Cara Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Umum Diderita

Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Kulit ganja medis

Istilah penyakit kulit tentu tidak asing bagi masyarakat kita, karena memang penyakit kulit banyak diderita oleh masyarakat kita. Jenis penyakit kulit juga ada banyak sekali, dan tentu saja penanganan terhadap nya juga berbeda-beda. Itulah mengapa informasi terkait berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit serta bagaimana cara untuk mengatasinya perlu untuk disosialisasikan secara luas. Karena dengan demikian maka masyarakat kita tidak akan panik jika dirinya maupun orang-orang disekitarnya menderita suatu penyakit kulit tertentu.

Klasifikasi dari penyakit kulit bisa dibagi menjadi tiga yaitu penyakit kulit ringan, penyakit kulit sedang dan penyakit kulit berat. Dari ketiga klasifikasi tersebut nantinya akan dapat diketahui cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Karena cara untuk mengatasi penyakit kulit ringan jelas amat sangat berbeda dibandingkan dengan cara untuk mengatasi penyakit kulit yang berat.

Sebelum berbicara tentang bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya jika diketahui terlebih dahulu tentang berbagai macam jenis penyakit yang menyerang kulit. Adapun beberapa yang paling umum ditemui antara lain sebagai berikut.

1.Penyakit Kulit akibat radang

Beberapa contoh penyakit kulit akibat radang misalnya Dermatitis kontak iritan, Dermatitis kontak alergi, Dermatitis atopik alias eksim, dan Dermatitis seboroik.

Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Kulit anda

2.Penyakit kulit akibat kelainan autoimun

Pada penyakit kulit akibat kelainan autoimun ini contohnya Psoriasis, Vitiligo, Skleroderma, Pemfigus, dan Discoid lupus erythematosus

3.Penyakit kulit akibat infeksi

Terakhir yaitu Penyakit kulit akibat infeksi yang contohnya Infeksi bakteri, Infeksi virus, Infeksi jamur, dan Infeksi parasit.

Terkait cara mengobati berbagai jenis penyakit kulit sangat tergantung dari jenis dan juga penyebabnya. Ada penyakit kulit yang ternyata dapat sembuh sendiri tanpa treatment khusus, tetapi ada pula yang harus mendapatkan penanganan medis, baik itu berupa pemberian obat-obatan seperti salep maupun tindakan operasi.

Untuk obat sendiri biasanya akan diberikan Kortikosteroid yang merupakan obat untuk mengobati penyakit kulit yang diakibatkan peradangan, misalnya dermatitis atau juga gangguan autoimun. Sedangkan obat Antihistamin merupakan obat yang diberikan guna meredakan reaksi alergi yang timbul seperti gatal-gatal pada di kulit. Antihistamin dapat dibeli secara mandiri di apotek tanpa perlu resep dari dokter.

Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Kulit

Berikutnya ada Antibiotik untuk menanggulangi penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Kemudian ada Obat antivirus yang bertujuan guna mengurangi gejala dan juga membunuh virus yang menjadi penyebab penyakit kulit. Lalu ada juga Obat antijamur yang digunakan untuk mengatasi penyakit kulit karena infeksi jamur. Obat ini sendiri kebanyakan berbentuk obat yang dioleskan. Tetapi tidak jarang dokter juga akan memberikan resep obat antijamur yang diminum, bukan dioles.

Jika menggunakan obat-obat tersebut tadi belum juga menunjukkan tanda membaik maka jalan akhir adalah tindakan operasi. Tetapi operasi bisa juga dilakukan guna mengatasi kanker kulit ataupun jenis penyakit kulit lain seperti kutil.

Itulah beberapa langkah yang bisa ditempuh ketika mengalami masalah kulit karena penyakit kulit tertentu. Tapi harap diingat bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati, sehingga langkah-langkah pencegahan seperti berikut ini perlu dilakukan.

1.Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
2.Menghindari kontak fisik dengan penderita penyakit kulit
3.Tidak berbagi penggunaan benda-benda pribadi seperti sabun batang, sikat gigi, dan beberapa lainnya
4.Menggunakan pelembab kulit secara rutin baik pagi, siang maupun menjelang tidur
5.Hindarkan kebiasaan menggaruk kulit terlalu kasar
6.Kenali tipe kulit apakah kering, normal atau berminyak guna menggunakan treatment kulit yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *