cara menambahkan berat badan yang sehat

cara menambah berat badan

Selaіn banyak orang yang іngіn menurunkan berat badan, banyak juga yang іngіn menambah berat badan. Bagi mereka yang bertubuh kurus, meski sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, berat badan tidak bertambah. Lantas, apa cara menambah berat badan yang ideal? Jawabannya adalah memperbaiki gaya hidup dan pola makannya.

Diet tidak dimaksudkan untuk membatasi makan seperti yang dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Pola makan yang dіmaksud adalah pemіlіhan sumber makanan yang tepat agar tubuh mendapatkan nutrіsі yang dіbutuhkan, baіk untuk menambah berat badan maupun menambah massa otot.

Berikut beberapa tips untuk menambah berat badan dengan cara yang benar:

• Hindari atau batasi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki efek stimulan, seperti kopi, teh, coklat, dan ginseng.

• Tingkatkan nafsu makan dengan berolahraga secara teratur. Olahraga secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Namun, batasi olahraga untuk durasi yang lama (60 menit atau lebih) seperti lari jarak jauh atau maraton. Pilihlah olahraga intensitas sedang-tinggi, dengan durasi yang singkat seperti angkat beban, bela diri, yoga, senam, renang, dan sejenisnya.

cara menambah berat badan

• Jangan begadang dan tidur setidaknya 6-8 jam per hari pada waktu yang kira-kira sama.

• Hindari atau batasi junk food karena mengganggu bakteri sehat dalam sistem pencernaan. Terlalu banyak makan gorengan, makanan tinggi pengawet, pemanis, atau pewarna bisa menyebabkan tubuh mudah sakit dan bisa memicu peradangan kronis (radang).

• Suplemen seperti susu penambah berat badan berkalori tinggi dapat menjadi alternatif makan (pastikan sudah melewati BPOM), namun tetap mengutamakan konsumsi makanan alami agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga mudah tercukupi.

• Contoh sumber makanan sehat dan berkalori tinggi meliputi:

o Protein: Daging bebek, kambing, sirloin atau wagyu, salmon, ikan gindara.
o Karbohidrat: Pasta, segala macam roti, muesli, granola, tape singkong, kismis, kurma, durian, mangga.
o Lemak: Alpukat, keju, mentega, segala macam kacang-kacangan, biji rami, biji chia, biji wijen, kerupuk.

• Anda harus mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Keduanya merupakan prebiotik atau sumber makanan bagi bakteri dalam sistem pencernaan. Semakin sehat pencernaan, semakin baik penyerapannya.

• Tambahkan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian, keju, atau alpukat saat makan sayur. Fungsinya membantu penyerapan vitamin dan mineral pada sayuran, terutama vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K.

• Minuman probiotik seperti yakult, yogurt, kimchi, tauco, kefir, atau jenis makanan / minuman fermentasi lainnya juga dapat membantu meningkatkan penyerapan pencernaan.

• Probiotik digabungkan dengan prebiotik membentuk sinbiotik, fungsinya membuat sistem pencernaan bekerja secara maksimal.

• Mengkonsumsi makanan sinbiotik setiap hari selain membantu pencernaan juga berperan besar dalam daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau infeksi.
Contoh makanan gabungan yang memiliki efek sinbiotik untuk membantu masalah penyerapan pencernaan adalah:

cara menambah berat badan

• Yogurt + buah

• Sayuran kimchi +

• Tempe + sayur mayur

• Acar

• Kefir

Tubuh kurus termasuk dalam kategori tipe tubuh ectomorph, yang ditandai dengan tubuh kurus, dada rata, dan bahu kecil. Tubuh dengan tipe ini agak sulit meningkatkan massa otot. Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk memiliki tubuh yang ideal dan atletis, asalkan dibarengi dengan asupan gizi yang baik dan olah raga yang konsisten. Untuk menambah berat badan dan menambah massa otot bagi yang bertubuh kurus, olahraga harus dilakukan secara konsisten. Olahraga yang dominan pada kategori aerobik seperti lari, bersepeda dan jogging boleh saja tetapi tidak terlalu sering, alasannya olahraga ini lebih di rekomendasikan bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *