Cara Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Salah Pilih

Berbagai macam asuransi kesehatan bisa kita temukan di pasaran dan pastinya dikeluarkan dengan berbagai syarat, keuntungan dan perusahaanyang berbeda. Lantas, agar tidak sampai salah pilih asuransi bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat?
Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memilih asuransi yang penting Anda tahu agar tidak sampai salah pilih dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda. Cek informasinya di bawah ini!
Cara Memilih Asuransi Kesehatan Agar Tidak Salah Pilih
Pahami dulu kebutuhan Anda
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memilih asuransi kesehatan adalah memahami dulu kebutuhan Anda sendiri karena tentu setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda – beda satu dengan lainnya. Misalkan jika Anda termasuk salah satu orang yang cukup aktif bepergian ke berbagai tempat, maka memiliki asuransi kesehatan yang jaringan providernya luas akan sangat dianjurkan.
Sebaliknya, jika memang Anda jarang bepergian jauh, memiliki asuransi kesehatan dengan jangkauan perlindungan lokal sudah cukup memadai. Misalkan untuk Anda yang suka jalan – jalan di luar negeri dan mereka yang suka jalan – jalan di Indonesia saja maka kebutuhan jaringan kesehatan mereka juga pastinya berbeda sehingga tipe asuransi yang mereka butuhkan juga berbeda.
Cek ketersediaan asuransi yang sudah ada
Sebelum Anda membeli produk asuransi itu sendiri, ada baiknya agar Anda berusaha teliti lebih dulu seperti apa tunjangan kesehatan yang diberikan oleh pihak kantor. Beberapa perusahaan memberikan tunjangan kesehatan yang lengkap untuk karyawan mereka bahkan juga untuk keluarga karyawan mulai dari memberikan manfaat rawat jalan, rawat gigi sampai rawat inap dan melahirkan.
Bentuk yang diberikan pun beragam. Ada yang berupa asuransi kesehatan cashless atau reimbursement. Biasanya, semakin tinggi pangkat karyawan maka akan semakin besar juga batas plafon tunjangan kesehatannya. Di sisi yang lain, setiap karyawan perusahaan juga bisa dipastikan hampir diikutsertakan ke dalam BPJS kesehatan yang juga memberikan berbagai manfaat besar tentang dasar layanan kesehatan.
Alokasi anggaran
Untuk mendapatkan manfaat perlindungan asuransi, Anda perlu siapkan alokasi anggaran untuk membayar premi asuransi. Besarannya akan sangat tergantung pada cakupan perlindungan yang ditawarkan, usia nasabah atau pihak tertanggung, riwayat medis tertanggung, sampai dengan jangka waktu perlindungan.
Telitilah dengan manfaat dan baca pasal pengecualian
Ketika Anda akan membeli produk asuransi kesehatan, ada baiknya agar Anda pastikan meneliti terlebih dahulu tentang apa saja hal – hal yang dicoverage oleh produk asuransi tersebut. Cari tahu manfaat dan yang ditanggung apa saja.
Dalam produk asuransi, beberapa manfaat yang seringkali ditawarkan di antaranya seperti biaya rawat inap, biaya rawat jalan, manfaat perawatan gigi dan pembedahan, serta masih banyak lagi lainnya. Pastikan agar Anda sudah mempelajari semua pasal perkecualian yang tertera di dalam polis.
Misalkan jika berkaitan dengan pasal pre-existing condition yaitu aturan dalam asuransi kesehatan yang menyatakan bahwa manfaat asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya. Pre-existing condition biasanya memiliki jangka waktu yaitu selama 1 tahun atau 2 tahun.
Jadi jika Anda memiliki penyakit sejak 1 tahun atau malah 2 tahun sebelum mengajukan asuransi, maka klaim asuransi Anda akan ditolak karena adanya pasal pre-existing condition ini.
Itulah beberapa cara memilih asuransi kesehatan yang Anda harus tahu agar tidak sampai salah pilih. Pastikan Anda memilih lembaga asuransi yang tepat, jika perlu bandingkan dulu masing – masing perusahaan sebelum memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *