Cara Menentukan Besaran PK dan Ruangan

AC low watt terbaik Blue Star Multi

Selama ini Anda pasti sering mendengar kata PK jika tengah membicarakan tentang AC low watt terbaik. Namun bagi orang awam yang tidak mengetahui tentang barang elektronik semacam AC kemungkinan belum paham dengan apa yang namanya PK pada AC, apalagi tentang besaran PK dalam sebuah ruangan. Sebenarnya ada cara mudah untuk bisa menentukan besaran PK dan ruangan. Yuk simak ulasan ini untuk tahu penjelasannya.

Pengertian PK pada AC

PK pada AC berguna untuk menunjukkan kapasitas pendinginan dari Air Conditioner itu sendiri. Perlu diketahui bahwa 1PK terdiri dari 9,000 BTU. BTU sendiri singkatan dari British Thermal Unit yang merupakan jumlah panas yang akan menaikkan dan menurunkan suhu 1 pon air dengan 1 derajat fahrenheit. Perlu untuk diingat bahwa kapasitas aktual tidaklah selalu tetap, melainkan akan berubah berdasarkan temperatur yang ada di dalam maupun luar ruangan.

AC low watt terbaik ac dual cool smart Energy Saving

Keterkaitan PK Dengan Luas Ruangan

Untuk bisa memilih ukuran PK pada AC yang tepat, tentu saja harus memerhatikan luas ruangan. Jangan sampai Anda membeli AC dengan ukuran PK yang kecil kemudian diletakkan dalam ruangan yang relatif besar. Sehingga akibatnya, efek dingin dari AC tidak akan terasa. Atau bisa jadi sebaliknya, Anda membeli AC dengan ukuran PK besar lalu ditempatkan di ruang yang kecil. Hal tersebut justru akan membuat boros listrik.

Cara Mudah Menentukan Besaran PK dan Ruangan

Kemungkinan masih banyak orang yang tidak tahu cara menentukan besaran PK pada AC yang sesuai dengan luas ruangan. Kebanyakan orang hanya akan mengira ngira saja berapa besaran PK pada AC untuk ruangan rumah mereka. Ternyata untuk menentukan besaran PK sesuai dengan ruangan terdapat dua rumus. Rumus pertama dengan perhitungan (panjang x lebar x tinggi ruangan x faktor 1 x 37) ditambah dengan (jumlah orang x faktor 2).

ini AC low watt terbaik tips memilih AC

Dimana angka faktor 1 untuk kamar tidur berjumlah 5, kantor atau ruang keluarga berjumlah 6, dan untuk restoran, Salon, warnet, atau mini market berjumlah 7. Sedangkan angka faktor 2 untuk orang dewasa sejumlah 600 BTU dan untuk anak anak sejumlah 300 BTU. Nantinya angka angka tersebut akan dimasukkan ke dalam rumus untuk mendapatkan besaran PK yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, Anda membutuhkan sebuah AC untuk kamar tidur yang memiliki panjang 3m, lebar 3, serta tinggi 2,5m. Dimana kamar tersebut akan ditinggali oleh dua orang dewasa. Sehingga perhitungan menjadi (3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600) menghasilkan 4,162,5 + 1.200, dengan hasil akhir sebesar 5.362,5 BTU. Dapat diketahui jika jumlah tersebut dalam rentang jumlah BTU AC dengan ukuran 1PK.

Kemudian dalam menghitung besaran PK pada AC low watt terbaik yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus kedua yang lebih sederhana. Rumus ini juga lebih umum digunakan untuk menghitung kebutuhan PK, meskipun hasilnya tidak seakurat rumus yang pertama. Dalam rumus ini hanya menghitung panjang ruangan x lebar ruangan x antara 500 BTU hingga 1000 BTU tergantung lokasi, lantai dasar atau atas, arah sinar matahari, dan tingkat suku dingin.

Demikian pembahasan mengenai PK yang terdapat pada AC. Dengan membaca ulasan ini diharapkan Anda bisa lebih mengerti tentang PK pada AC sehingga bisa membeli AC rumah yang tepat. Dalam ulasan ini juga terdapat rumus menentukan besaran PK yang disesuaikan dengan luas ruangan, lengkap dengan contoh perhitungan yang tepat. Selamat mencoba menghitung rumusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *