda karena jika dibiarkan karat akan menebal dan bisa membuat knalpot berlubang. Jika ingin melakukan tindakan pencegahan, anda bisa menghindari air hujan. Tips lain adalah memarkir motor di tempat teduh serta tidak berkendara saat hujan.

Cara Mudah Merawat Knalpot Pada Motor

Perawatan lain yang bisa anda lakukan adalah mengolesi bagian luar knalpot dengan oli. Pertama-tama, nyalakan mesin motor sampai panas. Setelah itu olesi bagian luar knalpot dengan oli, utamakan bagian leher. Oli yang beraksi dengan mesin panas mampu melelehkan karat yang menempel. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan munculnya karat pada knalpot. Perawatan selanjutnya adalah memastikan bagian drainase tidak tersumbat. Bagian ini berfungsi agar bagian dalam kanlpot kering. Tidak menutup kemungkinan knalpot kemasukan air saat musim hujan atau melewati genangan. Dengan adanya drainase, maka air yang masuk akan dialirkan keluar sehingga bagian knalpot tetap kering. Cara mengetahui tersumbat atau tidaknya drainase sangatlah mudah. Ambil sebatang lidi, masukkan lidi tersebut ke dalam knalpot. Jika lidi masuk dengan lancar berarti drainase tidak tersumbat. Sebaliknya, jika lidi terhambar sesuatu dan tidak bisa masuk ke bagian dalam, besar kemungkinan drainase anda mampet. Jika sudah begini bisa-bisa selama ini bagian dalam knalpot tergenang air. Sebaiknya anda segera ke bengkel karena jika dibiarkan maka bagian dalam knalpot bisa korosi. Nah, cara-dara di atas bisa anda praktekkan untuk merawat knalpot pada motor. Meski dianggap sepele, ternyata bagian knalpot juga membutuhkan perawatan. Bagaimanapun juga perawatan knalpot motor tidak susah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *