Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

cara menambah berat badan

Nyatanya tidak semua orang ingin memiliki tubuh langsing dan berusaha menurunkan berat badan. Beberapa orang yang merasa dirinya terlalu kurus ada yang ingin menambah berat badan. Alhasil, banyak dari mereka yang mencari bagaimana cara menambah berat badan yang sehat.

Nah, mengenai hal tersebut pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda tentang cara menambah berat badan yang sehat seperti apa. Melalui cara ini berat badan Anda akan bertambah namun kolesterol tetap akan terjaga sehingga masalah kesehatan tidak Anda alami.

Cara Menambah Berat Badan yang Sehat

Atur surplus kalori

Maksud dari surplus kalori adalah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang keluar. Misalkan jika kebutuhan kalori harian Anda sebesar 1500 kalori, maka upayakan Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori 1500 ke atas. Anda bisa mengonsumsi makanan per hari sampai 1800 kalori untuk mempercepat penambahan berat badan Anda.

cara menambah berat badan yang sehat

Pilih jenis makanan yang padat kalori

Untuk mendapatkan kalori yang besar tanpa perlu mengonsumsi banyak, Anda bisa makan aneka ragam kacang – kacangan yang sudah disediakan dalam bentuk selai atau buah yang sudah dikeringkan. Selain itu buah – buahan seperti alpukat atau pun mangga dapat menjadi pilihan makanan terbaik untuk menambah berat badan.

Pastikan mengonsumsi makanan kaya nutrisi

Mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat gizi dapat membantu Anda dalam menaikkan berat badan sekaligus membantu menjaga kesehatan Anda. Misalkan Anda dapat memilih jenis karbohidrat yang berasal dari whole grain, sayur dan buah serta susu dan produk olahannya untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang tinggi dari makanan yang Anda konsumsi.

Cobalah untuk makan lebih sering

Jika Anda memiliki berat badan yang kurang atau bisa dibilang kurus, biasanya Anda akan lebih mudah merasa kenyang dibandingkan orang lain. Oleh sebab itu cobalah untuk makan lebih sering misalnya sampai lima atau enam kali sehari dengan porsi sedang. Atur juga kalori yang masuk agar bisa surplus.

Ada baiknya juga untuk Anda mencoba memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi termasuk makanan sehat yang kaya kandungan nutrisi sehingga Anda tidak merasa badan terlalu berat karena kebanyakan lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Perbanyak makan camilan

Makan camilan itu penting untuk Anda yang ingin menambah berat badan secara sehat. Namun Anda harus ingat bahwa camilan yang perlu Anda konsumsi bukan camilan sembarangan. Tetap Anda harus memilih camilan sehat walau ingin buru – buru berhasil dengan cara menambah berat badan misalnya.

cara menambah berat badan yang sehat untuk anda

Beberapa camilan yang cocok Anda konsumsi seperti buah – buahan, sandwich, susu, roti, kacang – kacangan dan keju. Hindari juga mengonsumsi camilan yang tinggi kalori dan tinggi lemak namun kurang kandungan gizi seperti keripik kentang, keripik singkong, keripik pisang, permen, cokelat dan aneka makanan sejenis yang lain.

Camilan dapat Anda konsumsi di sela – sela waktu makan dan 1 jam sebelum tidur. Makanan pencuci mulut juga dapat Anda tambahkan ke dalam menu harian Anda. Beberapa contoh makanan pencuci mulut seperti yoghurt atau kukis oatmeal dapat menjadi andalan Anda.

Itulah beberapa cara menambah berat badan yang bisa Anda terapkan. Dengan cara di atas berat badan Anda akan bertambah dan tubuh tetap sehat karena tidak terlalu banyak menimbun lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *